Alat Investasi Dengan Resiko Rendah Menengah

Investasi Dengan Resiko Rendah Menengah

Gookalian memberikan informasi beberapa investasi dengan resiko rendah sampai menengah /moderat yang merupakan sebuah alat atau instrumen menambahkan keuntungan. Resiko berhubungan dengan jumlah return atau pengembalian dana yang akan didapatkan. Tidak hanya Saham untuk investasi, yang akan dijelaskan dibawah ini cukup simpel.

Setiap investasi pasti memiliki resiko. Resiko rendah memberikan return yang rendah juga. Sebaliknya untuk yang tinggi akan menghasilkan keuntungan yang tinggi juga. Sehingga tidak ada asumsi bahwa resiko rendah akan memberikan return tinggi.
Sebagai bahan edukasi untuk sobat, perlu mengetahui beberapa hal tersebut. Termasuk untuk menginvestasikan uang dengan pilihan resiko menengah hingga rendah.

Alat Investasi Dengan Resiko Rendah Menengah

Berikut ini daftar yang bisa menjadi perhatian sobat untuk menanamkan uang pada berbagai platform. Pembahasannya dari yang moderat atau menengah hingga yang paling rendah.

Reksa Dana Pasar Uang Dan Pendapatan Tetap

Untuk alat investasi dengan resiko rendah menengah yang pertama ini sering kita dengar. Seperti reksa dana dari platform belanja online masuk dalam kategori tengah-tengah. Karena menyimpan uang dengan jangka waktu tertentu mendapatkan tambahan dari investasi.

Reksa dana dan pendapatan tetap masuk resiko moderat meskipun ada yang bilang bahwa ini kecil resikonya. Uang yang masuk akan dialokasikan ke pasar uang seperti tabungan dan deposito.

Obligasi Ritel

Merupakan obligasi milik negara yang dijual pada masyarakat melalui agen penjual dengan jumlah yang telah ditentukan. Umumnya obligasi ini menawarkan bunga yang lebih tinggi daripada deposito bank BUMN yang bisa diperjualbelikan.

Masuk dalam investasi dengan resiko moderat hampir ke rendah. Disesuaikan dengan profit yang akan didapat. Contoh selain obligasi ritel ada juga sukuk ritel. Khusus untuk obligasi dan sukuk yang diterbitkan oleh negara atau pemerintah. Masuk dalam moderat karena imbalan lebih tinggi dibandingkan deposito yang diberikan sebelumnya. Untuk obligasi non pemerintah seperti corporate ada kemungkinan gagal pembayaran karena resiko yang dimiliki.

Logam Mulia

Emas fisik atau logam mulia mempunyai resiko rendah hingga tinggi. Resiko rendah dinilai karena pertumbuhannya nilainya diatas bunga bank meskipun naik turun. Sifatnya cukup likuid. Logam mulia seperti emas bisa hilang atau memiliki sifat rawan juga. Oleh karena itu dikategorikan memiliki resiko tinggi.

Deposito

Sobat menabung uang di bank atau di tempat tertentu yang terpercaya. Kemudian dalam jangka waktu atau tempo tertentu yang ditetapkan sehingga uang bisa bertambah. Deposito masuk dalam kategori rendah karena suku bunganya cenderung rendah (meskipun bunga lebih tinggi dari rekening tabungan di bank).

Rekening Tabungan

Setelah penjelasan investasi dengan resiko rendah menengah diatas, sampailah pada paling bawah. Rekening tabungan di bank memiliki resiko yang paling rendah. Karena memiliki bunga kecil akan menghasilkan imbal yang rendah juga.

Bahkan Lembaga Penjaminan Simpanan memberikan jaminan tabungan sampai 2 milyar. Membuatnya memiliki resiko rendah dibarengi dengan suku bunga yang rendah juga.

Itulah beberapa instrumen investasi dengan resiko rendah menengah yang bisa dijadikan referensi. Untuk sobat ketika ingin menggandakan uang atau menambah nilai uang yang diam dengan berbagai pilihan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *