Cara Aktifkan Aero Windows 7

Tampilan bening transparan hanya bisa sobat dapatkan dengan cara aktifkan Aero Windows 7. Meskipun versi Windows ini sudah tidak lagi mendapatkan dukungan dari Microsoft. Tapi tampilan Transparent Glass atau kaca bening dari Windows 7 tidak pernah mengecewakan. Banyak saat ini pengguna yang masih menggunakan Windows ini karena sangat ringan digunakan dan mungkin menjadi versi sistem operasi Microsoft terbaik di zamannya.

Seringkali ketika kita menggunakan Windows 7, tampilan pada layar kurang segar. Atau Transparant Glass tidak aktif sebagai salah satu fitur dari Aero. Fungsi mempercantik yang dimiliki oleh Aero ini membuat Windows 7 tetap legend atau terbaik dengan tampilan yang diberikan tidaklah ketinggalan zaman.

Untuk bisa mengaktifkannya minimal spesifikasi komputer atau laptop sobat setidaknya: processor 1 GHz, RAM 1 GB, dan VGA 128 MB. Spesifikasi kecil ini sudah bisa menjalankan Windows 7 dengan tampilan Aero-nya. Tidak lupa, hanya versi Windows 7 Home Premium dan lebih tinggi dari itu yang bisa mengaktifkan fitur Aero. Untuk Windows 7 Starter tidak bisa melakukannya. Tambahan lagi, Windows 7 harus diaktivasi dahulu agar bisa mengaktifkannya. Gookalian bagikan informasi mengenai cara aktifkan Aero Windows 7 dibawah ini.

Cara Aktifkan Aero Windows 7

Setidaknya ada beberapa langkah untuk bisa mengaktifkannya. Karena komponen tampilan transparan ini dipengaruhi oleh berbagai hal. Jadi perlu melakukan instalasi perangkat lunak tertentu kemudian mengubah setelan pada sistem. Berikut ini cara untuk mengaktifkan Aero Windows 7.

Baca Juga!  Cara Menghilangkan Status Online Di Whatsapp

1. Instal Driver VGA/Grafis

Salah satu syarat Windows Aero bisa diaktifkan yang paling utama adalah driver VGA atau tampilan. Biasanya komputer yang dilakukan instal ulang Windows 7, tidak bisa langsung mengaktifkannya. Instal driver VGA sesuai dengan spesifikasi pada komputer/ laptop. Langkah untuk instalnya yaitu:

  • Buka browser, klik pencarian: Driver VGA “diikuti tipe laptop sobat” Windows 7 (tambahkan versi 32 bit/64 bit yang sesuai)
  • Unduh Driver VGA kemudian lakukan instalasi driver jika berbentuk aplikasi EXE
  • Proses instalasi akhir biasanya akan mengaktifkan Windows Aero secara otomatis, sehingga setelah menghidupkan ulang taskbar jadi transparan

Kalau driver berbentuk file .SYS dan sejenisnya maka sobat perlu membuka aplikasi Device Manager. Cari menu tersebut lewat Start. Setelah itu klik untuk expand pada Display Adapters. Klik kanan – Update Driver – Browse My Computer – Browser dan masukkan folder berisi drive VGA tersebut – Next lalu proses instalasi driver akan dilakukan.

instal driver vga untuk aktifkan aero windows 7

Secara otomatis tampilan Aero Glass akan aktif jika komputer atau laptop sobat punya spesifikasi yang cukup. Terkadang driver VGA sudah terpasang namun Aero Glass tidak juga muncul. Hal ini memang sengaja dilakukan oleh sistem karena keterbatasan spesifikasi komputer. Jika RAM hanya 1 GB dan komputer menilai performa komputer kurang bagus, maka efek Aero ini akan dihilangkan. Jadi penting untuk diketahui bahwa Driver VGA mutlak wajib agar bisa memunculkan efek kaca transparan Windows 7.

Baca Juga!  Kekurangan City Car Dibalik Segala Kelebihannya

2. Mengaktifkan Visual Effect

Driver sudah, namun karena ada keterbatasan sistem di komputer. Efek visual untuk membuat kaca transparan menjadi dinonaktifkan. Kita perlu mengaktifkan terlebih dahulu melalui menu Visual Effects. Dengan langkah:

  • Klik Start, pilih menu Control Panel
  • Pilih System
  • Advanced System Settings di sebelah kiri
  • Klik Settings pada bagian Performance
  • Pastikan centang aktif untuk menu: Enable Desktop Composition, Enable Transparent Glass, Use Visual Styles On Windows And Buttons
  • Klik OK
aktifkan transparent glass windows 7

Jika driver VGA sudah terpasang dengan baik, maka langkah kedua ini akan memantapkan setelan untuk Aero. Karena jika tidak dicentang pada pilihan tersebut, pengaktifan tema dengan Transparent Glass tidak akan bisa dilakukan atau bakalan terjadi error.

3. Mengubah Warna Efek Kaca Transparan

Setelah beberapa langkah cara aktifkan Aero Windows 7 diatas, selanjutnya tinggal kita modifikasi tampilan kaca transparan pada Windows tersebut. Langkahnya cukup mudah:

  • Klik kanan di layar utama atau Desktop
  • Personalize
  • Klik Window Color
  • Centang Enable Transparency dulu
  • Klik pada warna kaca transparan yang ingin sobat pilih
  • Color Mixer untuk warna yang lebih bervariasi, Color Intensity untuk ketebalan warna
  • Jika sudah klik Save Changes
  • Warna Transparent Glass akan disesuaikan dengan keinginan sobat
cara membuat taskbar transparan windows 7

Langkah diatas bisa dilakukan secara berurutan untuk mendapatkan warna transparan dari Aero Windows 7. Jika ada satu komponen yang tidak ada seperti VGA Driver yang belum terpasang. Maka efek Aero tidak akan bisa diaktifkan. Jika sobat mengalami masalah, pada tutorial ketiga dibagian bawah Window Color akan ada Troubleshoot.

Baca Juga!  Cara Menggunakan Vpn Di Windows 10

Klik menu Troubleshoot Problems With Transparency And Other Aero Effects. Sistem akan menemukan masalah apa yang membuat sobat tidak bisa mengaktifkan efek Aero. Selanjutnya akan ada pesan dimana masalahnya, bisa driver, performa komputer, hingga belum mengaktifkan efek transparan. Namun Troubleshoot tidak akan muncul jika semuanya sudah dilakukan dari atas dengan memenuhi syarat, urutan langkah-langkahnya maka cara aktifkan Aero Windows 7 tidak ada masalah lagi.

Check Also

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement 1

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog Anda selain dari iklan biasa? Salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *