Wisata Air Terjun Di Karanganyar

Sebagai salah satu destinasi unggulan, wisata air terjun di Karanganyar mungkin wajib sobat kunjungi. Terkenal dengan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang wilayahnya sebagian ada di gunung Lawu. Tidak salah jika kota dengan semboyan Tentram ini memiliki berbagai wisata air terjun. Karena berbatasan juga dengan gunung, wilayah yang tinggi memberikan kondisi yang sejuk. Selain lebih dingin dari kota sekitarnya, pemandangan yang diberikan tidak kalah bagusnya untuk sekedar rekreasi.

5 Wisata Air Terjun Di Karanganyar

Berikut ini Gookalian berikan beberapa pilihan destinasi wisata cegar yang dapat mengisi waktu luangmu. Ingat juga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi. Cek juga apakah objek tersebut sudah buka dengan protokol atau masih tutup melalui informasi dari Google Maps.

1. Grojogan Sewu (Wisata Air Terjun Di Karanganyar Paling Diminati)

Sebuah tempat rekreasi yang cukup ramai diminati berbagai wisatawan dari berbagai tempat. Tidak hanya dari Karanganyar sendiri namun dari kabupaten tetangga. Selain mudah dijangkau dengan transportasi (bus umum), banyak hal yang dapat kamu nikmati di kawasan air terjun ini.

Sebelum masuk ke bagian air terjunnya, sobat akan disuguhkan dengan banyaknya anak tangga untuk menuju ke bawah. Sobat harus berjalan setidaknya 500 meter untuk turun setinggi 81 meter untuk menuju pusat air terjun. Semakin dalam sobat berjalan, maka semakin terdengar sayup-sayup suara air terjun. Tantangan ini akan terbayar lunas jika sudah sampai bawah dan menikmati dingin dan segarnya air terjun.

Tidak hanya air terjun, disana terdapat kolam renang untuk dewasa dan anak-anak. Kondisi yang redup dan cukup dingin sangat bagus untuk menenangkan diri. Disana sobat bisa memilih berbagai tempat untuk bersantai dengan menggelar tikar atau tempat yang disediakan. Untuk wisata yang satu ini, memang paling mahal dari wisata air terjun lainya karena fasilitas yang ditawarkan lengkap.

2. Jumog

Jika dari arah alun-alun Karanganyar, air terjun Jumog akan melebar ke bagian kiri (jika Grojogan sewu ke kanan). Jalan yang dilalui untuk menuju ke air terjun ini tidak terlalu menanjak. Lewat jalan memutar lebih landai treknya.

Jumog menawarkan hal yang berbeda ketimbang air terjun sebelumnya yang dibahas. Sama-sama memiliki kolam renang untuk anak-anak jalan menuju air terjun tetap landai. Sepanjang jalan menuju air terjun terdapat aliran sungai yang bisa digunakan untuk bermain air atau bahkan berbasah-basah ria.

Tepat di samping aliran air sungai yang cukup tenang, hadir berbagai tikar dari para penjual. Sangat enak mendengarkan air mengalir dari air terjun sambil menikmati jajanan khas seperti Tempe Mendoan panas dan sate kelinci yang cukup lezat. Bagian inilah yang cukup menarik untuk dikunjungi dan dinikmati. Menikmati suara air terjun sambil bersantai dengan keluarga ditemani hidangan yang menggugah selera.

3. Parang Ijo

Objek rekreasi yang satu ini berada di Kecamatan Ngargoyoso Karanganyar. Lokasi parkir luas dan jarak ke air terjun tidak jauh sekitar 100 meter. Selain tiket yang murah untuk wisatawan lokal termasuk biaya parkirnya. Disana terdapat taman bermain dan wisata Flying Fox juga. Air Terjun Parang Ijo memiliki fasilitas yang lengkap juga seperti kamar mandi, mushola dan penjual cendera mata.

4. Sewawar Sedinding

Untuk kamu yang menyukai tantangan jalan sebelum menuju ke air terjun. Wisata ini bisa jadi pilihan sobat karena medannya yang cukup terjal. Beralamat di Jalan Trengguli, Jenawi, Sekarang, Trengguli, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah ini membutuhkan lama perjalanan sampai 800 meter. 100 meter untuk ke air terjun Sewawar dan sekitar 700 meter ke Sedinding. Jalan yang dilalui cukup menanjak harus melewati pemandangan sawah dan tebing.

Setimpal dengan perjalanan yang sedikit melelahkan, sobat akan disuguhi kondisi pemandangan air terjun yang asri. Tempatnya cukup sejuk dan airnya sangat jernih. Bisa untuk berenang, disediakan ban untuk pelampung oleh warga sekitar.

5. Jurang Sundo

Untuk objek wisata yang masih sangat asri ini beralamat di Nglurah RT 02 RW 10, Nglurah, Tawangmangu, Kec. Tawangmangu. Curug yang belum terekspos banyak orang ini masih nyaman dan bersih. Meskipun tempatnya tidak jauh dari Grojogan Sewu dan belum diketahui banyak orang, air terjun ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti saung dan warung.

Sebagai tambahan, untuk menikmati berbagai wisata air terjun di Karanganyar untuk kesana sobat perlu kendaraan yang sehat dan mumpuni untuk menanjak. Meskipun jalan menuju objek yang disediakan sudah halus, untuk masuk ke air terjunnya masih perlu melewati jalan setapak. Semoga kamu berniat untuk mengunjungi tempat-tempat ini untuk menenangkan hati dan pikiran.

Check Also

Tips Berwisata Perjalanan Jauh

Tips Berwisata Perjalanan Jauh Biar Seru

Untuk sobat, ada beberapa tips berwisata perjalanan jauh terkhusus untuk di dalam negeri saja. Ini …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *