Minggu , Oktober 6 2024

Solusi Halaman Sedang Dalam Perbaikan Shopee

Sobat mungkin pernah melihat muncul di ponsel bahwa halaman sedang dalam perbaikan Shopee, yaitu aplikasi jual beli online yang sangat terkenal ini. Kalau melihat notifikasi yang muncul, seharusnya kita tahu bahwa halaman atau bagian dari Shopee tersebut sedang tidak bisa diakses karena dalam perbaikan.

Akan tetapi notifikasi tersebut terkadang membuat kita sedih karena tidak dapat mengakses halaman, bagian dalam aplikasi Shopee hingga melakukan kegiatan jual beli didalamnya. Sebagai platform e-commerce terbesar di Indonesia, masih ada kelemahan yang dialami oleh aplikasi Shopee ketika diakses ditunjukkan oleh notifikasi halaman sedang dalam perbaikan. Apa saja penyebab mengapa munculnya pesan tersebut?

Penyebab Muncul Halaman Sedang Dalam Perbaikan Shopee

Dari pengalaman yang paling sering terjadi, terlalu banyak orang yang mengakses server Shopee baik dari aplikasi sebagai pembeli. Atau diakses oleh para pelapak yang menjual berbagai barang yang mereka miliki. Overload atau terlalu banyak pengguna yang mengakses secara bersama-sama adalah wajar karena aplikasi jual beli ini ada dalam urutan nomor 1 dari sekian aplikasi lain. Hal ini menyebabkan proses pembelian barang, penambahan katalog produk belanjaan, pengisian saldo dan lain sebagainnya tidak bisa dilakukan.

Apalagi ketika event pada tanggal tertentu seperti 10.10, 11.11, dan 12.12 dimana Shoppe melakukan diskon besar-besaran untuk banyak produk. Sehingga terlalu banyak orang yang tertarik untuk membeli barang sehingga mengakses aplikasi secara bersamaan. Promo yang diberikan membuat orang berbondong-bondong. Hingga kapasitas server tidak kuat menampung jumlah pengunjung membuat sebagian orang tidak bisa mengakses aplikasi maupun web dengan alasan halaman sedang dalam perbaikan Shopee.

Barang yang dijual telah dihapus saat terakhir diakses juga menjadi alasan mengapa sebuah laman web atau menu pada aplikasi tidak bisa diakses. Perbaikan fitur didalamnya oleh Shoppe sendiri juga membuat sobat tidak bisa mengakses beberapa menu dalam beberapa saat. Error atau kesalahan juga bisa terjadi karena bug aplikasi yang ada pada ponsel sobat. Tidak lupa sinyal juga bisa menjadi kambing hitam utama menu pada Shopee tidak dapat diakses. Bagaimanakah cara mengatasi masalah ini? Gookalian akan memberikan tipsnya untuk sobat.

Cara Mengatasi Shoppe Muncul Halaman Sedang Dalam Perbaikan

Melihat beberapa masalah diatas, beberapa solusi dibawah ini bisa diterapkan. Meskipun sebagian ada yang sederhana dan sedikit agak rumit. Sobat tetap bisa untuk melakukannya. Lakukan beberapa langkah solusi dibawah ini:

1. Menunggu Waktu Beberapa Saat

Sobat mungkin tidak sabar untuk membeli sebuah barang idaman atau kebutuhan di Shopee. Namun karena alasan server penuh, sobat harus menunggu beberapa saat sebelum mengakses aplikasi lagi. Mencari kesempatan agar banyak orang tidak mengakses Shoppe lagi, dan giliran sobat yang bisa masuk. Bisa menunggu beberapa saat hingga beberapa menit. Adapun saat server begitu penuh, sobat harus menunggu hingga beberapa jam sebelum bisa mengakses Shopee.

Baca Juga!  Cek Kesehatan Hard Disk

2. Pastikan Sinyal Baik

Penyebab sinyal yang kurang stabil dan buruk membuat Shoppe tidak memberikan respon pada ponsel sobat. Karena harus mengunduh data berupa informasi barang atau berbagai menu dalam aplikasi. Time Out atau jaringan terputus sehingga informasi dalam aplikasi tidak bisa diakses. Kesalahan jaringan ini bisa memunculkan tulisan halaman sedang dalam perbaikan. Cobalah untuk mengetahui apakah jaringan ponsel sobat saat ini cukup baik misalnya dengan membuka Youtube atau web lain. Jika ternyata server Shoppe yang sedang ngadat, lebih baik menunggu perbaikan dari sana.

3. Hapus Cache Dan Data Aplikasi

Langkah pertama yaitu menghapus Cache dahulu. Ini akan memperbaiki apakah ada kesalahan kecil dalam halaman yang dimuat yang tersimpan dalam memori ponsel khususnya pada aplikasi Shopee. Langkahnya:

  • Tutup aplikasi Shopee
  • Buka Pengaturan atau Setelan ponsel
  • Pilih menu manajerial aplikasi, yang menunjukkan semua aplikasi yang terpasang
  • Pilih Shoppe
  • Klik bagian hapus Cache/bersihkan Cache (sebagian ada dalam menu Penyimpanan)
  • Setelah itu coba buka aplikasi Shopee kembali dan akses halaman yang tidak bisa dibuka

Pada menu yang sama, terdapat pilihan untuk hapus semua data/ hapus data aplikasi untuk mengatasi halaman sedang dalam perbaikan Shopee. Lakukan hal ini pada aplikasi Shopee. Namun ada kekurangannya dimana sobat harus kembali memasukkan kata sandi dan email untuk masuk ke aplikasi. Hal ini menghapus seluruh data pada aplikasi untuk mengatasi error sistem yang lebih jauh. Menjadikan aplikasi seperti baru setelah instal dari Play Store.

Baca Juga!  Aplikasi Edit Video PC Ringan Terbaik 2020

4. Perbarui Aplikasi Shopee

Bukalah aplikasi Play Store yang ada pada ponsel android sobat. Selanjutnya klik bagian atasnya untuk melakukan pencarian. Ketikkan Shoppe, lakukan Perbarui/Update dan tunggu beberapa saat hingga selesai. Cara mengatasi halaman sedang dalam perbaikan Shopee tersebut adalah disebabkan server menolak akses data pada aplikasi yang sudah lawas/usang.

5. Pastikan Penyimpanan Ponsel Lega

Salah satu penyebab aplikasi tidak berjalan dengan lancar dan muncul tulisan halaman sedang dalam perbaikan adalah ketidakmampuan ponsel bekerja baik karena kekurangan memori. Jika muncul pemberitahuan memori hampir habis, penyimpanan hampir habis, tidak cukup ruang penyimpanan dan sejenisnya. Harus segera menghapus data tidak penting termasuk uninstal atau hapus aplikasi yang tidak digunakan lagi.

shopee error cara mengatasinya

Itulah beberapa solusi dalam mengatasi masalah halaman sedang dalam perbaikan Shoppe yang muncul. Sobat mungkin hanya perlu bersabar karena memang server penuh. Kalau memang barang sudah dihapus atau tidak dijual lagi, notifikasi mengenai halaman Shoppe yang sedang dalam perbaikan bisa muncul. Namun dalam beberapa saat akan berubah ke barang sudah tidak tersedia lagi.

Check Also

6 Wisata untuk Eksplor Bhutan 2

Penuh Panorama Indah, Ini 6 Wisata untuk Eksplor Bhutan!

Obligasi Pemerintah juga bisa menjadi pilihan tepat sebagai pendukung dana liburan. Ada banyak negara menarik …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *