Rabu , September 27 2023

Tips Mencegah Akun Facebook Mengenang Terjadi

Gookalian berbagi beberapa tips untuk sobat agar mencegah akun Facebook mengenang terjadi. Karena ketika artikel ini diterbitkan, banyak sekali akun Facebook milik orang tiba-tiba menjadi kenangan. Hal tersebut sangat tidak menyenangkan karena ternyata bisa sembarang orang bisa menjadikan sebuah akun menjadi kenangan.

Kenapa Perlu Mencegah Akun Facebook Mengenang ?

Yang terjadi ketika akun sobat menjadi mengenang adalah sobat hampir tidak bisa melakukan apa-apa. Paling parah adalah akun tidak bisa digunakan selamanya karena sistem Facebook berpikir sang pemilik akun telah tiada.

Layaknya akun yang dihapus, akun kenangan hanya bisa dilihat saja seperti sebuah pajangan oleh pemiliknya sendiri. Hanya teman atau orang lain yang bisa menambahkan komentar pada sebuah postingan akun kenangan tersebut. Hak akses atau menggunakan akun seperti biasa oleh pemiliknya tidak bisa dilakukan.

Tentunya ini merugikan kita sebagai pemilik akun. Karena sudah tidak bisa digunakan seperti sedia kala. Akun yang mengenang umumnya tidak bisa dikembalikan tanpa usaha tambahan menggunakan verifikasi identitas pribadi. Kita mungkin tidak akan sejauh itu, bermain media sosial untuk hal yang mungkin kurang penting namun harus mengorbankan identitas pribadi kita dimiliki oleh Facebook. Maka dari itu penting untuk mencegah agar akun kita tidak sembarangan bisa dijadikan kenangan. Bagaimana caranya?

Baca Juga!  Whatsapp Bisa Video Call Dari Komputer

Cara Mencegah Akun Facebook Mengenang

Admin memberikan cara-cara pencegahan sebelum akun menjadi mengenang. Pasalnya, menjadikan akun kenangan Facebook itu bisa dilakukan oleh orang lain meskipun kita benar-benar masih aktif di media sosial tersebut.

Lucunya, dalam kehidupan bermedia sosial Facebook. Seringkali ada perlakuan tidak menyenangkan sehingga orang berbuat semena-mena menjadikan kenangan sebuah akun Facebook. Bahkan tidak jarang kegiatan tersebut dilakukan akibat gabut atau kurang kerjaan.

Mekanisme untuk menjadikan akun kenangan cukup sederhana. Sobat hanya perlu menjadi teman sebuah akun Facebook. Kemudian membuat laporan kematian yang tersedia di Facebook untuk menjadikan akun menjadi kenangan. Dengan mengupload berkas/gambar palsu berisi berita kematian disertai foto maupun identitas akun.

Kali ini Facebook mungkin terlalu mudah mengira laporan yang diupload orang iseng tersebut adalah benar. Tambahan lagi, hanya dengan adanya komentar berbela sungkawa di beranda akun/komentar postingan. Facebook bisa dengan mudah menjadikan sebuah akun menjadi kenangan.

Setelah tahu mekanismenya, apa saja yang perlu sobat ketahui untuk mencegah akun Facebook mengenang terjadi? Berikut poin-poin nya:

Berkelakuan Baik Di Media Sosial

Kunci yang paling utama adalah jangan jadi pemarah, tukang bully maupun tukang sindir. Apalagi kalau melawan kumpulan/sebuah kelompok/grup tertentu. Karena jika ada banyak orang yang tidak suka dengan sobat. Mereka bisa berbondong-bondong melaporkan akun sobat agar bisa menjadi kenangan.

Baca Juga!  Pilih Samsung A53 Atau Samsung A52s 5G ?

Tidak Sembarangan Menerima Permintaan Pertemanan

Tak jarang orang yang ingin menjadi teman karena suatu keisengan dilakukan. Untuk tujuan menjadikan akun sebagai kenangan, maka cara ini akan dilakukan. Sobat bisa mengatur agar hanya teman dari teman saja yang bisa menambahkan. Atau sekalian jangan buka request pertemanan saat ini karena sedang berbahaya, sistem Facebook terlalu mudah membuat akun menjadi kenangan.

Membuka Kolom Komentar Dan Wall Hanya Untuk Teman

Jika akun sobat adalah publik, kemungkinan untuk dilaporkan menjadi akun kenangan akan lebih mudah. Jangan sampai ada orang yang tidak dikenal bisa ikut berkomentar karena postingan disetel untuk publik. Sehingga kolom komentar aman dari orang iseng yang ingin melancarkan aksi mereka.

Menghapus Komentar Berisi Tulisan Duka

Jika ada orang yang iseng membuat sebuah status berduka cita sambil nge-tag akun sobat. Sudah pasti itu tujuannya mau menjadikan akun kenangan. Sobat bisa langsung hilangkan tag pada status tersebut. Termasuk komentar di Wall sobat atau di manapun yang berisi tulisan: duka cita, inalillahi, selamat tinggal, semoga tenang disana dan kata-kata lain yang menggambarkan kesedihan karena ditinggal mati.

Mengunci Akun

Cara mencegah akun Facebook mengenang selanjutnya bisa dengan menjadikan akun private. Hal ini akan mencegah orang baru untuk bisa menjadi teman sembarangan, ngetag sembarangan hingga mengambil foto sembarangan. Ini merupakan hal yang jadi jurus pamungkas. Karena lebih baik melakukan pencegahan sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi begitu saja.

Itu saja beberapa tips dari Admin. Terkait aktivitas akun, tidak ada beda mereka yang sering aktif di media sosial Facebook maupun jarang. Keduanya sama-sama beresiko dijahilin orang sehingga menjadi akun kenangan.

Baca Juga!  Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 10

Check Also

Cara Merawat result

Cara Merawat Tas Selempang Kanvas dan Tas Totebag

Tas selempang kanvas dan tas totebag mungkin terlihat sederhana, tetapi jangan biarkan penampilan mereka yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *