Pilih Samsung A53 Atau Samsung A52s 5G ?

Gookalian punya rekomendasi untuk memilih antara Samsung A53 atau Samsung A52s 5G. Karena keduanya bisa dibilang merupakan ponsel yang tergolong spesifikasinya beda tipis. Samsung Galaxy A53 rilis pada April tahun 2022, sedangkan A52s sudah lahir setengah tahun sebelumnya. Bukan tanpa alasan admin Gookalian memberikan perbandingan ini. Agar referensi sobat dalam membeli ponsel lebih luas, simak penjelasan di artikel ini.

Pilih Samsung A53 Atau Samsung A52s 5G ?

Secara umum Samsung A52s 5G sudah duluan rilis dan menjadikannya terkesan jadul jika dibandingkan dengan A53. Keduanya sama-sama mendukung jaringan 5G, koneksi cepat terbaru saat ini dan sudah UFS juga. Tapi ada detail yang perlu sobat perhatikan terkait poin apa saja yang menyebabkan sobat lebih memilih salah satu dari keduanya. Berikut hal yang menjadi pertimbangan tersebut:

Alasan Memilih Samsung Galaxy A53

Ponsel dan Chipset Lebih Baru

Hal ini berhubungan dengan poin ketahanan baterai dan komponen lainnya. Ponsel yang lebih baru lahir dari pabrikan otomatis bisa lebih bertahan lama. Daripada ponsel stok lama yang sudah mulai ada penurunan performa komponen. Galaxy A53 menggunakan chipset Exynos 1280 dengan fabrikasi 5 nm. A52s 5G fabrikasinya 5 nm, bisa dibilang lebih boros dalam penggunaannya.

Baca Juga!  Cara Menghilangkan Shortcut Di Komputer Karena Virus

Dukungan Software

Peluncuran Samsung Galaxy A53 membawa berita yang baik karena ponsel ini mendapatkan update software hingga 4 tahun Ditambah dengan patch keamanan sampai 5 tahun sejak perilisan. Ponsel ini bisa jadi pilihan untuk jangka panjang.

Dual SIM Ready

Memilih Samsung A53 atau Samsung A52s 5G terkait kartu SIM mungkin cukup membuat orang agak berpikir dua kali. A52s tidak mendukung 2 SIM melainkan Hybrid, harus rebutan tempat dengan kartu memori eksternal.

Baterai Dan Bluetooth

Samsung A53 memiliki baterai sebesar 5000 mAh dibandingkan kompetitor ini hanya 4500 mAh. Bisa menjadi poin lebih untuk ponsel Mid-Range Samsung tersebut. Untuk spesifikasi bluetooth, A53 menang mengusung versi paling baru yaitu v5.1 yang otomatis lebih kencang.

Alasan Memilih Samsung A52s 5G

Ada beberapa poin yang menyebabkan sobat memilih Samsung A53 atau Samsung A52s, namun pilihan lebih berat ke A52s. Karena spesifikasi yang diberikan ponsel yang lebih lawas bahkan lebih bagus atau powerfull daripada yang baru. Kok bisa seperti itu ya? Simak kelebihan Samsung Galaxy A52s 5G daripada generasi penerusnya tersebut:

Performa Lebih Bagus

Chipset Snapdragon 778 ditanam pada Samsung A52s lebih powerfull daripada Exynos 1280 milik A53. Skor antutu menjadi saksi pada review yang dilakukan para Youtuber. Perbedaanya lebih dari 20% (100 ribuan), padahal A53 lebih baru dan lebih kecil fabrikasinya. Namun untuk performa ternyata Exynos sepertinya kurang bagus. Mungkin disebabkan oleh pemberian batas performa pada ponsel supaya komponen lebih awet.

Baca Juga!  Kekurangan Android 11 Yang Harus Sobat Tahu

Tersedia Charger

Paket pembelian Samsung Galaxy A53 tidak menyertakan kotak pengisian daya. Harus menambah kocek lebih dalam sedikit. Berbeda dengan generasi yang lebih tua masih lengkap. Otomatis mending Galaxy A52s 5G karena tidak ribet membeli lagi.

Colokkan Jack 3,5 mm

Desain tipis Galaxy A53 mengorbankan colokkan jack headset. Ini mungkin sebagai kelemahan yang dikalahkan oleh Galaxy A52s. Karena Wireless Earbud atau headset tanpa harganya juga lumayan. Bagi sobat yang memiliki keterbatasan dana untuk aksesoris, mungkin Samsung Galaxy A52s 5G bisa jadi pilihan.

Baterai Tidak Beda Jauh

Perbandingan memilih Samsung A53 atau Samsung A52s 5G ada pada baterai. Telah disebutkan diatas, ada peningkatan jumlah baterai. Namun hal ini tidak beda jauh, meskipun baterai beda 500 mAh keduanya masih sama-sama irit setelah dites.

Harga Lebih Murah

Ada banyak pilihan RAM dan penyimpanan untuk Samsung Galaxy A52s 5G. Dari yang paling kecil hingga paling besar. Tentunya kalau sobat bisa membelinya, harganya bisa lebih pas dikantong. Belum lagi, karena rilis baru Galaxy A53, Galaxy A52s 5G jadi lebih murah mungkin perbedaannya hingga setengah juta.

Keunggulan Samsung Galaxy A53 dibandingkan dengan Samsung Galaxy A52s 5G tidaklah banyak. Sobat masih bisa membeli A52s 5G, direkomendasikan untuk segera beli supaya tidak kehabisan stok (yang masih segel). Membeli Samsung A52s 5G masih worth it. Harga lebih murah, namun lebih banyak poin yang sobat dapatkan seperti: performa, ada charger, dan jack headset. Terlepas si Galaxy A53 ini lebih baru, pilihan ada di tangan sobat.

Baca Juga!  Bagaimana Cara Mengexport Gambar CorelDraw

Check Also

Cara Membuat Tengkleng Daging Sapi 2

Cara Membuat Tengkleng Daging Sapi Empuk dan Lezat

Tengkleng merupakan salah satu masakan khas Indonesia yang menggunakan tulang dan daging sapi. Untuk membuat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *