Cara Kembangkan Brand Dengan Biaya Kecil

Apakah bisa kembangkan brand dengan biaya kecil untuk bisnis sobat? Alasan mengapa harus mengembangkan brand, karena 95% keuntungan bisa didapat dari 5% kenaikan retensi pelanggan. Pelanggan loyal setidaknya tahu produk atau jasa yang mereka gunakan karena branding yang kuat dari perusahaan pemilik.

Namun membangun brand sepertinya tidaklah murah dengan menghabiskan berbagai sumber keuangan mengenalkan produk atau jasa. Namun Gookalian punya beberapa tips kembangkan brand dengan biaya kecil bisa dilakukan. Jika dengan membayar uang ke orang lain untuk pemasaran. Maka untuk membuatnya menjadi 0, kita sendiri yang akan melakukan pengembangan brand melalui berbagai cara dibawah.

Cara Kembangkan Brand Dengan Biaya Kecil

Terkadang banyak perusahaan atau wiraswasta yang menyalahkan kekurangan anggaran untuk memperkenalkan brand mereka. Seringkali dalam bisnis, biaya pemasaran untuk brand adalah paling besar. Tapi bahkan ada metode pengembangan brand yang gratis atau tidak sebanyak yang diperkirakan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Melakukan Survei

Dengan memberikan beberapa pertanyaan pada pelanggan, sobat akan tahu ke arah mana para pelanggan ini harus masuk jaring perusahaan. Pertanyaan seperti kesan pesan pertama tentang produk, apa yang diharapkan pelanggan, kekurangan perusahaan yang perlu dibenahi merupakan dasar untuk mendapatkan data.

Baca Juga!  Cara Resign Kerja Elegan Mundur Keren

Berbagai masukan pelanggan tersebut bisa kemudian ditemukan apa yang pelanggan inginkan. Dengan begitu selain menambah ide brilian sobat dipadukan data pelanggan maka tidak akan sulit menentukan langkah selanjutnya. Survei bisa dilakukan dengan mudah tanpa biaya yang banyak memanfaatkan teknologi secara online.

2. Memperdayakan Sosial Media

Membangun brand kini bisa dilakukan dengan gratis pada platform sosial media. Instagram membantu sobat menentukan seperti apa gambaran brand yang dimiliki oleh perusahaan atau produk tertentu. Salah satu cara menggaet lebih banyak pengikut pada sosial media tersebut adalah menguasai berbagai algoritma yang dimilikinya. Seperti cara-cara yang digunakan untuk mendapatkan pelanggan potensial yang mencari atau sekedar lewat.

Lakukan hal ini pada semua jenis sosial media yang dimiliki. Kalau belum punya sekarang wajib untuk membuatnya. Melakukan pencarian Hashtag di sosial media dengan diikuti konten epic membuat mereka penasaran dan mau mengikuti apa yang dimiliki oleh ikon perusahaan.

3. Search Engine Optimize (SEO)

Salah satu cara kembangkan brand dengan biaya kecil untuk bisnis adalah menguasai SEO. Ini merupakan salah satu cara membangun brand yang murah dengan tambahan sedikit usaha. Membuat website berisi produk atau brand perusahaan yang kemudian meningkatkan jumlah kunjungan melalui pencarian di Google atau situs sejenis. Didalamnya sobat akan membuat berbagai tulisan yang berhubungan dengan perusahaan dan tentunya mengaturnya sesuai nama brand dimiliki.

Selain website, brand bisa dikembangkan melalui pencarian di Maps atau peta. Berhubungan dengan website yang telah dibentuk, orang akan mudah mencari informasi dari apa yang mereka ketikkan sesuai lokasi mereka berada. Maps dan Website yang kemudian disebarkan atau diberitakan oleh berbagai situs (membayar jasa review) akan membuat brand terkenal dikalangan pencari informasi online.

Baca Juga!  Tips Dalam Menjual NFT

4. Memperbaiki Desain Menjadi Lebih Baik

Selanjutnya adalah memperbaiki berbagai tampilan yang dipajang membuat orang memandang pada brand yang sobat miliki. Ini berhubungan dengan semuanya diatas, tujuannya adalah punya desain yang bagus. Mungkin menyewa desainer tidak murah untuk berbagai komponen brand milik sobat. Namun banyak situs menyediakan desain-desain gratis dan kekinian seperti Canva, Visme, Adobe Free Vector dan lain sebagainnya.

Buatlah desain sendiri untuk berbagai kebutuhan. Selanjutnya, buatlah infografis yang membuat banyak data. Ini juga termasuk dalam memberi pengetahuan sekaligus meningkatkan brand awareness.

5. Mengikuti Kegiatan-Kegiatan Industri Marketing

Mengikuti kegiatan konferensi industri dan bisnis bisa jadi ide bagus untuk kembangkan brand dengan biaya kecil. Kegiatan tersebut membawa bisnis bersama-sama untuk mendapatkan strategi marketing tertentu. Biasanya mereka juga memberikan seminar-seminar dalam meningkatkan skil penjualan, sosial media, periklanan dan cara-cara untuk mengembangkan brand.

6. Mengumpulkan Koneksi Dengan Pelanggan

Mengundang para pelanggan untuk mendapatkan hadiah di akhir bulan misalnya. Menggunakan identitas email mereka sebagai bentuk pendaftaran. Ini akan mengumpulkan data yang cukup penting, karena mereka yang mendaftar pastu tertarik. Kemudian mereka yang belum menang undian bisa tetap terhubung dengan perusahaan sobat. Mereka tetap berkomunikasi dengan surat elektronik untuk mendapatkan tawaran promo untuk pengembangan brand yang sobat miliki.

Check Also

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert 1

Cara Disable Adobe Genuine Service Alert

Adobe Genuine Service Alert adalah notifikasi yang muncul ketika ada dugaan penggunaan software Adobe yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *