Sabtu , Oktober 5 2024

Tips Membuat Kue Kering Agar Renyah

Ada beberapa tips membuat kue kering yang sobat perlu tahu ketika belajar atau mungkin sudah terbiasa membuatnya. Tujuannya agar kue yang dihasilkan bisa enak, renyah dan tidak bantat bahkan gosong. Namun sebenarnya membuat kue kering ini tergolong susah-susah gampang.

Sobat bisa memperhatikan beberapa tips dari Gookalian ini agar kue kering buatanmu bisa enak dan sesuai keinginan.

Tips Membuat Kue Kering

1. Memperhatikan Resep Dengan Seksama

Membaca resep tidak hanya asal membaca saja, sobat perlu memperhatikan banyak hal dan mengikuti setiap langkah dan bahan yang dibutuhkan. Kalau bisa sih jangan pakai perasaan untuk takarannya, gunakan perhitungan yang sesuai karena resep telah melewati berbagai proses pengujian.

2. Tips Membuat Kue Kering Dengan Memilih Tepung Yang Tepat

Tepung terigu merupakan bahan yang membuat kue kering renyah saat digigit. Sobat perlu menggunakan terigu berprotein rendah yang bersifat garing saat diolah. Dipadu dengan rendahnya kadar gluten pada tepung dapat membuat kue awet dan renyah karena sifatnya yang tidak mudah menyerap air.

3.Proses Pengocokan Mentega Dan Gula

Kocok kedua bahan ini sampai berwarna putih pucat tentunya dengan mixer agar lebih cepat. Kue kering yang renyah bergantung pada bahan mentega dan gula.

Baca Juga!  Pilihan Menu Kuliner Indonesia yang Mendunia!

Gunakan mentega yang dingin sebelum dikocok, sifat dingin dapat mempengaruhi kerenyahan kue. Meskipun banyak orang yang mencairkan bahan ini, hal ini dapat membuat kue tidak renyah.

Sobat tidak perlu mengocok adonan terlalu lama karena saking bersemangatnya. Memang tujuannya adalah menghasilkan adonan yang benar-benar halus dan putih namun masih tetap ada aturannya. Kue tidak akan renyah jika terlalu lama dikocok, disebabkan oleh pengocokan ini akan mengaktifkan gluten pada tepung. Tekstur kue kering akan menjadi kenyal dan jauh dari kata renyah.

4. Selalu Ayak Tepung

Pengayakan tepung perlu sobat lakukan untuk tujuan menghindari gumpalan dalam adonan. Ini akan membuat adonan tidak tercampur rata akibat butiran-butiran yang menyerap udara lembab sekitarnya. Biasanya kita langsung percaya dengan tepung yang dijual, proses terlalu lama simpan ini dapat menggumpal, maka dari itu perlu kita ayak terlebih dahulu.

5. Memperhatikan Suhu Oven

dealnya adalah menggunakan suhu standar 150-170 derajat celcius untuk memanggang adonan roti. Sobat bisa memilih untuk menggunakan oven listrik yang lebih menguntungkan karena dapat disetel suhunya dengan mudah. Suhu yang digunakan ini ideal, karena apabila suhu terlalu tinggi menyebabkan kue matang diluar tapi tidak didalamnya.

Sebelum memasukkan cetakan adonan ke oven, suhunya harus sudah sesuai. Artinya adalah panaskan dahulu oven beberapa menit sebelumnya sehingga suhu idealnya sudah tercapai. Setelah itu, jangan sering-sering membuka oven atau bisa dilihat dari kaca saja. Ini dapat menyebabkan panas tidak merata dan membuat kue kering tidak mengembang.

Baca Juga!  Rekomendasi Warung HIK Di Selogiri Kabupaten Wonogiri

6. Gunakan Bahan Segar

Seperti telur yang digunakan untuk pembuatan kue kering, jangan gunakan yang sudah disimpan di lemari es beberapa hari. Telur dingin akan menyulitkan adonan untuk tercampur. Agar kue kering lezat dan renyah gunakan juga tepung yang tidak terlalu lama disimpan di gudang. Serta bahan-bahan lain yang bersuhu ruang lebih baik digunakan sebagai tips membuat kue kering agar renyah.

Itulah beberapa tips untuk sobat yang ingin membuat kue kering. Kue ini merupakan kuliner yang biasa hadir dalam setiap momen keluarga maupun hari-hari raya sebagai tradisi yang tidak terpisahkan.

Check Also

6 Wisata untuk Eksplor Bhutan 2

Penuh Panorama Indah, Ini 6 Wisata untuk Eksplor Bhutan!

Obligasi Pemerintah juga bisa menjadi pilihan tepat sebagai pendukung dana liburan. Ada banyak negara menarik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *