Tips Sebelum Mematikan Mobil Agar Awet

Tips Sebelum Mematikan Mobil

Tips sebelum mematikan mobil buat sobat untuk tujuan piranti kendaraan roda empat ini lebih awet. Ada begitu banyak hal yang bisa sobat lakukan untuk membuat mobil lebih awet. Keseluruhan cara tersebut bisa dikatakan susah-susah gampang untuk hal besar seperti mengganti kampas kopling, rem hingga hal kecil dalam mematikan kendaraan.

Mengendarai mobil, membelinya itu perkara gampang. Namun yang sulit adalah merawatnya untuk bisa dikatakan awet dengan penggunaan yang lama. Termasuk tata cara dalam mematikan mesin mobil setelah perjalanan.

Tips Sebelum Mematikan Mobil Agar Mesin Awet

Kita seringkali mematikan mobil dengan menekan tombol atau memutar kunci kontak setelah mengaktifkan rem tangan. Padahal ada tambahan tata cara lain sebelum memutar kontak ke posisi Off. Apa saja yang perlu dilakukan biar awet?

Mematikan AC

Mobil-mobil tua yang menggunakan pendingin udara memiliki mitos bakalan cepat rusak jika tidak mematikan AC dahulu. Karena ada komponen dalam mesin dan perangkat pendingin berjalan lalu langsung distop. Layaknya mencabutnya dari Stopkontak. Hal tersebut mungkin ada benarnya untuk jenis mobil yang sudah jadul.

Namun beberapa sumber yang Gookalian dapatkan, hal tersebut tidak terjadi pada mobil-mobil baru. Seketika mematikan mesin saat AC menyala tidak akan melukai komponen pendingin udara tersebut maupun mesin.

Tapi tidak ada salahnya kok matikan dulu AC baru mesin mobilnya. Ini akan menghemat penggunaan Accu. Aki tidak akan terbebani banyak karena proses non aktif masih dibantu mesin yang menyala. Berbeda jika Aki harus menyediakan daya untuk AC mematikan dirinya tanpa dibantu pengisian mesin. Jelas Aki akan terkuras.

Tips Sebelum Mematikan Mobil, Matikan Dulu Audio Dan Lampu

Jika sobat mengetahui sebuah mobil menggunakan daya listrik langsung dari putaran mesin. Maka wajib mematikan dahulu lampu dan audio secara manual. Soalnya daya akilah yang membantu audio dan lampu tetap hidup ketika mesin mati tidak ada.

Mobil dengan daya listrik langsung diambil dari putaran mesin. Saat mesin mati, otomatis layaknya perangkat audio yang dicabut dari stopkontak. Ini akan merusak perangkat audio dan perlampuan.

Tidak Menggeber Mesin

Banyak sekali pengguna kendaraan bermotor baik motor atau mobil melakukan gas penuh sebelum mematikan mesin. Menurut pengalaman berbagai pengguna kendaraan tersebut, hal ini dilakukan bukan berarti tanpa alasan. Dengan menggeber, berarti pengisian daya ke aki ikut meningkat seiring besarnya putaran mesin. Sehingga aki terisi dan kuat untuk distarter nantinya.

Menggeber mesin sebelum mematikannya tidak direkomendasikan karena dapat merusak komponen. Saat putaran mesin tinggi, pelumasan oli dibutuhkan juga. Seketika saat putaran tinggi, mesin malah dimatikan membuat pelumasan oli berkurang karena kinerja mekaniknya juga ikut berhenti. Ini bisa membuat komponen yang harus terlumasi tidak aman.

Itulah beberapa kebiasaan tips untuk diperhatikan sebelum mematikan mesin mobil. Sayangi mesin mobil kamu agar lebih awet dengan langkah-langkah kecil seperti diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *