Cara Membuat Baterai Laptop Awet Kembali

Adakah cara membuat baterai laptop awet kembali? Setiap perangkat teknologi pasti memiliki masa pakai. Salah satunya baterai laptop yang semakin lama akan mengalami penurunan lama waktu bisa mempertahankan daya. Sebelum berganti baterai yang bisa dikatakan tidak murah bagi orang dengan pendapatan dibawah rata-rata. Sobat bisa mencoba beberapa trik agar baterai laptop setidaknya bisa ada peningkatan masa pakai dibanding sebelumnya. Apa saja triknya, Gookalian akan membagikannya sesuai dengan pengalaman.

Cara Membuat Baterai Laptop Awet Kembali

Tidak ada salahnya tips yang berguna untuk sobat yang memiliki perangkat laptop ini melakukannya. Hanya dengan melakukan hal kecil setidaknya kita bisa membuat laptop bertahan lebih lama dari biasanya. Mengurangi kegiatan tertentu bersama laptop juga mampu mempertahankan daya lebih jauh lagi. Berikut ini sebelum mengganti, cara membuat baterai laptop awet kembali:

Menggunakan Mode Power Saver

Setiap laptop dengan sistem operasi Windows memiliki fitur untuk mengatur apakah memilih performa yang baik dengan konsekuensi baterai boros. Atau menjadikan baterai lebih awet tapi performa agak berkurang. Sobat bisa mengaktifkan mode hemat baterai pada laptop. Dengan langkah:

  • Cek pada Taskbar (yaitu pojok kanan bawah tempat ikon baterai, wifi, speaker berada)
  • Klik pada gambar Baterai
  • Di Windows 7, 8 dan 8.1 langsung pilih menu Power Saver
  • Di Windows 10 dan 11, klik Best Battery Life (panel paling kiri dari toggle)
  • Penggunaan performa akan dikurangi untuk lebih menghemat baterai
Baca Juga!  Kelemahan Menggunakan ChromeOS Yang Perlu Diketahui

Saat mengaktifkan mode hemat baterai atau hemat daya tersebut. Sobat akan menemukan bahwa layar akan meredup. Hal ini wajar karena ini merupakan salah satu hal yang dapat menghemat baterai.

Penggunaan Kecerahan Layar Rendah

Bila perlu setel Brightness pada layar laptop sobat menjadi paling rendah. Dengan mengetuk tombol kombinasi untuk menurunkan kecerahan layar. Dengan begitu baterai jadi bisa lebih awet untuk penggunaan yang lebih lama.

Tidak Berselancar Di Internet

Jika laptop sobat baterainya sudah mulai boros, disarankan untuk tidak memakai koneksi internet dan menjelajah melalui aplikasi browser. Karena ini adalah salah satu kegiatan yang menghabiskan daya laptop. Apalagi membuka konten video dari laptop akan cepat membuat baterai terkuras habis.

Jadi ketika tanda baterai boros terdeteksi, maksimalkan penggunaan laptop hanya untuk mengetik secara offline saja. Kegiatan ini terbukti sangat menghemat baterai. Apalagi sekedar mengetik dengan aplikasi yang ringan. Admin telah membuktikan hal ini, yaitu memperingan pekerjaan laptop membuatnya jadi hemat daya.

Apalagi sekarang hampir setiap orang memiliki ponsel pintar yang disandingkan dengan laptop. Jika sedang ber internet, gunakan hp lalu mengetiknya melalui laptop. Dengan bantuan perangkat lain, cara membuat baterai laptop awet kembali meskipun sedikit atau tidak terlalu berefek.

Melakukan Kalibrasi Baterai

Salah satu cara membuat baterai laptop awet kembali yaitu melakukan kalibrasi baterai. Kita akan menggunakan laptop dan mengisi dayanya sesuai dengan kemampuan maksimal yang dimilikinya. Kalibrasi berfungsi untuk mengembalikan pembacaan sistem terhadap persentase baterai. Karena tidak jarang untuk baterai laptop yang mulai boros. Laptop mati/ melakukan hibernate sendiri meskipun baterai belum di bawah 5 persen. Memang benar sudah ada penurunan performa, tapi cara ini bisa untuk memastikan persentase baterai.

Baca Juga!  Cara Jadi Facebook Gaming Creator

Sebagian pengguna mungkin menganggap cara ini bisa mengembalikan daya baterai meskipun tidak terlalu banyak. Langkahnya yaitu:

  • Matikan laptop sobat lalu diisi dayanya hingga penuh
  • Aktifkan mode High Performance/ Best Performance pada pilihan baterai di Taskbar (gunakan brightness paling tinggi)
  • Gunakan laptop hingga habis dayanya
  • Lakukan sebanyak 3 – 5 kali
  • Terakhir gunakan laptop hingga baterainya habis
  • Cas laptop sambil digunakan dengan performa tinggi hingga baterainya penuh

Setelah itu sobat bisa menggunakan laptop dengan kondisi biasa. Biasanya perhitungan persentase baterai telah kembali seperti semula (tidak tiba-tiba hibernate sendiri). Tips ini juga bisa menghemat baterai kembali karena penggunaan yang teratur.

Mengganti Baterai

Jalan terakhir untuk cara membuat baterai laptop awet kembali adalah menggantinya. Lakukan hal ini kalau laptop benar-benar tidak bisa hidup tanpa charger. Hal ini hanya sebagai upaya memaksimalkan penggunaan baterai sebelum benar-benar diganti. Saat terasa sangat boros pun, baterai juga bisa sobat ganti langsung. Biaya bervariasi untuk baterai laptop jenis tanam maupun copotan sekitar 400 sampai 800 ribu perlu sobat siapkan. Harga ini bakalan lebih mahal kalau melakukan penggantian ke Service Center.

Itulah beberapa tips sebagai upaya atau cara baterai laptop awet kembali sobat dapatkan. Gunakan laptop dengan bijak agar baterai awet. Seperti tidak mengisi daya ketika melakukan pekerjaan berat/ bermain game. Setidaknya 2-3 tahun adalah jangka yang baik penggantian baterai yang telah lewat masa-nya.

Baca Juga!  Cara Melihat Video YouTube Yang Dihapus

Check Also

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri 2

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri

Sim C Wonogiri adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengemudi secara legal di Wonogiri. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *