Makanan Mengandung VITAMIN D Yang Mudah Dijumpai

Makanan Mengandung VITAMIN D pexels alexy almond 3757992

Dalam menjaga kesehatan, kebutuhan akan berbagai jenis asupan seperti vitamin tentunya perlu kita penuhi. Salah satunya yakni vitamin D yang memiliki peranan penting dalam membentuk dan menjaga tulang tetap kuat.

Asupan Vitamin D yang cukup juga dapat membantu tubuh dalam memerangi penyakit seperti osteoporosis, darah tinggi, penyakit kanker, penyakit jantung dan juga depresi. Seperti yang kita ketahui, tubuh kita dapat memproduksi vitamin D sendiri yakni dengan bantuan sinar matahari.
Namun selain itu kita juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin D kita dengan mengkonsumsi makanan. Ada banyak makanan mengandung vitamin D yang dapat kita temukan dengan mudah, beberapa diantaranya yaitu.

kuning telur vitamin D

Makanan Mengandung VITAMIN D

Kuning Telur

Kuning telur merupakan salah satu produk hewani yang memiliki kandungan Vitamin D yang tinggi. Dalam satu buah kuning telur setidaknya mengandung 40 IU Vitamin D, namun tentu saja konsumsi telur juga perlu kita batasi. Pasalnya kandungan kolestrol pada telur cukup tinggi.

Brokoli

Kebutuhan sayuran harian tentunya juga penting untuk kita perhatikan. Brokoli bisa menjadi pilihan yang baik untuk memenuhi kebutuhan sayuran dan vitamin D tubuh. Pasalnya brokoli memiliki kandungan vitamin D yang cukup untuk tubuh.

Susu

Produk susu merupakan salah satu produk yang mengandung vitamin D. Itulah mengapa kebutuhan susu anak perlu dipenuhi, karena tingginya vitamin D yang ada pada susu. Vitamin D tersebut sangat baik untuk pertumbuhan tulang sikecil.

Jamur

Jamur umumnya lebih mudah untuk ditemukan. Kandungan vitamin D yang ada pada jamur juga cukup tinggi. Selain itu sayuran ini juga terbilang cukup murah dibandingkan sayuran sebelumnya yakni brokoli. Oleh karena itu tidak ada alasan untuk mencukup kebutuhan vitamin D keluarga.

Tahu dan Tempe

Tahukah kamu jika kandungan Vitamin D pada Tahu dan Tempe juga tinggi? Tahu dan Tempe memang dikenal dengan segudang manfaatnya bagi kesehatan, salah satunya yakni kandungan vitamin D nya. Selama tahu dan tempe diolah dengan benar maka kandungan yang akan didapat juga akan dapat lebih optimal.

Kiwi

Untuk buah-buah yang mengandung Vitamin D, maka kiwi adalah salah satunya. Selain mengandung Vitamin C yang tinggi, Kiwi juga memiliki kandungan vitamin D yang tinggi. Rasanya yang nikmat tentunya akan digemari anak-anak, sehingga cocok untuk pilihan buah untuk anak.

Minyak Ikan

Produk makanan berikutnya yang juga dengan kandungan vitamin D tinggi yakni Minyak Ikan Kod. Dengan majunya teknologi, kini minyak ikan juga bisa kita konsumsi dalam bentuk yang lebih mudah yakni berupa suplemen. Oleh karena itu kebutuhan vitamin D keluarga dapat dipenuhi dengan baik.

Keju

Produk terakhir yang juga mengandung vitamin D tinggi yakni produk keju. Produk fermentasi susu ini bisa menjadi solusi sebagai pilihan produk makanan dengan kandungan vitamin D yang bisa dipilih. Dalam 100 gram keju setidaknya terdapat 24 IU vitamin D.

Itulah beberapa makanan yang bisa kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D pada tubuh. Selain kebutuhan vitamin D tentunya kebutuhan asupan lainnya juga perlu diperhatikan. Dengan begitu tubuh dapat memiliki imun yang lebih baik dan menjaga dari serangan penyakit.

Terlebih ditengah pandemi Covid-19 seperti sekarang, penting untuk memperhatikan imun tubuh agar dapat terhindar dari berbagai kompleksitas yang mungkin terjadi. Mengelola asupan makanan kemudian tidur dan juga olahraga merupakan hal terpenting dalam menjaga kesehatan tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *