Minum Kiranti Untuk Perjalanan Mudik Amankah?

Sempat dipraktekkan oleh banyak anggota komunitas mobil, minum kiranti untuk perjalanan mudik apakah aman dan diperbolehkan? Gookalian akan membahas sebuah minuman yang diperuntukkan buat wanita yang sedang haid guna mengurangi gejala menstruasi mereka ini.

Perjalanan jauh salah satunya mudik begitu menguras tenaga dan pikiran terutama sang sopir atau pengemudi. Dalam waktu yang cukup lama dituntut untuk konsentrasi dengan kondisi jalan. Menyesuaikan kendaraan agar bisa melaju dengan lancar. Dan tidak jarang pula, adrenalin terpacu karena kondisi jalan yang sepi berujung ngebut.

Satu lagi, tidak jarang juga ada kendaraan berhenti mendadak di depan, orang menyebrang sembarangan dan kejadian di jalanan yang membuat rasa khawatir terpacu. Keseluruhan kondisi ini membuat sobat bisa kelelahan saat berkendara terutama ketika mudik. Banyak orang kemudian mengonsumsi suplemen untuk tetap menjaga stamina maupun kondisi fisik berkendara agar bisa sampai tujuan.

Minum Kiranti Untuk Perjalanan Mudik Cek Faktanya

Ada satu yang unik dilakukan oleh supir dan anggota grup mobil tertentu di Facebook . Yaitu meminum suplemen untuk tetap terjaga saat berkendara jauh. Yaitu kiranti yang merupakan minuman untuk wanita PMS (Pre-Menstrual Syndrome). Minuman ini berfungsi untuk meredakan gejala sakit fisik dan psikis saat datang bulan. Lalu bagaimana kok bisa mereka yang tidak ada kepentingan haid mengonsumsi suplemen ini?

Baca Juga!  Atasi Nafsu Makan Berlebih Saat WFH

Kandungan Kiranti

Satu botol kiranti datang bulan biasa mengandung:

  • 30 gram kunyit
  • 2 gram kencur
  • 6 gram asam jawa
  • 2,5 gram gula jawa
  • 0,8 gram jahe
  • 0,3 gram pandan
  • 0,1 gram kayu manis
  • 0,23 gram guarana

Kandungan tersebut sangat baik untuk menghilangkan nyeri namun dalam hal ini adalah sasarannya nyeri, pegal linu, dan kram saat haid. Minuman ini juga melancarkan siklus haid dengan pemenuhan vitamin C untuk metabolisme tubuh. Kondisi tubuh juga akan lebih fit selama haid ketika mengonsumsi suplemen ini.

Amankah Minum Kiranti Untuk Perjalanan Mudik?

Tidak ada kandungan khusus dalam kiranti yang memang hanya diperuntukkan untuk wanita. Tidak ada kandungan atau enzim yang berhubungan dengan aktivitas hormon secara langsung. Artinya lelaki tetap boleh minum kiranti karena tidak ada yang membahayakan untuk tubuh manusia dengan gender yang berbeda. Mungkin karena iklan yang ditujukkan untuk wanita yang memang mengalami masalah haid. Bukan berarti lelaki tidak boleh meminumnya.

Jadi minum kiranti untuk perjalanan mudik adalah aman bagi laki-laki maupun perempuan. Istilahnya adalah hanya mengonsumsi kandungan kurkumin utamanya (ditambah guarana dan jahe serta bahan lain) yang berfungsi menurunkan rasa nyeri. Manfaat lain dari bahan tersebut adalah meningkatkan daya tahan tubuh, mengobati radang, mengurangi rasa mual dan lain sebagainnya.

Ketika seorang sopir atau pengendara yang sedang melakukan mudik. Rasa capek adalah wajar terjadi akibat terlalu lama pada posisi yang sama ditambah dengan pegal, kebas, dan mengantuk serta kelelahan fisik maupun psikis. Kondisi badan seperti ini adalah sama seperti kondisi ketika seorang wanita sedang haid. Mengonsumsi kiranti artinya juga sama meredakan berbagai masalah saat seorang berkendara jarak jauh.

Baca Juga!  Sobat Perlu Tahu Untuk Melakukan Diet Pegan

Jumlah Aman Minum Kiranti Untuk Mudik

Direkomendasikan untuk minum 1-2 botol kiranti dalam satu hari sesuai dengan yang dituliskan pada botol. Jumlah ini aman untuk sobat ketika bepergian jauh atau mudik ke kampung halaman. Rasa ngantuk dan capek bisa teratasi dan efeknya bahkan sama seperti suplemen minuman stamina lainnya. Diminum sebelum memulai perjalanan jauh, atau ketika rasa capek dan ngantuk mulai menyerang.

Kiranti dalam jumlah wajar yang dianjurkan boleh dikonsumsi oleh lelaki. Bersumber dari Alodokter, bahwa tidak akan terjadi apa-apa pada laki-laki. Malah tetap bisa mendapatkan manfaat dari kandungan kiranti sendiri yaitu anti peradangan, mengurangi kontraksi, anti spasme dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Jadi sudah jelas bagi sobat, bahwa aman mengonsumsi 2 botol kiranti untuk satu hari perjalanan jauh atau untuk mudik. Hanya saja menjadi agak lucu ketika seorang lelaki (sopir) minum suplemen tersebut. Karena bisa dikira bukan lelaki tulen. Semoga bermanfaat.

Check Also

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri 2

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri

Sim C Wonogiri adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengemudi secara legal di Wonogiri. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *