Rabu , September 28 2022

Mengatasi Photoshop ahclient dll error

Bagaimana cara mengatasi Photoshop ahclient dll error ? Dimana muncul sebuah pop up ketika ingin dibuka. Bertuliskan Photoshop.exe – Bad Image. Dengan keterangan “Direktori Adobe Photoshop ” \ahclient.dll is either not design to run on Windows or it contains an error. Try installing the program again using the original installation media or contact your system administrator the software vendor for support.

Sekilas jika sobat membaca pesan tersebut, menunjukkan bahwa file ahclient.dll tidak bisa berjalan karena tidak didesain untuk berjalan di Windows karena terdapat error. Masalah Photoshop ini terjadi umumnya setelah komputer dimatikan, lalu mencoba membuka aplikasi tersebut kembali. Masalah ini membuat masalah yang sangat mengganggu karena Photoshop tidak dapat berjalan semestinya, tidak bisa terbuka dan memaksa ditutup setelah notifikasi pop up ahclient.dll tersebut muncul. Apa yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi hal ini? Gookalian akan membahasnya untuk sobat.

Cara Mengatasi Photoshop ahclient dll Error

Saat mencari informasi di Google, cukup sedikit yang membahas masalah ini. Bahkan bisa dihitung tidak ada. Jika kita mengetahui tulisan tersebut, artinya kita harus instal ulang aplikasi Photoshop agar bisa dijalankan seperti biasa kembali. Hal ini tidak mengenakkan sekali karena sobat harus meluangkan waktu untuk instal lagi, padahal kalau mendadak aplikasi harus digunakan saat itu juga. Untuk spesifikasi laptop atau komputer biasa, proses uninstal dan instal kembali aplikasi desain ini cukup lama. Alangkah baiknya jika menggunakan solusi dari Gookalian dibawah ini, yaitu mengunduh ulang file ahclient.dll yang mengalami masalah. Langkahnya:

1. Mengganti File DLL

  • Tutup aplikasi Photoshop dari Task Manager (ctrl+shift+esc untuk membukanya), klik process Photoshop.exe untuk di End Task
  • Buka aplikasi browser untuk mengunduh file dll yang hilang tersebut
  • Ketik di pencarian: ahclient.dll
  • Klik dari situs dll-files.com
  • Baca pada bagian Architecture untuk menyesuaikan versi aplikasi Photoshop (32 bit atau 64 bit)
  • Pastikan untuk mengatasi Photoshop ahclient dll error unduh versi yang paling baru
  • Klik Download di sebelah kanan sesuai versi yang sobat inginkan
  • File kan diunduh dalam bentuk file .zip
  • Buka direktori Photoshop (klik kanan ikon Photoshop – Open File Location)
  • Buka file ahclient.dll yang telah diunduh dalam zip
  • Tekan dan tahan ahclient.dll pada folder direktori Photoshop
  • Klik Replace
  • Setelah itu, cobalah membuka aplikasi Photoshop lagi (disarankan restart komputer terlebih dahulu)
  • Masalah tersebut akan terselesaikan, aplikasi bisa dibuka
mengatasi photoshop bad image ahclient.dll

Sebagai informasi tambahan, untuk mengecek versi Photoshop di komputer sobat bisa dicek melalui ikon Photoshop di Desktop. Klik Kanan – Open File Location. Cek apakah Photoshop ada di folder Program File (X86). Jika iya, Photoshop di komputer sobat adalah versi 32 bit. Jika tidak ada X86 nya, berarti versi 64 bit.

Setelah aplikasi Photoshop bisa dibuka. Beberapa kasus akan menunjukkan pop up berisi Error lagi. Namun ketika di klik Ok, maka tidak terjadi apa-apa. Sobat mungkin akan menemui pesan tersebut berkali-kali. Cukup tutup saja, nanti lama kelamaan akan menghilang sendiri.

2. Instal Aplikasi Photoshop Kembali

Jika usaha mengatasi Photoshop ahclient.dll error diatas tidak juga selesai. Pesan Error masih muncul dan tidak hilang-hilang. Jalan satu-satunya yaitu melakukan instalasi ulang aplikasi Photoshop. Disarankan menggunakan aplikasi uninstaller yang bisa membersihkan file instalasi hingga Registry. Misalkan menggunakan Revo Uninstaller. Instal aplikasi tersebut – Uninstall Photoshop – Scan Registry – Hapus Registry yang berhubungan dengan Photoshop di Revo. Jika sudah, instal kembali Photoshop seperti biasa. Langkah ini digunakan untuk benar-benar membersihkan kejadian Error ahclient.dll sehingga tidak terulang lagi setelah instalasi Photoshop baru.

Jangan lupa untuk menutup aplikasi Photoshop dengan baik setelah sobat menggunakannya. Agar tidak terjadi Error dll yang disebutkan diatas. Semoga bermanfaat.

Baca Juga!  Cara Print Bolak Balik Otomatis dan Manual

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.