Rabu , September 28 2022

Tips Usaha Warnet Di Tengah Gempuran Ponsel Pintar

Bagi para penggiat teknologi, usaha warnet di tengah gempuran ponsel pintar membuatnya semakin kalah. Padahal warung internet pernah melewati masa kejayaan, bahkan untuk mereka anak sekolah sangat mencintainya. Pulang sekolah belum ganti baju, sudah nongkrong di warnet. Mereka juga bahkan bisa bermain game hingga berjam-jam lamanya disana.

Namun sekarang warnet makin sepi, belum lagi karena hantaman pandemi membuat banyak dari mereka yang menggeluti usaha ini mulai gulung tikar. Adanya teknologi ponsel pintar yang sekarang bisa dibanderol dengan harga murah dan koneksi yang lebih cepat membuat orang berpindah ke ponsel pintar. Lalu adakah tips usaha warnet di tengah gempuran ponsel pintar? Gookalian jelaskan untuk sobat.

Tips Usaha Warnet Di Tengah Gempuran Ponsel Pintar

Spesifikasi komputer di warnet adalah kunci untuk bisa tetap bertahan. Tak jarang, bahkan admin Gookalian sendiri merasa kecewa. Terakhir warnet yang pernah singgah di sana tidak memuaskan. Koneksinya lemot, komputer jadul, bahkan untuk sekedar browsingan saja loadingnya lama. Itu merupakan salah satu contoh permasalahan saja. Berikut ini beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk warnet jaman sekarang yang mampu bersaing dengan ponsel pintar:

Spesifikasi Komputer Mampu Mengoperasikan Emulator Android

Pemain game telah bergeser, dari menggunakan komputer menjadi mobile. Game dengan pemain terbanyak dari berbagai rentang umur sekarang dipegang oleh ponsel android. Dengan membuat komputer sama mumpuni seperti ponsel android, maka orang yang pergi ke warnet tidak akan kecewa. Mereka tetap bisa memainkan game android bahkan dari komputer.

Baca Juga!  Alat Investasi Dengan Resiko Rendah Menengah

Biasanya spesifikasi untuk bisa menggunakan emulator android sudah bisa dibilang cukup bagus. Ditambah dengan sistem operasi Windows 11, kini makin dimudahkan untuk menjalankan aplikasi berbasis android secara langsung. Hal ini yang perlu sobat perhatikan supaya usaha warnet di tengah gempuran ponsel pintar bisa bertahan.

Game Center

Jadikan warnet sobat sebagai Game Center yang hanya menyediakan layanan khusus untuk bermain game saja. Game PC yang masih terkenal bahkan masih sangat digandrungi oleh komunitasnya seperti Dota, CS, PB, Ragnarok dan lain sebagainnya. Game Center akan lebih disukai oleh para komunitas berkumpul, kembangkan hal ini untuk kemajuan warnet sobat.

Game Center juga bisa digunakan sebagai tempat turnamen game. Dengan spesifikasi yang mumpuni dan komunitas. Warnet sobat bakalan ramai kalau pernah dijadikan tempat battle resmi. Usaha warnet di tengah gempuran ponsel pintar akan tetap bertahan dengan komunitas.

Koneksi Internet Cepat Dan Wifi Corner

Jangan sampai warnet jaman sekarang lemot seperti yang admin alami terakhir kali kesana. Warnet harus bisa didesain untuk orang yang membutuhkan koneksi internet cepat. Misalkan koneksi ini digunakan untuk mengunduh file besar yang berhubungan dengan pekerjaan. Bagi mereka yang memiliki keterbatasan kuota bisa menjadikan warnet alternatif. Tapi koneksi untuk gamer dan para pendownload harus dipisah, agar tidak terjadi lemot.

Wifi corner sendiri memfasilitasi mereka yang membawa ponsel sendiri untuk bermain game. Atau untuk ojek online yang menunggu dapat orderan. Sediakan colokan dan listrik dengan tarif yang harus dibayar. Bikin murah juga untuk mereka yang sering datang (dengan paket tertentu). Warnet akan ramai meski bukan komputernya yang diandalkan.

Layanan Film Dan File Lainnya

Pelanggan warnet yang mungkin tidak membutuhkan warnet akan tetap datang untuk bisa meng-copy film. Film akan terus selalu baru sepanjang tahun. Dengan melengkapi database film ini, sobat bisa mendapatkan keuntungan tambahan. Jadi mereka yang ingin nonton film atau sekedar membeli salinan film tetap bisa ke warnet.

Baca Juga!  Pengertian Modal dan Cara Mendapatkannya

Selain film, master game dan aplikasi juga bisa disediakan secara berbayar. Karena sekarang arahnya orang punya PC dirumah sendiri, maka koneksi untuk mengunduh file kebutuhan game dibutuhkan. Mereka tidak perlu mengunduh, cukup membayar ke warnet sobat.

Update Trend

Kumpulkan banyak informasi untuk bisa melaksanakan turnamen, mengetahui game yang sedang viral. Selalu update untuk warnet adalah penting, sehingga mereka yang mengikuti trend merasa masuk golongan yang update lewat warnet sobat.

Teknologi Yang Lebih Jauh

Berkembangnya Virtual Reality dan Augmented Reality bisa sobat manfaatkan. Dengan membuka usaha warnet dengan persewaan perlengkapan VR dan AR. Orang yang mulai mengenal game virtual tidak harus membeli alat. Dengan konsep sama seperti warnet, persewaan barang teknologi juga akan membuat orang tertarik untuk bermain game virtual tersebut. Memfasilitasi game atau aplikasi virtual untuk pelanggan adalah peluang kedepan.

Itulah beberapa tips usaha warnet di tengah gempuran ponsel pintar supaya bisa tetap bertahan. Pastikan bisnis warnet sobat berada di tengah-tengah lingkungan yang strategis. Agar lebih banyak menyerap pengguna.

Check Also

Kelemahan Usaha Toko Bangunan

Kelemahan Usaha Toko Bangunan Tips Mengatasi

Gookalian akan membahas kelemahan usaha toko bangunan serta beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.