Rabu , September 28 2022

Cara Mengunci WA Agar Tidak Disadap

Mengunci WA agar tidak disadap sangat diperlukan dewasa ini dan sampai nanti seterusnya. Akibat dari pandemi yang belum berakhir, serangan para hacker atau pencuri informasi tidak bisa diredam. Karena terlalu banyak orang menganggur akhirnya serangan penyadapan melalui aplikasi salah satunya WA (Whatsapp) akhir-akhir ini terus meningkat.

Gookalian punya beberapa tips untuk sobat agar Whatsapp aman dari disadap orang lain. Orang lain bisa jadi orang disekitar kita yang ingin mengetahui isi Chat ataupun informasi di Whatsapp sobat. Maka diperlukan kehati-hatian dan beberapa upaya untuk menjaganya tetap aman.

Cara Mengunci WA Agar Tidak Disadap

Perlu dilakukan pengamanan di aplikasi Whatsapp sehingga tidak mudah diakses oleh orang lain. Kelebihannya adalah sobat tidak perlu menambah aplikasi lagi, cukup memanfaatkan yang ada dari WA sendiri. Berikut beberapa tipsnya untuk sobat:

Autentikasi Dua Faktor Mengunci WA Agar Tidak Disadap

Ini merupakan fitur penting yang mengharuskan sobat menggunakan dua jenis perangkat agar bisa menggunakan Whatsapp. Biasanya kita butuh nomor telepon saja, tapi dengan autentikasi lain menambahkan cara masuk ke WA membuat nomor jadi lebih sulit untuk diretas atau disadap. Untuk melakukannya caranya:

  • Bukalah aplikasi Whatsapp di ponsel android sobat
  • Tekan 3 titik di bagian pojok kanan atas
  • Tekan Setelan
  • Tekan Akun
  • Pilih Verifikasi Dua Langkah
  • Aktifkan
  • Tentukan 6 digit kode angka untuk pengamanan WA
  • Lalu klik OK

Ketika verifikasi dua langkah diaktifkan, secara rutin minimal 2 hari sekali aplikasi WA akan memunculkan kode 6 digit angka. Berlaku untuk orang lain yang sedang menyadap WA sobat. Dia juga akan diminta memasukkan kode yang sama. Jika hanya sobat yang tahu, berarti WA menjadi aman dan tidak mudah diretas atau disadap.

Baca Juga!  Cara Menggunakan SHAREit Di Laptop

Keluar Perangkat Lainnya (Web)

Whatsapp web sering kita pakai karena sangat berguna. Bisa akses WA dari komputer memudahkan mengirim file dan lainnya. Akan tetapi, komputer yang telah login WA berpotensi untuk bisa disadap. Untuk itu, sobat perlu keluar dari perangkat atau WA Web lainnya. Dengan cara:

  • Di beranda WA, tekan 3 titik pojok kanan atas
  • Sobat tekan Perangkat Tertaut
  • Kemudian tekan satu persatu, pilih Keluar
  • Maka Whatsapp sobat hanya akan masuk satu perangkat yaitu yang sedang dipegang

Komputer yang login melalui Whatsapp Web sangat berpotensi untuk diretas jika komputer terinfeksi virus. Virus akan mengambil alih semua data termasuk Whatsapp yang sedang masuk di Browser. Jadi jangan pernah lupa untuk Logout atau keluar perangkat tertaut setelah menggunakan WA Web.

Hapus Aplikasi Tidak Penting Di Hp

Metode pencurian data sekarang cukup canggih, salah satunya lewat aplikasi terpasang di hp. Aplikasi pencuri data tersebut umumnya tidak sengaja terinstal dari klik iklan. Aplikasi akan mengetahui nomor WA sobat, selanjutnya peretas menggunakan aplikasi untuk mengambil alih WA.

WA akan mengirimkan kode OTP ke SMS agar bisa masuk ke perangkat yang berbeda. Aplikasi mencurigakan tersebut akan mengirim kode OTP SMS yang dicuri dari aplikasi pesan. Kemudian mengirimnya ke peretas, sehingga WA kamu bisa disadap.

Apabila sobat ragu aplikasi mencurigakan mana yang mencuri data. Kembalikan hp ke pengaturan pabrik atau melakukan Reset. Jika tidak bisa melakukan penghapusan instalasi aplikasi mencurigakan. Selanjutnya instal lagi WA setelah ponsel bersih.

Itulah beberapa cara yang bisa sobat gunakan untuk mengunci WA agar tidak disadap. Tidak perlu instal aplikasi seperti Chatlock+, Whatslock dan aplikasi pengunci sejenisnya. Jika ponsel berpotensi dipinjam orang lain, gunakan kunci aplikasi yang sekarang sudah disediakan oleh semua merek ponsel (yang bukan android Pure/Stock). Kunci aplikasi WA, agar setiap membukanya membutuhkan pin atau kata sandi. Ini adalah cara aman agar orang lain tidak bisa mengetahui isi pesan Whatsapp sobat.

Baca Juga!  Cara Mematikan Antivirus Windows 11

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.