Saturday , July 31 2021

Cara Menguasai Algoritma Instagram Untuk Bisnismu

Jika sobat baru dalam hal marketing sosial media, menguasai algoritma Instagram tidaklah memakan waktu banyak. Sobat tidak perlu berpusing ria untuk mempelajari algoritma yang kelihatannya rumit. Akan tetapi, sobat nggak perlu harus detail mengetahui bagaimana algoritma seperti Instagram bekerja menyukseskan pemasaran.

Yang perlu sobat tahu hanya kunci algoritma pada platform ini untuk kemudian dapat menggaet banyak penonton Instagram. Salah satunya muncul dari hasil pencarian dan mengalahkan pesaing-pesaing yang sama. Lalu bagaimanakah caranya?

Cara Menguasai Algoritma Instagram

Algoritma dimanfaatkan untuk menampilkan sebuah postingan yang disukai atau diminati oleh pengguna. Head of Instagram, Adam Mosseri menjelaskan bahwa ada begitu banyak algoritma platform ini untuk menciptakan pengalaman penggunaan Instagram yang lebih baik bagi pengguna.

Informasi ini didapat dari konten yang disukai oleh pengguna. Fitur-fitur seperti Reels, Explore Reels, dan Explore sendiri memiliki algoritmanya masing-masing. Ini didasarkan pada bagaimana pengguna memanfaatkannya.

Umumnya Cerita di Instagram digunakan untuk mereka melihat kerabat, sedangkan Explore muncul untuk mereka mencari banyak hal baru. Ada berbagai hal yang menyebabkan tampilnya sebuah konten yang relevan seperti apa yang sering disukai, kapan waktu posting, hingga penggunaan ponsel.

Selain itu, ada berbagai tips dari Gookalian untuk kamu dalam menguasai algoritma platform ini untuk bisnis:

Gimana Cara Muncul Di Pencarian Instagram ?

Langkah pertamanya adalah memodifikasi profil instagram bisnismu atau milik sobat sendiri. Usahakan nama tersebut punya nilai jual sesuai dengan nama bisnis yang ditekuni. Instagram hanya melihat dari nama yang muncul pada profil dan kata kunci, tidak termasuk di Bio. Jadi kamu butuh sebuah nama yang memuat kata kunci, soulsi, niche atau produk dari bisnis sobat miliki. Harus muncul di tengah-tengah username/nama ya.

Penggunaan nama bisnis, nama pribadi dan sebuah kata kunci yang berhubungan dengan bisnis adalah jalan agar muncul di pencarian Instagram. Ditambah dengan berbagai postingan di profil kamu yang relevan membuatnya jadi mudah terbaca algoritma Instagram.

Jadi jangan buang-buang waktu untuk menuliskan hashtag di bio IG sobat. Lebih baik gunakan ruang kosong tersebut untuk menjelaskan apa saja bisnismu lakukan dan mengapa harus memilih bisnismu.

Jenis Gambar Yang Diterbitkan Di IG

Banyak orang di Instagram menghabiskan waktu mereka untuk Scrolling atau mengusap konten dari Reels maupun Explore (pencarian). Semata-mata mereka mencari apa yang menurut mereka menarik lalu akan bereaksi terhadapnya.

Adapun konten yang kita buat mungkin hanya akan memperlambat proses scrolling mereka. Namun ini juga diperhitungkan secara positif oleh Instagram. Tapi tetap pada tujuan untuk membuat mereka berhenti pada postingan bisnis sobat.

Aturan pertama untuk hal ini adalah jangan memposting gambar yang ramai atau tidak sunyi. Gunakan gambar dengan latar belakang sederhana, gunakan warna yang mencolok pada bagian tertentu untuk mendapatkan perhatian. Satu fokus pada sebuah objek didukung oleh gambar latar belakang akan memukau pengguna IG.

Jika gambar dipenuhi dengan keramaian warna, mereka tidak dapat fokus pada apa yang ingin ditunjukkan. Mereka akan tetap berlanjut/swipe ke cerita lainnya. Maka dari itu menggunakan titik jelas pada sebuah postingan akan memperlambat scrolling dan memberikan perhatian. Instagram akan memberikan reward bagi mereka yang dapat memperlambat proses Scrolling, bahkan mereka berhenti atau tap dua kali untuk konten yang kelihatan.

Seberapa Sering Upload Ke IG?

Haruskan kita membuat cerita atau upload sesuatu di IG setiap hari dalam satu minggu? Sepertinya tidak, menurut ahli IG Jenn Herman menyarankan untuk tidak melakukannya setiap hari karena terlalu banyak.

Kita harus menyesuaikan audien atau pelanggan. Apabila setiap hari upload, dan ternyata mereka hanya membuka Instagram di hari tertentu saja. Mereka akan banyak ketinggalan informasi dari Instagram sobat karena mereka gak buka tiap hari. Akan lebih baik jika 3-5 kali saja dalam satu minggu cukup untuk akun bisnis. Ini akan menghindari masalah tersebut dan meningkatkan lebih banyak view.

Hanya upload sebuah konten ke Feed/Cerita jika memang berisi informasi yang sangat relevan dan penting untuk pelanggan. Ini juga merupakan salah satu cara meningkatkan loyalitas pelanggan, lewat konten yang bermanfaat dan menjanjikan banyak hal ke mereka.

Mendesain Instastory Yang Menawan

Gunakan Cerita atau Feed yang bertahan 24 jam, meskipun bisa di Highlight agar bertahan lebih lama. Jadikan postingan IG sebagai performa panggung bisnis sobat dan Stories sebagai Behind The Scene. Melalui Feed buat post menggunakan stiker, pertanyaan, Polls dan sejenisnya untuk menggaet lebih banyak interaksi. Karena hal ini akan meningkatkan Content Rating.

Tambahkan Hastag untuk meningkatkan jumlah orang yang melihat Story. Gunakan stiker Hastag yang cukup luas untuk wilayah atau jenis niche tertentu. Melalui Niche inilah, termasuk Reels IG sobat diterapkan untuk meningkatkan jumlah view. Meskipun hal ini cukup kompetitif, buatlah konten yang sederhana namun menawan.

Cara Menguasai Algoritma Instagram Dengan Simpel

Berikut ini beberapa tips buat kamu agar bisa masuk dalam algoritma Instagram dalam beberapa rangkaian kata yang mudah:

  • Pelajari waktu online audien, posting pada saat itu
  • Membuat hubungan berkualitas dengan follower\
  • Berkolaborasi dengan Influencer
  • Membuat User Generated Content (upload konten dari pelanggan/users) sebagai reward
  • Mempelajari dan menemukan konten yang menarik bagi audiens
  • Pelajari follower melalui Insight untuk menentukan konten yang tepat dari bisnis sobat

Check Also

Cek Komputer Mendukung Windows 11

Cara Cek Komputer Mendukung Windows 11 Atau Tidak

Bagaimanakah cara cek komputer mendukung Windows 11 ? Karena belum lama saat artikel dirilis, Windows …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *