Cara Menghilangkan Cegukan Tanpa Air

Karena keterbatasan tertentu, cara menghilangkan cegukan tanpa air sangat dibutuhkan. Misalkan sedang berpuasa atau bertugas sehingga tidak bisa meneguk air dalam waktu tersebut. Cegukan menjadi hal ayng kurang menyenangkan ketika ada pada momen yang tidak tepat. Selain bisa menggangu kepercayaan diri dan juga kegiatan sehari-hari.

Biasanya kita akan minum banyak air untuk mengatasi masalah cegukan. Atau berbagai metode lain yang biasa direkomendasikan oleh keluarga. Tapi ada tips buat sobat agar bisa mengatasi cegukan tanpa air. Berikut ini disajikan oleh Gookalian.

Cara Menghilangkan Cegukan Tanpa Air

Ada beberapa hal yang bisa sobat lakukan dengan mengganti air sebagai cara meredakan cegukan. Gejala singultus dengan mengeluarkan suara “hik” sebenarnya merupakan reflek yang dialami oleh tubuh. Kontraksi yang terjadi pada diafragma yang menyebabkan udara masuk dengan tiba-tiba dapat kita redakan. Lewat beberapa teknik dan gerakan berikut ini sobat bisa menjawab bagaimana cara menghilangkan cegukan tanpa minum.

Tahan Nafas Dan Bernafas Dengan Tenang

Cobalah untuk menahan nafas selama mungkin, sebelumnya tarik nafas dalam-dalam. Tidak harus lama, bisa ditunggu 10-20 detik saja tanpa harus lama-lama. Bisa dilakukan berulang-ulang hingga mereda.

Baca Juga!  Sobat Perlu Tahu Untuk Melakukan Diet Pegan

Menjaga nafas dengan tenang bisa dilakukan menggunakan ketukan. Tarik nafas selama 5 hitungan, kemudian tahan selama 5 hitungan lalu hembuskan juga dengan hitungan yang sama. Mengatur nafas yang baik dapat meredakan diafragma dan mengurangi efek dari penyebab cegukan.

Menekan Diafragma

Organ ini berada pada bawah paru-paru diatas perut. Organ pemisah antara perut dan paru bisa sobat rasakan dibawah dada tengah. Gunakan tangan untuk menekan dengan lembut diafragma untuk meredakan cegukan. Tepatnya di bawah sternum (tulang dada bagian depan) dimana ketika ditekan sudah tidak ada tulang kerasnya. Menekan-nekan wilayah tersebut untuk mengurangi kontraksi dari diafragma.

Menarik Lidah Keluar

Gunakan jari untuk mengeluarkan lidah dan menahannya sampai cegukan reda. Kegiatan ini akan memberikan stimulasi ke otot dan syaraf pada tenggorokan. Tarik dengan lembut dan keluarkan lalu masukkan beberapa kali untuk melakukannya.

Duduk Dan Dekap Lutut Sobat

Mendekap lutut saat duduk dengan rileks juga merupakan cara menghilangkan cegukan tanpa air yang bisa sobat coba. Lakukan hal simpel tersebut kurang lebih selama 2 menit. Menarik lutut dekat dengan dada dapat mengompresi diafragma, hal ini dapat membantu mengurangi kejang pada diafragma yang menyebabkan cegukan terjadi.

Menutup Lubang Telinga Dengan Jari

Menurut Ontario Blue Cross, menggunakan jari untuk menutup kedua telinga selama 30 detik dapat mengurangi gejala cegukan. Sinyal relaksasi akan dikirim ke saraf vagus yang mana saraf ini terhubung dengan diafragma.

Menutup Mulut Dan Hidung

Cobalah untuk menutup hidung dan mulut bersamaan dengan itu tetap bernafas seperti biasa. Hal ini memang tidak begitu sulit dilakukan, hanya sedikit menutup jalan nafas pada lubang hidung. Dari sumber Reader Digest, kegiatan ini mampu meningkatkan dosis karbondioksida dalam pernafasan yang menyembuhkan cegukan.

Alternatif Cara Lain

Masih dengan cara tanpa minum air, berikut ini bisa menjadi alternatif untuk cara menghilangkan cegukan tanpa air:

  • Bernafas di dalam kantong kertas
  • Menekan-nekan dada
  • Lakukan Manuver Valsava dengan menutup mulut dan hidung lalu menghembuskan nafas hingga pipi menggembung
  • Memijat arteri karotis yang bertempat di leher sebelah kanan dan kiri dimana denyut terasa
  • Meremas tangan dengan menekan-nekan ibu jari ke bagian tangan

Check Also

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri 2

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri

Sim C Wonogiri adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengemudi secara legal di Wonogiri. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *