5 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik di Kelasnya!

Bermain gim Personal Computer (PC)  menggunakan laptop kini lebih disukai para gamer pemula maupun gamer profesional. Alasannya laptop lebih ringan, compact dan portable sehingga mudah dibawa kemana saja tidak seperti PC. 

Sayangnya tidak semua laptop memiliki prosesor yang mampu mengoperasikan gim berat atau size besar tanpa ngelag. Oleh karena itu gamer membutuhkan laptop khusus gaming yang performanya bisa diajak ngebut agar bisa bermain lancar. Apalagi untuk yang bercita-cita menjadi gamer pro dan ingin mengasah skill bermain, memiliki laptop gaming bisa menjadi investasi terbaik.   

Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik di Kelasnya 1

5 Laptop Gaming ASUS Terbaik 2024 

Saat ini sudah banyak laptop gaming yang beredar di pasaran. Beberapa merk produsen laptop terkemuka bahkan secara khusus menghadirkan seri game tersendiri.  Salah satunya  adalah ASUS yang eksis dengan seri Republic of Gamers (ROG) dan TUF.

Terdapat beberapa tipe laptop gaming dari kedua seri tersebut yang memiliki spesifikasi dan keunggulan yang berbeda.  Agar tidak bingung memilihnya, simak ulasan dan rekomendasi laptop gaming terbaik 2024 dari ASUS berikut: 

Baca Juga!  Alasan Game Mobile Lebih Disukai Di Indonesia

1. ASUS ROG Zephyrus G14

Rekomendasi pertama ada ROG Zephyrus G14. Laptop gaming besutan ASUS ini didesain ramping namun performanya tidak main-main. Prosesornya menggunakan AMD Ryzen™️ 8000 Series  dengan kecepatan mencapai 5,2 GHZ, memastikan kelancaran saat bermain game. Laptop ini juga dilengkapi dengan chip grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 40 series yang tidak hanya mengoptimalkan performa saat gaming, tetapi juga mendukung  akselerasi AI. 

Tidak hanya unggul dalam performa, ASUS ROG Zephyrus G14 merupakan laptop gaming pertama di dunia yang menggunakan layar ROG Nebula Display 14-inch 3K dengan panel OLED. Didukung dengan tampilan OLED glossy , resolusi 2880 x 1800, Refresh Rate 120Hz, dan Response Time 0.2ms menghadirkan pengalaman visual yang tidak terlupakan.  

Kombinasi performa tinggi, tampilan yang memukau, dan fitur-fitur canggih menjadikan ROG Zephyrus G14 ini menjadi pilihan tepat bagi para gamers dan konten kreator yang mengandalkan kekuatan dan inovasi dalam satu perangkat.

2. ASUS ROG Strix Scar 18

Berikutnya adalah ASUS ROG Strix Scar 18. Laptop ini memiliki kemampuan ultra yang cocok digunakan para pro player. Performanya kencang berkat dukungan prosesor Intel Core i9 Generasi ke-13, GPU NVIDIA RTX 4080, dan dan kartu grafis NVIDIA Advance Optimus.

Sementara layarnya menggunakan ROG Nebula Display dengan ukuran 18-inci, memiliki resolusi 2.5K dengan kemampuan refresh rate 240Hz. Dilengkapi juga dengan fitur MUX Switch yang memungkinkan GPU mengirimkan langsung hasil kerjanya ke layar tanpa harus melalui pemrosesan di CPU. Perpaduan performa tinggi dan teknologi terkini, memberikan pengalaman bermain gim layaknya mengikuti e-sports profesional.

Baca Juga!  Cara Mengganti Wallpaper Laptop

3. ASUS ROG Zephyrus G16

ASUS ROG ini diklaim sebagai pelopor AI Gaming Laptop dengan desain paling tipis dan ringan. Ketebalannya hanya sekitar 1,49 cm dan beratnya tidak lebih lebih dari  1,85 kilogram. Meskipun tipis, performa ASUS ROG Zephyrus G16 tidak perlu diragukan. Laptop ini dibekali dengan GPU NVIDIA GeForce RTX 4080 yang powerfull untuk gaming dan mampu mempercepat proses encoding serta rendering yang sangat mendukung untuk aplikasi kreatif hingga eksperimen AI.

Keunggulan lainnya, prosesor ROG Zephyrus G16 sudah menggunakan Intel Core Ultra Series dengan Intel AI Boost. Laptop ini juga menggunakan layar ROG Nebula Display 16 inci yang didukung teknologi VRR (Variable Refresh Rate) dan G-Sync. Hasilnya Anda bisa bermain gangguan tearing ataupun stuttering. Akurasi warnanya pun juara, berkat adanya color gamut 100% DCI-P3 serta delta-E < 1.

4. ASUS ROG Flow Z13

Pilihan lainnya ada ASUS ROG Flow Z13. Laptop gaming ini banyak disukai karena ringan dan layarnya bisa dilepas seperti ipad. Desainnya begitu ramping, hanya setebal 12 mm dan beratnya hanya 1,2 kg saja.Cocok untuk Anda yang mobile dan sering ikut turnamen e-sport  dimana-mana.

Laptop ini dilengkapi keyboard RGB yang memudahkan untuk bermain game dengan lebih leluasa. Performanya kencang berkat dukungan prosesor Intel 12th Gen Core i9 berkecepatan mencapai 5.4 GHz dan GPU RTX 3050 Ti. 

Baca Juga!  Mengatasi Critical Process Died Windows 10

Layarnya menggunakan ROG Nebula Display berukuran 13.4 inci dengan resolusi QHD+ dan kecepatan refresh mencapai 165Hz. Ditambah fitur Adaptive-Sync memberikan pengalaman gaming yang lancar tanpa tearing. Warna yang dihasilkan juga lebih akurat dan cemerlang dengan adanya fitur Pantone Validated. 

5. ASUS TUF Gaming F15

Untuk pilihan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa pertimbangkan ASUS TUF Gaming F15.  Spesifikasinya cukup mumpuni untuk harga di bawah 15 juta.  Laptop ini sudah menggunakan kartu grafis VGA NVIDIA GeForce GTX 16 yang memiliki kemampuan rendering gambar lebih akurat. Performanya juga mantap dengan tenaga prosesor Intel Core generasi 10.  

Urusan layar, TUF Gaming F15 unggul teknologi IPS Full HD yang memiliki refresh rate 144Hz. Menariknya lagi laptop ini memiliki kapasitas baterai sebesar 48 Wh yang awet untuk gaming berjam-jam. 

Nah, setelah menyimak keunggulan masing-masing dari tipe laptop gaming rekomendasi ASUS di atas, mana yang paling membuat Anda tertarik? Apapun pilihan Anda, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan budget yang tersedia. Selamat memilih!

Check Also

Cara Membuat Tengkleng Daging Sapi 2

Cara Membuat Tengkleng Daging Sapi Empuk dan Lezat

Tengkleng merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang menggunakan tulang dan daging sapi. Untuk membuat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *