Sunday , August 1 2021

Makanan Unik Imlek Untuk Keberuntungan

Tahun baru cina identik dengan makanan unik imlek. Sebagian orang percaya makanan pada perayaan pergantian tahun ini dapat memberikan warna sebagai bentuk unik dalam perayaan. Sebagai hari raya bagi masyarakat Tionghoa kepercayaan ini telah terjadi turun temurun. Salah satunya adalah tradisi membuat makanan khas imlek yang dipercaya dapat mendatangkan keberuntungan.

Makanan-makanan ini sering muncul saat mendekati perayaan imlek. Bisa ditemukan pada pasar atau memang dibuat oleh keluarga yang merayakan. Makanan ini bisa saja menjadikan kehidupan sobat lebih beruntung, apa sajakah itu ?

Makanan Unik Imlek Yang Khas Dan Sarat Makna

1. Kue Keranjang

Kue yang memiliki tekstur dan bentuk yang lengket memiliki rasa yang manis. Setiap para warga Tionghoa melakukan persembahyangan pasti selalu tersedia saat jamuan makan. Kue yang manis memiliki makna bahwa tahun yang lebih sejahtera dan memuat harapan untuk setiap orang dapat memiliki kehidupan yang seperti rasanya. Begitupun kue yang disusun bersusun ke atas, harapan kehidupan ke depan akan semakin menannjak merupakan makna yang terkandung di dalamnya.

2. Bebek Atau Ayam

Biasanya admin apabila berkunjung ke rumah teman pada suasana imlek akan mendapati keluarganya memasak hidangan Bebek atau Ayam. Paling sering adalah Bebek Peking yang dihidangkan dengan saus kecap yang sangat enak. Seringkali kedua unggas yang disajikan ini disebut memiliki simbol udara yang berari kesetiaan dan ketaatan. Bebek Peking yang admin maksudkan pasti dalam bentuk utuh, sebagai simbolisme keutuhan keluarga yang tetap setia.

3. Kuliner Unik Imlek Bentuk Salad (Yu Sheng)

Makanan unik imlek yang satu ini bisa juga disebut Yee Sang berisi salad ikan segar yang ditambah irisan lobak dan wortel. Tradisi sebelum menyantap kuliner ini adalah diaduk secara bersama-sama dengan keluarga. Paling penting diangkat setinggi mungkin sebagai sebuah harapan yang akan terkabul. Diiringi dengan keberuntungan berlipat-lipat pada tahun baru tersebut.

4. Jiao Zi

Sebuah makanan yang mirip dengan siomay jika sobat membelinya. Bentuknya seperti mata uang cina jaman dahulu. Dengan harapan siapa yang memakannya akan lebih kaya dan makmur.

5. Manisan Segi Delapan

Berbentuk segi delapan ini dikenal dengan Tray Of Togetherness yang memiliki makna banyak. Setiap bagian yang diisikan pada kotak ini memiliki makna masing masing. Seperti buah jeruk kumquat sebagai simbol kemakmuran, leci berlambang keluarga yang kuat dan lainnya. Umumnya isi dari makanan ini adalah buah yang dikeringkan dan biji-bijian untuk santapan camilan. Berjumlah delapan memiliki hakikat keberuntungan dalam tradisi Cina.

6. Mie Goreng

Mie dengan tekstur yang panjang-panjang memiliki peranan dalam simbol umur yang panjang, kebahagiaan dan rezeki yang berlimpah. Meskipun biasa ada pada sajian kita sehari-hari, namun makanan ini juga selalu hadir untuk perayaan besar umat Tionghoa.

7. Telur Rebusan Air Teh

Sebagai hidangan dengan protein yang tinggi, penyajian pada perayaan imlek memiliki perbedaan. Telur direbus dengan campuran teh dan kecap asin memiliki warna kecoklatan akan terasa manis dan gurih. Hal ini merupakan simbol dari kesuburan. Bagi keluarga yang belum bisa mendapatkan keturunan

Berbagai makan unik imlek diatas tidak hanya sebuah tradisi pangan yang cukup meriah. Didalamnya terkandung makna yang mendalam dan harapan-harapan kedepan tahun tersebut. Ini baru makanannya saja lho, belum bentuk-bentuk lain dalam perayaan ini yang menggunakan simbol sarat makna.

Check Also

Tips Membuat Kue Kering

Tips Membuat Kue Kering Agar Renyah

Ada beberapa tips membuat kue kering yang sobat perlu tahu ketika belajar atau mungkin sudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *