Wednesday , September 22 2021

10 Cara Menghemat Energi Listrik Dirumah

Dalam keluarga, ada 10 cara menghemat energi listrik yang bisa sobat terapkan khususnya dirumah. Informasinya dari Gookalian untuk sobat agar menghemat pengeluaran listrik.

Apalagi sekarang ini penggunaan perangkat lebih dekat pada teknologi dan penggunaan listrik. Umumnya semua perangkat punya embel-embel hemat energi layaknya pendingin ruangan dan lemari pendingin. Barang-barang elektronik yang digunakan dalam keluarga inilah yang bisa tetap hemat jika dijaga bersama dengan keluarga.

10 Cara Menghemat Energi Listrik Dirumah

Meskipun listrik adalah energi paling bersih, namun jika penggunaannya tidak bijak akan menyebabkan pemborosan bahkan masalah lingkungan. Karena pembangkit listrik yang tidak terbarukan masih digunakan di negara berkembang kita ini. Jadi dengan menghemat listrik yang dimulai sejak dari keluarga sobat bisa menyelamatkan pengeluaran bahkan bumi ini.

1. Matikan Perangkat Yang Menguras Listrik

Beberapa perangkat listrik tetap menggunakan hampir 75% dari keseluruhan daya ketika berada di mode standby. Layaknya televisi akan tetap berjalan dan siap digunakan sewaktu-waktu jika dihidupkan kembali merupakan salah satu fitur standby yang dimaksud.

Sobat perlu melakukan pengecekan kembali tentang bagaimana peralatan listrik tersebut bekerja. Apakah ketika posisi sudah dimatikan, tetap memakan daya? Mungkin sobat perlu mencabut colokkan pada perangkat elektronik pada televisi jika benar-benar tidak digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama.

2. Gunakan Bersama Untuk Menghemat Energi

Jika sobat punya mesin cuci dirumah, disarankan untuk menggunakannya dalam waktu bersamaan. Artinya untuk mencuci pakaian secara bersama-sama (dalam jumlah besar) seminggu sekali (waktu maksimal). Ini akan lebih menghemat daripada beberapa kali dalam seminggu mencuci sedikit-sedikit.

Penggunaan oven juga dikonsep sama. Tidak sedikit-sedikit menggunakannya untuk membuat roti misalnya. Lebih baik membuat makanan dengan oven dalam jumlah banyak dalam sekali pemakaian akan lebih menghemat listrik.

3. Mencuci Dan Menjemur Dengan Manual

Kegiatan mencuci dengan tangan biasa nyatanya lebih bersih daripada menyewa jasa laundry atau mesin cuci. Bahkan sobat bisa menentukan sendiri mana pakaian yang paling kotor dari lainnya untuk perlakuan khusus dalam mencuci. Kegiatan ini juga lebih sehat, karena gerakan mencuci menguras energi di tubuhmu. Setelah mencuci keringkan dengan sinar matahari dan jangan menggunakan pengering.

4. Mengisi Baterai Ponsel Dengan Bijaksana

Salah satunya adalah dengan tidak mengisi daya ponsel semalaman penuh. Selain cepat merusak ponsel, ini juga menambah tagihan meskipun sedikit. Trickle Charging atau mengisi daya ponsel saat sudah 100 persen akan tetap menggunakan daya untuk mempertahankannya.

5. Mengganti Lampu Dengan Bijak

Sobat bisa tetap menggunakan lampu hemat energi dengan tetap bijaksana. Misalnya daripada menggunakan 2 lampu 60 Watt lebih baik pakai 1 lampu dengan daya 100 Watt saja. Untuk hal ini sobat sebelumnya harus merencanakan bentuk rumah dengan jumlah lampu yang minimalis dapat menerangi kebutuhan didalamnya.

6. Buat Rumah Dengan Penerangan Dan Sirkulasi Cukup

Desain rumah yang memiliki jendela untuk pencahayaan yang cukup ikut andil dalam menghemat energi. Di siang hari sobat tidak perlu menghidupkan lampu akibat dari pencahayaan yang kurang. Memaksimalkan penggunaan penerangan dari listrik dilakukan pada sore hingga malam hari saja. Jendela dan sirkulasi udara berperan membuat rumah lebih sejuk karena udara yang keluar dan masuk lancar. Tanpa pendingin ruangan tambahan, cukup dengan angin yang berhembus dari luar rumah untuk kesegaran udara.

7. Kurangi Penggunaan Air

Kebutuhan untuk mandi bisa dikurangi atau digunakan secukupnya. Mencegah air terbuang sia-sia dan mengurangi kerja pompa air yang menggunakan listrik. Adapun jika menggunakan shower, pastikan selang lebih pendek mengurangi kinerja keras mesin air.

8. Menggunakan Colokan Otomatis

Teknologi untuk stop kontak kini sudah sampai pada otomatisasi. Dengan menggunakan alat ini, setiap kali peralatan rumah tangga yang tidak dipakai secara otomatis akan diputus. Tanpa harus mencopot sambung setiap kali digunakan.

9. Menaikkan Suhu Pendingin

Pada lemari pendingin, bisa dicoba untuk mengecilkan suhu menjadi lebih hangat dari biasanya. Hal ini mampu menghemat daya listrik hingga beberapa persen. Terlebih lagi, apabila tidak terlalu banyak digunakan bisa dikuras dalam jangka waktu 1 bulan sekali.

Berlaku juga untuk pendingin ruangan/AC. Jika terbiasa dengan suhu yang cukup dingin, bisa dinaikkan 1-2 derajat. Hal ini juga bakalan menghemat pengeluaran untuk listrik lebih kecil hingga beberapa persen.

10 Cara Menghemat Energi Listrik Dirumah Dengan Mengedukasi Keluarga

Untuk sobat yang dirumah, cara-cara diatas yang perlu di edukasikan ke seluruh anggota keluarga. Keluarga yang disiplin mematikan tv, ac dan barang elektronik yang sudah tidak digunakan akan mewujudkan penghematan daya listrik. Karena jika sobat sendiri saja, tidak akan cukup alias tidak maksimal. Untuk anak, ajarkan sejak dini tentang bagaimana melakukan penghematan berbagai segi peralatan rumah tangga.

Check Also

Cara Agar Lemari Tidak Dimakan Rayap

Cara Agar Lemari Tidak Dimakan Rayap

Bagaimana cara agar lemari tidak dimakan rayap ? Sobat perlu tahu bahwa diperlukan pencegahan sebelum …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *