Rabu , September 28 2022

Kelebihan Hp Tanpa Colokan Headset

Colokkan jack audio kini makin ditinggalkan, sebenarnya apa kelebihan hp tanpa colokan headset? Teknologi pada ponsel pintar semakin berkembang meninggalkan yang lama dan terus menambahkan hal baru di dalamnya. Salah satunya adalah colokan jack audio 3,5 mm. Bagi orang yang sering mendengarkan lagu, colokkan headset sangat penting sehingga pastinya agak kecewa apabila lubang jack 3,5 mm ini dihilangkan.

Meskipun begitu, teknologi wireless atau perangkat audio nirkabel seperti Wireless Earbuds semakin banyak beredar di pasaran baik yang harganya paling murah hingga seharga sebuah ponsel. Membuat kita semakin mudah menggunakan ponsel bahkan tanpa colokan jack audio biasanya. Beberapa kelebihan yang akan Gookalian sampaikan dibawah ini juga merupakan alasan kenapa hp sekarang tidak ada headphone jack-nya. Sekaligus sebagai kelebihan yang dimilikinya.

Kelebihan Hp tanpa Colokan Headset

Absennya lubang tempat kita menancapkan headset yang sudah mulai dihilangkan pada ponsel pintar adalah bukan tanpa alasan. Ini membawa sejumlah kebaikan untuk kita sebagai penikmat teknologi, terlepas memang ada rasa kehilangan karena fitur yang biasanya ada sudah tidak lagi hadir. Untuk mengatasi rasa kurang ketika ingin membeli ponsel tanpa colokan headset, berikut kelebihannya:

Membuat Desain Ponsel Jadi Lebih Tipis Dan Ringan

Colokan audio jack 3,5 mm ditengarai mempengaruhi desain ponsel pintar. Perkembangan bentuk dan desain sebuah hp tidak terlepas dari dimensinya yang tipis semakin kesini. Semakin tipis sebuah ponsel maka semakin enak digenggam di tangan. Inilah yang dicoba dikejar oleh produsen hp, desain yang semakin tipis dan ringan. Dengan ditiadakannya colokkan headset, maka berat ponsel juga bisa dikurangi agar tidak berat di tangan. Jadi inilah kelebihan yang bakalan sobat dapatkan dan dapat terlihat dengan gamblang bentuk hp tanpa colokan headset dibandingkan ada lubangnya.

Baca Juga!  Masuk Touch Facebook Dan Informasinya

Mendukung Anti Air Lebih Jauh

Ponsel tanpa lubang jack audio akan lebih mudah untuk mendapatkan sertifikasi tahan air maupun tahan debu seperti pada Samsung Galaxy A53 dan Galaxy S Series lainnya. Jumlah lubang yang bisa dimasuki oleh air berkurang menyebabkan ponsel bisa mendapatkan rating IP lebih tinggi. Tentunya sobat yang memilih ponsel untuk diajak pada kondisi yang lebih lembab maupun berair akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Menghindari Kerusakan Komponen IC Audio

Seringkali, colokan jack 3,5 mm menurut admin hanya cocok untuk headset saja. Namun kebanyakan orang menggunakan hp untuk mendengarkan lagu/MP3 dari ampli atau speaker besar lewat colokan tersebut. Banyak sekali kasus ponsel yang mengalami kerusakan khususnya bagian suara setelah dihubungkan ke speaker besar. Karena besarnya daya yang dimiliki speaker besar, membuat ponsel jadi tidak bisa bersuara atau dalam mode headset secara terus menerus. Melalui jaringan nirkabel pada ponsel yang tidak ada lubang headsetnya, sobat tidak perlu lagi khawatir kerusakan ini bisa terjadi lagi.

Lebih Praktis

Misalkan saja ketika sobat bepergian ke sebuah tempat dengan petunjuk maps naik motor dengan helm. Agar suara petunjuk maps bisa terdengar, harus menggunakan headset sambil berkendara. Kabel yang menjulur dari hp menuju telinga bisa saja membahayakan pengguna. Kabel bisa diganti dengan model headset dengan koneksi bluetooth membuatnya lebih praktis dan aman tanpa membawa kabel yang panjang lagi.

Segi Manufaktur Lebih Baik

Tanpa colokan jack 3,5 mm ponsel akan bisa dibuat menjadi lebih murah. Karena mengandalkan perangkat bluetooth untuk bisa tersambung dengan perangkat audio luar tanpa tambahan colokan lagi. Selain itu, ruang tempat jack yang dihilangkan tersebut dapat digunakan untuk keperluan lainnya yang lebih penting. Misalkan menambah ruang untuk kapasitas baterai hingga menambah sensor lain sehingga meningkatkan daya beli ponsel pintar. Pada ponsel tanpa colokkan jack tersebut, biasanya spesifikasi audio yang terhubung ke Bluetooth lebih bagus dari ponsel biasanya. Contohnya dukungan audio HD namun dalam koneksi nirkabel.

Baca Juga!  Kabar Baik Windows 11 Untuk ASUS

Itulah beberapa kelebihan hp tanpa colokan headset yang bisa saja membuat sobat mulai berpikir untuk membelinya. Terlepas dari beberapa kelebihan tersebut, tidak ada salahnya juga untuk memilih ponsel pintar sesuai dengan kebutuhan sobat sehari-hari.

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.