Rabu , September 28 2022

Manfaat Teh Mentega Ala Himalaya

Minuman teh sangat beragam di seluruh dunia salah satunya adalah teh mentega. Apa manfaat teh mentega untuk kesehatan? Gookalian akan memberikan informasinya. Mungkin sebelum itu, sobat belum tahu apa itu teh mentega?

Teh mentega merupakan sajian layaknya kita ngeteh saat bersilaturahmi dengan keluarga atau tamu. Namun sudah menjadi sajian teh nasional disana, dikonsumsi sebagai pelepas dahaga dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan pada daerah ketinggian/pegunungan yang dingin. Minuman yang disajikan hangat panas ini merupakan bagian dari budaya orang Himalaya. Termasuk negara yang sebagian besar wilayahnya ada di pegunungan/dataran tinggi dengan rerumputan yang luas seperti Tibet, Nepal, Bhutan, India dan negara di Asia Tengah lainnya.

Sajian teh tersebut memiliki nama po cha. Dibuat dari campuran teh hitam, mentega Yak, dan garam membuatnya terasa seperti sop daripada teh. Mengapa disebut dengan teh mentega, karena ada mentega dari hewan.Mentega dihasilkan dari hewan Yak membuat minuman ini mengandung lemak. Susu hewan Yak diperah kemudian didiamkan selama semalam untuk difermentasi. Diaduk kemudian dimasukkan dalam kantung lambung domba untuk dikocok-kocok hingga menghasilkan mentega. Dapat bertahan selama setahun saat disimpan pada lambung domba.

Dari penjelasan singkat tentang teh mentega tersebut, kita sudah bisa melihat kandungan yang dimilikinya. Sehingga tentunya bisa memperkirakan kandungan tersebut dapat bermanfaat untuk tubuh. Apa sajakah itu? Gookalian akan mengulasnya untuk sobat.

Manfaat Teh Mentega Bagi Kesehatan

Secara umum jika kita melihat manfaat teh mentega dari paparan sebelumnya, yaitu mampu menghangatkan tubuh. Pada suhu pegunungan yang dingin dibutuhkan lebih banyak asupan makanan yang bertahan lama dalam tubuh termasuk lama dalam penyimpanannya. Beberapa manfaat lain diantaranya yaitu:

Baca Juga!  Kebiasaan Yang Bisa Merusak Gigi

Meningkatkan Energi

Campuran antara teh dan garam pada teh mentega membuatnya kaya akan kafein. Zat yang sering membuat kita tidak mengantuk. Kandungan ini juga berguna untuk meningkatkan konsentrasi dalam pekerjaan. Teh mentega bermanfaat untuk meningkatkan energi dengan membantu tubuh bisa bekerja untuk waktu lebih lama dan kondisi dingin ekstrim. Lemak dan teh akan membuat hari-hari sobat lebih bertenaga tanpa merasakan letih.

Mencegah Pengurangan Fungsi Otak

Rahasia hidup lama hingga tua orang-orang Tibet salah satunya mungkin dari tradisi mengkonsumsi teh mentega. Antioksidan pada teh hitam tradisional dibuat di wilayah Pemagul dengan nama Pu-erh termasuk tinggi. Bermanfaat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Dengan mengkonsumsinya, kita bisa mencegah demensia lebih jauh. Antioksidan mencegah plak dan deposisi beta-amiloid pada otak yang dapat mengakibatkan memori, konsentrasi, dan fokus terganggu.

Penahan Nafsu Makan

Istilahnya adalah Appetite Suppressant cocok untuk sobat yang ingin menurunkan berat badan. Manfaat teh mentega adalah pada kinerja kafein untuk tubuh, meningkatkatkan metabolisme namun tidak memicu rasa lapar. Kandungan lemak pada mentega susu Yak membuat tubuh terasa kenyang lebih lama. Sehingga ini bisa mengurangi perasaan ingin ngemil dan makanan lainnya penyebab meningkatnya berat badan.

Membantu Pencernaan

Teh diketahui sebagai salah satu bahan yang mengurangi asam lambung pada kejadian penyakit Acid Reflux maupun kondisi tidak nyaman lainnya. Kandungan lain dapat menstimulasi metabolisme pada pencernaan menjadi lebih cepat dan efisien. Pencernaan akan menyerap lebih banyak nutrisi dari setiap makanan yang dikonsumsi.

Pelembab Kulit

Pada kondisi asal dikembangkan teh ini, angin dan suhu dingin sangat mudah membuat bibir dan kulit mengering. Manfaat teh mentega tambahan adalah untuk melembabkan bibir dan kulit.

Baca Juga!  8 Kebiasaan Alami Tingkatkan Kesehatan Mental

Meningkatkan Imunitas

Antioksidan berupa catechin dan jenis lain terkandung dalam teh mentega dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Merespon lebih baik pada radikal bebas yang dapat menyebabkan inflamasi, stres oksidatif dan penyakit kronis lainnya.

Mencegah Diabetes

Dalam beberapa penelitian, kandungan linoleic acid pada teh mentega memiliki properti pencegah diabetes. Membantu menormalkan fluktuasi yang terjadi pada penderitanya dan mengurangi dampak resiko untuk mereka yang sedang berada pada kondisi keparahan penyakit atau menuju diabetes.

Beberapa khasiat atau manfaat teh mentega tentunya akan sangat baik jika dikonsumsi sesuai dengan kondisi lingkungan disana dan tidak terlalu banyak. Mungkin saja tidak cocok untuk wilayah tropis dimana suhu lebih panas. Perpaduan manfaat teh tersebut akan baik jika bersama wilayah yang terkenal dingin di pegunungan himalaya. Mungkin sobat bisa mengkonsumsinya jika memang punya tempat tinggal di dataran tinggi nan dingin.

Check Also

Cara Agar Tidak BAB Di Pagi Hari

Cara Agar Tidak BAB Di Pagi Hari

Cara agar tidak BAB di pagi hari sebenarnya akan sulit untuk sobat lakukan, karena hal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.