Cara Agar Usaha Laundry Ramai (Sebuah Trik Rahasia)

Contoh Proposal Usaha Laundry

Laundry merupakan jenis usaha yang bergerak di bidang jasa dimana mereka memberikan pelayanan berupa mencuci pakaian kotor menjadi bersih, rapi, dan harum.

Usaha ini populer di daerah perkotaan yang mayoritas penduduknya memiliki mobilitas tinggi baik yang bekerja maupun kuliah. Namun, kian hari persaingan bisnis ini semakin ketat. Agar mampu bertahan coba deh ikuti cara agar usaha laundry ramai berikut ini.

pexels mali maeder 102303

Cara Agar Usaha Laundry Ramai

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya usaha laundry kamu eksis dan banjir pelanggan. Penasaran apa saja? Yuk simak artikel ini sampai habis. No skip-skip ya say :-*

Menentukan Target dan Lokasi

Target pasar laundry yang paling laris biasanya berada di lingkungan kos-kosan karyawan perusahaan atau buruh pabrik. Kerja lembur tiap hari dari pagi sampai malam membuat mereka malas untuk mencuci dan lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry. 

Lokasi paling tepat untuk target satu ini adalah di lingkungan kos-kosan, kamu bisa membuka kios di depan gang atau di tengah pemukiman. Jika tidak memiliki lahan kamu bisa menyewa nya cari tempat sewa yang paling murah namun dapat terlihat dari jalan dan mudah dijangkau. 

Target pasar kedua adalah anak kuliahan yang ngekos. Bukan rahasia lagi jika mahasiswa lebih senang laundry daripada nyuci sendiri karena dinilai lebih praktis. Tempat yang tepat untuk membuka bisnis ini adalah yang paling dekat dengan kampus atau area kos-kosan mahasiswa.

Baca juga: nama toko yang bagus untuk usaha laundry

Promosi dan Iklan 

Jika usaha kamu masih baru perlu mengenalkan bisnis kamu kepada masyarakat. Caranya adalah dengan memasang spanduk, menyebarkan brosur, membuat iklan di medsos seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram atau membagikan info laundry di grup chatting yang kamu miliki. 

Promosi sangat penting untuk menarik minat pelanggan. Beberapa tips promosi yang bisa kamu terapkan diantaranya : 

  1. Gratis antar jemput max 5 km
  2. Tukarkan 5 kupon laundry dengan free 5 kg pakaian kotor 
  3. Hot promo cuci kering setrika min 5 kg cuma Rp 10.000 dari Rp 18.000
  4. Khusus yang ulang tahun bulan Agustus gratis cuci kering 3x. Syarat dan ketentuan berlaku

Cari Informasi tentang Kompetitor 

Cara agar usaha laundry ramai dan dapat bersaing dengan kompetitor adalah dengan mencari informasi tentang kelebihan dan kekurangan pesaing kamu. Gali informasi sebanyak banyaknya dan lakukan evaluasi berkala supaya usaha laundry kamu dapat berkembang.

Jangan lupa untuk meminta kritik dan saran dari konsumen supaya kamu mengetahui kekurangan dari bisnis kamu. Informasi yang bisa kamu gali diantaranya: 

  1. Teknik mencuci yang diterapkan 
  2. Mesin yang digunakan 
  3. Metode pengeringan pakaian 
  4. Harga yang ditetapkan 
  5. Promosi yang diberikan kepada pelanggan 
  6. Estimasi waktu dari pakaian kotor sampai siap diambil pelanggan 
  7. Jam buka 
  8. Kualitas pelayanan kepada pelanggan dan lain-lain

Pasang Harga Ekonomis 

Cara agar usaha laundry ramai tentu saja menentukan harga.  Salah satu daya tarik dari usaha adalah harga yang murah meriah namun berkualitas. Sebelum menentukan harga hitung dulu biaya operasional serta gaji karyawan jika punya.

Setelah itu, bandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh pesaing kamu. Kamu bisa memasang harga yang sama atau memberikan selisih. Tidak perlu terlalu banyak selisih sedikit saja sudah bisa menarik perhatian konsumen. 

Contoh : 

Laundry reguler 3 hari jadi 

  1. Cuci kering Rp 2.500 per kg 
  2. Cuci kering + setrika Rp 3.000 per kg 
  3. Setrika Rp 2.000 per kg 

Laundry kilat 1 hari jadi + 1.500 per item 

pexels rodnae productions 5591581

Berikan Pelayanan yang Baik dan Maksimal 

Selain dari segi harga pelayanan juga merupakan poin penilaian dari pelanggan. Berikan layanan yang terbaik diantaranya : 

  1. Berikan layanan yang bermutu senyum sapa pelanggan dengan ramah 
  2. Gunakan deterjen cair khusus untuk laundry 
  3. Pastikan pakaian yang pelanggan dicuci dengan teknik yang benar 
  4. Pisahkan pakaian berwarna dengan pakaian putih 
  5. Ketika menjemur pakaian balik baju supaya warna tidak luntur akibat terkena panas matahari 
  6. Gunakan parfum khusus laundry 
  7. Lipat pakaian yang sudah kering dengan rapi 
  8. Seleksi karyawan yang rajin jujur dan sopan dalam perilaku maupun tutur kata 
  9. Hati-hati dengan pakaian pelanggan jangan sampai ada pakaian yang rusak karena hal itu bisa menurunkan citra bisnis kamu 

Itulah tadi beberapa cara agar usaha laundry ramai. Mau informasi seputar bisnis lainnya? Coba deh berkunjung ke website https://wongcerdas.com yang lengkap membahas tentang bisnis dan teknologi terkini.

Selamat mencoba semoga bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan. Tetap semangat dalam menjalankan bisnis dan terus konsisten melayani pelanggan. Sekian dan terima kasih. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *