Tips Aman Menggunakan DeFi

Tips Aman Menggunakan DeFi

Pelajari tips aman menggunakan DeFi sebagai sebuah dunia tentang keuangan yang terdesentralisasi. DeFi (Decentralized Finance) merupakan pasar yang memudahkan orang mendapatkan pemasukkan lewat uang kripto. Seperti layaknya jenis investasi biasa, DeFi juga punya resiko di dalamnya.

DeFi memberikan keuntungan bagi mereka yaitu kesempatan untung berinvestasi. Tapi masalahnya tidak semua ekosistem DeFi dibuat setara (Equally). Artinya ada sebuah aturan atau protokol yang diterapkan telah berjalan bertahun-tahun tanpa ada hambatan. Protokol tersebut diaudit oleh Developer berpengalaman, akan tetapi ada protokol yang tidak diaudit dan dioperasikan secara anonim. Umurnya tidak lama namun menarik investor kripto dengan hasil sangat tinggi, sehingga mereka berinvestasi kesana.

Sehingga diperlukan tips dasar untuk sobat yang menggunakan DeFi untuk berinvestasi. Jangan sampai kehilangan uang sobat karena tergiur dengan berbagai hal didalamnya.

Tips Aman Menggunakan DeFi

Dibawah ini, sobat akan menemukan beberapa tips yang berguna. Tentunya untuk menyelamatkan uang agar tidak hilang ketika berinvestasi ke Decentralized Finance:

1. Hanya Gunakan Protokol Terpercaya

Kepercayaan berperan penting dalam pasar Crypto meskipun blockchain sifat teknologinya tidak bisa dipercaya. Sebagai investor DeFi, sobat harus menggunakan protokol DeFi yang diaudit dan teruji oleh waktu. Ini akan mengurangi resiko peretasan, kesalahan kode, dan tarik menarik tidak penting.

Contoh Aave dan Compound yang sudah terpercaya bertahun-tahun dalam protokol Lending atau pinjaman uang dengan banyak audit kontrak cerdas. Dua platform besar tersebut mantap masuk dalam pasar peminjaman dana di DeFi. Track Record mereka bagus meskipun dioperasikan oleh entitas Anonim. Keduanya direkomendasikan karena lebih aman dalam menyimpan uang daripada yang masih baru, kehilangan dana akan lebih tinggi resikonya.

2. Hanya Invest Ke Defi Yang Dipahami Merupakan Tips Aman Menggunakan DeFi

Sebelumnya kepercayaan penting, untuk menjaga harta sobat tetap aman. Disusul dengan berinvestasi ke produk-produk yang benar-benar sobat tahu. Seperti contoh ada yang menawarkan keuntungan 1000 persen dalam satu tahun, bukan berarti itu adalah investasi yang bagus. Kalau sobat tidak memahami bagaimana cara kerja mereka.

Coba baca tentang beberapa konsep seperti Staking, Yield Farming, NFT Farming dan beberapa istilah lain dalam berinvestasi ke uang kripto. Ketika sobat sudah mengerti bagaimana cara kerjanya, percaya dirilah kemudian lanjutkan dengan kepercayaan yang dimiliki.

3. Memastikan Ada Dana Lebih Untuk Biaya Tertentu

Jika sobat berhadapan dengan DeFi yang menggunakan jaringan Ethereum, artinya harus memiliki cukup ETH di dompet kripto sobat. Setidaknya ada beberapa ratus Dolar, tujuannya menutup kekurangan dana akibat mendepositkan atau mengambil dana. Atau mengkonversinya dalam bentuk lain untuk mendapatkan keuntungan membutuhkah istilahnya biaya admin (Gas Fees atau dana yang akan menguap).

Dengan selalu menahan token untuk menutup biaya transaksi dalam penggunaan DeFi. Misalnya saat menggunakan Binance Smart Chain, membutuhkan dana yang cukup banyak saat bertransaksi dengan Ethereum. Sobat harus memutuskan dengan cepat saat pasar bergerak dan ingin mencarikan dana.

4. Tidak Melebihi Kemampuan

Jangan pernah berinvestasi lebih dari yang bisa sobat jangkau. Mungkin sobat pernah melakukan ini dimana tidak ambil resiko karena kalau meleset, tidak bisa mengembalikan (Lose). Khususnya dalam investasi dengan resiko tinggi seperti Yield Farming (Lending Cryptocurrency). intinya jangan sampai bertaruh kalau sobat tidak mampu.

5. Gunakan Wallet Dan Penjelajah Yang Aman

Sangat esensial ketika kita harus menggunakan dompet yang aman. Beserta aplikasi atau alat berselancarnya. Tidak lupa User Experience yang menyenangkan pengguna di dunia DeFi.

Sobat perlu tahu Trust Wallet, yang bisa digunakan untuk bertransaksi secara mulus dengan dukungan >12 blockchain dan >16.000 aset digital. Selain mudah untuk berinvestasi kripto ke protokol DeFi favorit. Dalam beberapa sentuhan jari di ponsel sobat bisa mengamankan dana atau menggunakannya.

Bisa juga menggunakan dompet yang User Friendly untuk pemula. Layaknya Trust Wallet dengan browser DApp memberikan kemudahan dan jalan mudah mengamankan resiko dalam DeFi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *