Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Di Google Form

Gookalian – Cara membuat soal pilihan ganda di google form sebenarnya cukup mudah. Tapi ada menu yang mungkin belum sobat ketahui atau menu mana saja yang harus diklik untuk bisa membuat sebuah contoh soal. Karena setiap kita membuka form tersebut, biasanya bentuk soalnya adalah essay atau isian.

Sobat hanya perlu membiasakan diri dengan berbagai ikon-ikon yang ada pada google form. Sehingga tidak bingung ketika memodifikasi sebuah soal. Lalu bagaimanakah proses membuat soal pilihan ganda tersebut?

Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Di Google Form

Google form merupakan sebuah platform pembuatan formulir dari google. Sobat seharusnya sudah memiliki akun google terlebih dahulu untuk mengaksesnya. Karena akun ini akan digunakan untuk menyimpan berbagai pekerjaan yang telah kita buat.

1. Membuat Formulir Baru

Sobat bisa menggunakan Google Chrome, Firefox, atau Microsoft Edge sebagai aplikasi penjelajah internet. Buka salah satu aplikasi tersebut, kemudian:

  • Klik pada kolom atas untuk memasukkan alamat
  • Ketikkan docs.google.com/forms/u/0/
  • Apabila sobat belum masuk akun, maka akan diminta memasukkan akun Gmail dan kata sandi. Jika sudah, maka secara otomatis akan menuju halaman Formulir
  • Selanjutnya, klik Kosong (Blank) untuk menambahkan formulir baru yang nantinya dijadikan sebagai soal
  • Ubah nama dokumen sesuai dengan keinginan. Bagian pojok kiri atas adalah nama form. Sedangkan di bagian tengah akan muncul untuk mereka yang menerima pertanyaan

2. Membuat Soal Pilihan Ganda

Setelah formulir dibuat, selanjutnya adalah kreasikan soal sesuai dengan keinginan sobat. Jika formulir adalah sebuah soal maka perlu disetel dahulu dengan melakukan:

  • Klik tombol berbentuk Gear (di sebelah kiri Kirim)
  • Kemudian pilih pada tab Kuis
  • Klik Jadikan ini sebagai kuis

Dibawahnya juga ada beberapa hal yang bisa dilihat oleh responden (mereka yang mengisi soal). Centang pada responden dapat melihat beberapa hal setelah mereka klik Submit atau Kirim:

Pertanyaan tak terjawab, akan memunculkan pertanyaan yang sebelumnya tidak diisi
Jawaban benar. Mereka akan mengetahui jawaban yang benar setelah form selesai mereka jawab.
Poin nilai. Ini akan memberitahukan skor setelah mereka selesai mengerjakan

Jika sudah klik Simpan di bagian bawah. Selanjutnya adalah membuat identitas kemudian soal.

Isikan pertanyaan yang kosong dengan nama terlebih dahulu sebagai tanda pengenal. Kotak sebelah kanan secara otomatis akan berubah menjadi Jawaban singkat. Untuk mulai menambahkan soal, kita perlu menambahkan pemisah terlebih dahulu. Klik tombol 2 kotak di bagian kanan nama yang sudah dibuat, Tambahkan Sesi (Add Section).

Isikan dengan rincian yang sesuai. Selanjutnya klik tombol plus sebelah kanan. Isi pada kolom pertanyaan, pilih kotak sebelah kanan soal pastikan menjadi Pilihan Ganda (Multiple Choice). Masukkan jawaban satu persatu pada kolom soal. Pilih tombol + untuk menambahkan soal di bawahnya.

Dibagian bawah soal yang telah dibuat akan ada Kunci Jawaban (Answer Key). Pilih untuk memberikan skor pada jawaban yang benar. Atau sesuai dengan jumlah poin pada jawaban disediakan bisa disesuaikan. Dibagian atas kanan soal akan ada poin untuk memberikan poin sebuah soal jika dijawab dengan sesuai kunci jawaban. Klik Selesai atau Done apabila soal sudah memiliki kunci jawaban.

3. Cara Membuat Soal Pilihan Ganda Di Google Form Dimodifikasi

Sobat bisa memanfaatkan berbagai hal di google form ketika membuat soal pilihan ganda. Seperti menambahkan gambar, ditandai dengan ikon gambar di bagian kanan atas soal. Pada pilihan jawaban juga bisa ditambahkan gambar untuk menambah variasi soal yang dibuat. Selain itu pada panel sebelah kanan, sobat juga bisa menambahkan video.

Gambar atau video bisa langsung sobat upload dari komputer. Beberapa pilihan lainnya: membuka kamera untuk foto, menggunakan url/link gambar, foto dari google drive, hingga gambar dari pencarian google.

Tema atau latar belakang soal bisa dibuat ketika diakses. Klik ikon palet warna di bagian pojok kanan atas (Tema). Sobat bisa memilih tema warna, latar belakang dan juga jenis Font. Jenis tulisan bisa dipilih untuk divariasikan sehingga lebih menarik untuk dibaca.

Apabila semua sudah sesuai dengan apa yang diharapkan pada soal. Sobat klik Kirim (Send) sebelah pojok kanan atas. Klik pada gambar URL untuk memudahkan sobat membagikannya ke orang lain. Hanya menyalin URL tersebut, secara otomatis bisa diakses oleh semua orang.

Check Also

Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik Angka

Mengatasi Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik Angka

Keyboard komputer tidak bisa mengetik angka disebabkan oleh berbagai masalah. Dengan beberapa tips dari Gookalian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *