Bahaya Terlalu Banyak Makan Fried Chicken

Terlalu Banyak Makan Fried Chicken

Apakah sobat pernah terlalu banyak makan Fried Chicken ? Sebuah makanan yang memang cukup populer di kalangan kita. Menu yang sebenarnya simpel ini hadir di semua lini ekonomi negara kita. Untuk kelas bawah, banyak yang berjualan ayam dengan tepung krispi gurih di pinggir-pinggir jalan. Mereka yang kelasnya menengah keatas menikmati hidangan ini didalam ruangan sejuk ber-AC seperti di MCDonald atau KFC.

Makanan ini memang enak, meskipun cuma ayam yang dibalut tepung. Lantas membuatnya lebih praktis untuk dikonsumsi. Namun jika terlalu banyak dikonsumsi juga tidak baik untuk tubuh karena beberapa alasan dibawah ini oleh Gookalian.

Bahaya Terlalu Banyak Makan Fried Chicken

Trend makanan cepat saji ini menyelimuti hampir seluruh dunia. Di Indonesia sendiri sekitar tahun 2007 ada Ayam Penyet yang menggunakan Fried Chicken atau ayam tepung kemudian disajikan dengan sambal (cabai). Varietas makanan ini cukup beragam, dari mulai ayam tepung biasa hingga berbalut saus yang bisa kita temukan dari kaki lima hingga Mall bintang lima.

Namun terdapat efek tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi setiap hari terutama pada kandungan kolesterolnya yang menyebabkan penimbunan lemak dalam tubuh.

Mempengaruhi Sense Saat Makan

Melahap ayam goreng tepung kriuk ini memberikan pengalaman sensoris yang luar biasa. Menurut Sameer Chablani sebagai Chef pada salah satu KFC di Singapura. Sebelum masuk ke Outlet, tercium bau ayam goreng dan juga suara ketika orang-orang memakannya. Bahkan sebelum sobat merasakan rasa asli, sudah bisa membayangkan sensasinya lewat aroma dan suara yang dibuat.

Berbagai strategi pada rasa spesial yang disajikan membuat orang ketagihan. Ditambah lagi trend “Mukbang” membuat banyak orang mengkonsumsinya dalam jumlah yang besar. Saat berinteraksi dengan orang lain ketika online membuatnya memiliki sensasi yang berbeda. Suara mengunyah makanan, menggilas tepung crispy yang menggugah selera ikut andil dalam mereka banyak makan daging ayam ini.

Minyak yang cukup banyak pada fried chicken membuat mereka yang terlalu banyak makan akan merasa lelah. Sejalan dengan jumlah kolesterol yang meningkat 5-6 persen dua minggu selama memakannya.

Kolesterol jahat dapat menyumbat pembuluh darah jantung dan meningkatkan resiko serangan jantung. Bahkan bisa sampai stroke apabila aliran darah terganggu pada otak. Serangan jantung dini bisa terjadi jika mengkonsumsinya dalam jangka satu bulan atau lebih lama.

Karena mengkonsumsi ayam bertepung ini setiap hari adalah ukuran yang terlalu banyak. Apalagi jika tidak diimbangi nutrisi atau makanan lain seperti sayuran dan buah.

Meningkatkan Kadar Sodium Akibat Terlalu Banyak Makan Fried Chicken

Salah satu bahan yang membuat fried chicken enak adalah MSG atau Monosodium Glutamate sebagai penyedap rasa ditambah lemak dan garam sodium. Kandungan tersebut akan lebih banyak lagi jika ditemani kentang goreng dan sausnya. Sehingga akan melebihi asupan sodium harian tubuh membuatnya tidak sehat. Terlalu tinggi akan mempermudah tekanan darah tinggi, serangan jantung dan stroke. Sobat perlu menurunkan kadar sodium dalam darah agar hal tersebut tidak terjadi.

Cukup Mahal Untuk Membuatnya Sehat

Di negara berkembang, akan cukup mahal untuk membuat fried chicken yang lebih sehat. Misalnya pada suhu 160-190 derajat karena daging ayam akan lebih banyak menyerap minyak di suhu lebih rendah. Adonan yang lebih tipis juga menyerap minyak lebih sedikit.

Selain itu, untuk membuat ayam goreng krispi yang lebih sehat dengan garam lebih sedikit, tambahan sayur, dan rasa membutuhkan dana tambahan gak sedikit juga. Memasak dengan air fryer (penggorengan udara) adalah jalan untuk membuatnya cukup sehat. Tapi harga akan bertambah sekitar dua kali lipat dari biasanya karena proses.

Air fryer juga tidak dapat memasak dalam skala besar sekaligus. Hanya 3-4 potong daging dalam waktu 15-20 menit dan tidak bisa lebih banyak. Itulah pengalaman dari mereka yang bekerja pada restoran cepat saji ayam goreng.

Banyak dari pelanggan yang sangat ingin resep yang sehat tersebut. Dari keseluruhan yang mau, mungkin hanya 30% mampu membayarnya.

Pada akhirnya terlalu banyak konsumsi ayam goreng bertepung ini kurang menyehatkan. Adapun berbagai jalan ditempuh untuk mencapai hidangan yang lebih sehat. Namun merogoh kocek lebih dalam dari biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *