6 Tanda Tubuh Butuh Olahraga

Apa saja tanda tubuh butuh olahraga ? Badan melar-melar alias gak kencang bisa jadi salah satu tanda sobat butuh berolahraga. Selain itu, Gookalian juga punya beberapa informasi yang menjadi tanda bahwa tubuh membutuhkan gerak menyehatkan. Apa sajakah itu ?

Tanda Tubuh Butuh Olahraga

Jika sobat peka, badan akan memberikan banyak gejala atau tanda terkait apa yang dialaminya sedikit demi sedikit. Sebelum jatuh pada gejala yang cukup besar, badan punya mekanisme berupa tanda yang harus terus sobat perhatikan. Salah satu tanda tersebut bahwa tubuh membutuhkan olahraga untuk dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

1. Badan Selalu Merasa Lemas Dan Lelah Tanda Tubuh Butuh Olahraga

Perasaan badan yang lelah berkepanjangan dapat terjadi pada tubuh yang tidak pernah atau sangat jarang berolahraga. Buat sobat kawula muda meskipun sudah tidur cukup, saat bangun di pagi hari badan terasa cukup berat dan mengantuk. Padahal asupan makanan dan tidur sudah terpenuhi selama 8 jam, badan terasa cukup letih.

Ini mengindikasikan bahwa bisa saja sobat mengalami chronic fatigue syndrom (sindrom kelelahan kronis) dimana lelah tidak kunjung lenyap bahkan setelah tidur cukup lama. Olahraga mampu meningkatkan oksigen dalam darah dan tubuh untuk produksi endorfin sebagai hormon perasaan bahagia dan sehat (menurut American Lung Association).

2. Badan Terasa Sakit Semua

Saat bangun di pagi hari, orang yang jarang berolahraga mengalami nyeri di seluruh tubuh dirasakan secara tiba-tiba. Salah satu penyebab nyeri pada persendian termasuk lutut dan punggung adalah tidak pernah digerakkan untuk olahraga. Penelitian di Harvard Medical School menyatakan berkurangnya kegiatan latihan dapat melemahkan otot, meningkatkan masalah sendi dan berefek pada postur tubuh yang tidak sehat.

Padahal hanya dengan menggerakkan otot, sobat bisa lebih cepat memulihkan sakit pada badan ini. Peregangan dan aktivitas olahraga dapat memompa darah ke area tubuh tertentu untuk tujuan distribusi oksigen.

3. Terengah-Engah Menaiki Tangga

Salah satu tanda yang paling mudah bahwa tubuh membutuhkan olahraga adalah naik 1-2 tangga di kantor atau gedung misalnya. Jika baru separuh jalan sobat sudah terengah-engah artinya harus segera menjadwalkan waktu untuk olahraga.

Tubuh yang kekurangan oksigen dapat ditandai dengan lebih cepat terengah-engah. Aktivitas berat meningkatkan denyut nadi dan kebutuhan oksigen ke seluruh tubuh. Jika jarang berolahraga, penyaluran oksigen ke seluruh tubuh tidak lancar.

4. Mood Berubah Jelek

Hormon endorfin sebagai penentu kebahagiaan seseorang atau tubuh dapat diproduksi dengan mudah apabila kita rutin berolahraga. Setidaknya 30 menit selama 3 kali dalam satu minggu akan menstabilkan suasana hati dan meredakan depresi lewat hormon serotonin. Sobat mungkin gak bisa membayangkan bagaimana kalau mood jelek terus menerus menghantui pikiran akibat kurang olahraga. Termasuk emosi saat makan disebabkan oleh perubahan hormon dapat memberikan masalah kesehatan.

5. Lebih Cepat Flu Dan Mudah Radang

Sering flu atau masuk angin menjadi tanda bahwa tubuh kekurangan olahraga. Ini disebabkan sistem imunitas tubuh yang menjadi lemah karena kurang olahraga. Menurut Healthline, latihan fisik dapat meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan berbagai infeksi dan virus.

Sobat juga perlu waspada dengan radang yang sering menyerang, biasanya ditandai dengan mudah panas dalam yang dirasakan. Radang memang reaksi umum terhadap infeksi parasit, karena tubuh kurang imunitasnya hal ini menjadi sering terjadi. Untuk itu sobat perlu berolahraga dengan rutin sehingga radang yang kadang menyakitkan dapat hilang sendirinya.

6. Sering Telmi Bisa Jadi Tanda Tubuh Butuh Olahraga

Telat mikir alias telmi disebabkan kurang lancarnya oksigen di tubuh khususnya otak. Untuk dapat bekerja dengan baik otak membutuhkan suplai oksigen yang cukup. Olahraga dapat memperlancar distribusi oksigen ke seluruh tubuh. Sobat, rutinlah melakukan olahraga untuk mengatasi masalah sering lupa atau pikun dini.

Pada akhirnya, olahraga setidaknya 3 kali dalam satu minggu dan hanya butuh 30 menit saja bisa bikin sobat lebih sehat. Sudah lama olahraga terus melakukannya memang membuat badan sedikit sakit, namun percayalah ini baik untuk tubuh. Dengan semakin tinggi intensitas olahraga akan mencapai kebugaran tubuh yang prima.

Check Also

Mengapa Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati

Mengapa Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati ?

Sobat Gookalian mungkin sebagian udah ngerti mengapa mencegah lebih baik dari mengobati. Ini adalah istilah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *