Rabu , September 28 2022

Bagaimana Bisnis Bisa Terkena Cyber Attack

Gookalian – Apakah sebuah bisnis bisa terkena Cyber Attack? Teknologi sudah menjamur sekarang, telah masuk dalam setiap kehidupan kita. Jadi akan sangat penting untuk menjaga keamanan diri di dunia maya. Untuk sobat yang punya perusahaan, sangat perlu memberikan pengetahuan pada pekerja didepan komputer atau dengan jaringan internet. Karena mereka merupakan pintu-pintu potensial bagi para peretas untuk masuk.

Berbagai keamanan di komputer cukup kuat untuk melindungi virus atau Cyber Attack. Namun potensi serangan ada pada Brainware atau manusianya. Selain itu ada hal lain yang menyebabkan keamanan komputer atau ponsel terancam. Sehingga diperlukan berbagai usaha untuk mencegahnya. Artikel ini akan membahas lewat mana saja bisnis bisa terkena Cyber Attack sehingga bisa menjadi tambahan informasi buat perusahaan sobat.

Bisnis Bisa Terkena Cyber Attack Melalui Hal Ini

Beberapa hal yang menyebabkan komputer maupun ponsel di perusahaan terkena serangan siber. Hal ini cukup berbahaya sehingga perlu sobat baca dan pastinya akan menemuinya.

Serangan Phishing

Merupakan kejahatan siber yang paling umum terjadi. Inti dari serangannya adalah mengarahkan seseorang untuk mengunduh perangkat lunak berbahaya. Kebanyakan dikirim dari Email, pop up yang muncul dari iklan, maupun berbagai platform aplikasi perpesanan sosial media. Ketika tautan yang diberikan diklik, maka software bisa terinstal dan mencuri semua data di komputer. Berbagai data perusahaan di komputer bisa berbahaya jika dicuri oleh peretas.

Aplikasi Mata-Mata Bisnis Bisa Terkena Cyber Attack

Spy apps adalah salah satu trik dari peretas untuk mencuri data atau berbagai informasi yang disimpan. Aplikasi tersebut bisa melihat kegiatan yang ada di komputer atau ponsel. Seringkali aplikasi ini berkedok mempercepat kinerja, menghemat baterai, mempercepat RAM dan sejenisnya. Kemudian mengirim statistik penggunaan di komputer ke server.

Baca Juga!  Kompres Foto Menjadi 200 Kb Di Komputer

Serangan DDoS

Jika sobat memiliki website untuk perusahaan, serangan ini paling umum dilakukan. Website menjadi tidak bisa dibuka karena diserang (diakses) oleh ratusan hingga ribuan perangkat dalam satu waktu. DDoS Attacks menggunakan banyak perangkat untuk menyerang target. Artinya komputer atau ponsel karyawan sobat dalam perusahaan bisa jadi tersangka dalam DDoS.

Perangkat yang menggunakan sumber daya komputer tinggi tanpa diapa-apakan bisa jadi telah disusupi. Yaitu menjadi klien dalam serangan DDoS, ini akan merugikan pemilik website maupun komputer sendiri.

Fake WAP

Fake Wireless Access Point merupakan cara lain yang membuat perangkat rawan dengan serangan online. Peretas membuat akses internet tipuan sehingga mereka mengaksesnya. Sekali mereka terkoneksi, sehingga pretas punya akses ke perangkat melalui akses internet tersebut.

Keyloggers

Merupakan sebuah program atau komponen perangkat lunak yang mencatat. Mencatat semua hal yang pernah diketikkan dari papan ketik/keyboard. Hal ini bisa dalam bentuk perangkat lunak maupun perangkat keras yang fungsinya mencuri data. Jika menuliskan email maupun kata sandi, sudah pasti informasi ini akan membahayakan jika dicuri.

Brainware (Orang/Karyawan)

Semua serangan diatas sebenarnya tidak bisa berlaku efektif tanpa ada pengguna komputer atau perangkat. Orang bisa ceroboh melakukan klik sesuatu di komputer sehingga serangan-serangan diatas mungkin terjadi. Untuk itu, memberikan berbagai informasi serangan yang telah dituliskan ke para karyawan. Ketika mereka sudah tahu berbagai metode serangan, maka menghindari berbagai kegiatan yang menjerumuskan ke arah berbahaya bagi perangkat yang digunakan.

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.