Saturday , July 31 2021

5 Cara Mengatasi Anosmia atau Hilang Penciuman Gara-Gara Covid-19

Cara Mengatasi Anosmia – Penyakit ini mulai trending tahun 2019 atau ketika muncul wabah Covid-19. Gejala Covid-19 mirip dengan flu. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), gejala Covid-19 adalah batuk kering, demam, produksi dahak, kelelahan, sakit kepala, sesak napas dan sakit tenggorokan, serta hidung tersumbat. Seiring dengan perkembangan Covid-19, saat ini keluhan penderita Covid-19 diantaranya adalah berkurang atau kehilangan indra penciuman. Hilang indra penciuman lebih dikenal lagi dengan sebutan penyakit anosmia.

Penyakit anosmia dapat mempengaruhi kehidupan seseorang. Suatu kelainan pengidap anosmia adalah tidak bisa mencium bau-bauan serta merasakan makanan. Penderita anosmia tidak bisa membedakan bau asap dan bau yang lain. Penderita anosmia juga tidak memiliki selera makan atau nafsu makan menurun.

Lalu bagaimana cara mengatasi penyakit Anosmia atau hilang penciuman gara-gara Covid-19 ini? Kamu tidak perlu panik! Umumnya penyakit anosmia dapat sembuh dalam kurun waktu tertentu. Penyakit anosmia dapat sembuh dalam kisaran waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Cara Mengatasi Anosmia Efek Covid-19

Cara Mengatasi Anosmia Sehingga Bisa Sembuh Seperti Sedia Kala

Cara mengatasi anosmia meski Kamu sesuaikan dengan penyebabnya. Sebagai contoh penyakit anosmia terjadi oleh infeksi virus. Maka untuk pengobatan seperti ini dapat Kamu lakukan dengan opsi terapi dekongestan. Terapi yang tersebut adalah bertujuan untuk melancarkan saluran pernapasan.

Cara mengatasi hilang penciuman atau penyakit anosmia gara-gara terkena Covid-19 bisa Kamu lakukan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Rajin Membersihkan Bagian Dalam Hidung
    Kebiasaan selalu rajin membersihkan bagian dalam hidung dapat membantu dalam mengatasi anosmia. Cara ini tidak sulit dan Kamu pasti bisa melakukan sendiri di rumah. Bersihkan bagian dalam hidung dengan larutan air garam.Hal ini dapat membantu indra penciuman Kamu pengaruh alergi atau infeksi.Bahkan jika sibuk sehingga tidak membuat larutan garam sendiri, saat ini larutan tersebut sudah tersedia di apotek. Apotek banyak menjual dalam bentuk sachet. Silakan mulai sekarang agar rutin membilas hidung dengan larutan garam.
  2. Melatih Indra Penciuman
    Cara mengatasi anosmia selanjutnya adalah dengan membiasakan diri untuk melatih indra penciuman dengan menghirup berulang-ulang. Lakukan kebiasaan baru ini yaitu dengan sengaja mengendus berbagai hal yang bau menyengat.Kamu bisa melatih penciuman dengan menghirup bau lemon, cengkeh, mawar, dan kayu putih. Agar efektif hasilnya, silakan lakukan hal ini selama 20 detik dalam setiap praktik.Lakukan 2 hingga 3 kali dalam sehari selama minimal 2 bulan atau selama belum memberikan efek terhadap Kamu.Menurut ahli kesehatan, penyakit anosmia jika terus Kamu biarkan tanpa tindakan tertentu maka akan berlanjut ke ageusia.

    Penyakit ageusia ini adalah kehilangan indra pengecapan. Tentu saja hal tersebut akan memberikan dampak buruk bagi penderita penyakit. Atas dasar itu dengan melatih penciuman sejak terjangkit anosmia sangat penting. Hal ini salah satu cara agar penciuman Kamu bisa kembali normal.

  3. Konsumsi Teh Jahe
    Untuk mengatasi anosmia selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi teh jahe. Banyak sekali kandungan bermanfaat dalam teh jahe termasuk bisa membantu dalam penyembuhan hilang penciuman.Kamu bisa membuat sendiri teh jahe ini dari jahe mentah.Silakan Kamu kupas jahe mentah dan larutkan dalam air panas. Minum larutan teh jahe ini setelah Kamu diamkan selama 15 menit agar benar-benar larut dan hangat.
  4. Berhenti Merokok
    Bagi penderita anosmia yang suka merokok, sebaiknya ketika terjangkit penyakit ini berhenti dulu untuk merokok. Dengan membiasakan merokok hal ini akan memberikan dampak terganggu kepekaan indra penciuman Kamu.
  5. Konsultasi dengan Dokter
    Jika penyakit anosmia yang Kamu derita belum juga dapat sembuh dengan melakukan cara-cara di atas, silakan konsultasikan hal ini dengan dokter. Dan memang jika anosmia disertai dengan gejala lain maka Kamu wajib segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Sebaiknya Kamu ikuti juga protokol kesehatan yang sudah ditetapkan Pemerintah serta Tim Kesehatan.

Jika sudah konsultasi dengan dokter, silakan Kamu patuhi semua yang telah disarankan oleh dokter.
Ok mungkin hanya itu saja artikel cara mengatasi anosmia ini. Semoga dengan artikel ini sedikitnya bisa membantu Kamu dan silakan share ke teman atau yang sedang mengalami keluhan dengan penciuman terganggu.

Check Also

Gangguan pencernaan picu berat badan berlebih

Gangguan Pencernaan Picu Berat Badan Berlebih

Gangguan pencernaan picu berat badan berlebih adalah hal yang dapat terjadi. Kita pasti sudah tahu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *