Rabu , September 28 2022

Tanda Bahwa Outsourcing Lebih Efektif Dalam Bisnis

Apakah sobat pernah melihat tanda bahwa outsourcing lebih efektif dalam bisnis, daripada tetap mengerjakan sendiri di internal? Kelihatannya melakukan outsourcing itu membutuhkan biaya yang mahal untuk bisnis yang sedang dijalankan sekarang. Tapi jika melihat tanda yang tepat, cara tersebut akan membawa kesuksesan bisnis sobat. Benarkah? Berikut informasinya dari Gookalian yang dilansir dari Entrepreneur.com(.)

Alasan Mengapa Outsourcing Lebih Efektif Dalam Bisnis

Apapun formula bisnis untuk mencapai kesuksesan, ketika sobat menjalankan bisnis pasti akan menemui berbagai tanggungjawab yang tidak biasa. Salah satu rahasia kesuksesan bisnis bisa diraih adalah melakukan outsourcing.

Outsourcing dalam bisnis adalah praktek bisnis yang menyewa anggota atau orang lain diluar perusahaan untuk mengerjakan sesuatu. Seperti mengalihkan sebuah tugas ke pihak lain atau pihak ketiga. Misalnya bisnis baju, outsourcing kain dari tempat lain bukan di pabrik sendiri.

Model bisnis dengan menggunakan tangan kanan membantu proses produksi. Berikut ini keuntungan terbesar menerapkan hal tersebut dalam bisnis.

Keuntungan Outsourcing

Outsourcing yang dimaksud disini adalah mengalihdayakan bagian dari bisnis milik sobat. Hal ini mungkin terasa berat karena akan menambah pekerjaan dan juga biaya. Terutama ketika baru menggunakan metode ini. Sobat mungkin harus meluangkan waktu untuk menjelaskan produk, visi, misi dan tujuan bisnis/perusahaan ke orang lain.

Meskipun kekurangannya terlihat, namun ada kelebihan yang akan didapatkan melalui mengalihdayakan bisnis:

  • Hemat Waktu: Outsourcing akan membuat sobat lebih fokus pada area lain dalam bisnis. Misalnya untuk lebih meningkatkan brand atau personalitas bisnis sobat sendiri.
  • Mengurai Kesulitan: Sobat dapat mengurangi kerumitan organisasi dalam perusahaan. Karena harus ada ahli pada bidang atau bagian tertentu. Akan lebih mudah, jika ada pihak diluar yang membantu berjalannya bisnis. Termasuk didalamnya akan mengurangi biaya jumlah karyawan, gaji, pelatihan, strategi dan lainnya dalam manajemen.
  • Menyerahkan Pada Ahlinya: Sama seperti dalam pemanfaatan jasa Live Streaming untuk pemasaran produk. Memanfaatkan kekuatan pihak lain dengan mempelajari cara kerja mereka dan pengetahuan yang mereka miliki. Sobat tidak harus menjadi ahli dalam setiap bidang dalam perusahaan atau bisnis.
  • Hemat Biaya: Disisi lain, mengurangi kesalahan dalam tim dengan menggunakan bantuan pihak lain akan berakhir pada biaya yang harus dibayar. Tidak perlu membayar biaya dari kesalahan dalam tim.
Baca Juga!  Perbedaan Trading Forex Dan Binary Options

Meskipun outsourcing lebih efektif dalam bisnis lewat keuntungan yang ditunjukkan. Bukan berarti hal ini adalah jawaban atas semua masalah. Hanya sebuah cara atau alat bernilai yang bisa digunakan oleh entrepreneur dalam membangun bisnis menjadi lebih besar.

Tanda-Tanda Outsourcing Lebih Efektif Dalam Bisnis

Dilihat dari keuntungan yang didapat, namun outsourcing masih bisa menjadi bumerang terhadap biaya yang dikeluarkan. Cara ini bisa saja tidak efektif jika sobat memulai aktivitas yang salah atau memilih partner pihak ketiga. Biaya bisa jadi sangat mahal akibat tidak efektif.

Jadi apa saja tanda yang menjadi alarm kapan kita harus menggunakan bantuan orang lain dalam hal ini outsourcing? Berikut beberapa faktanya:

Tidak Ada Waktu Untuk Menyusun Strategi

Merancang strategi bagi entrepreneur, setidaknya separuh waktu mereka habiskan untuk bekerja dan gaji mereka tidak mencukupi. Dengan menggunakan outsourcing, mereka yakin 70% gaji dibayar tepat waktu. Dalam satu bulan, hanya membutuhkan waktu kurang dari 1 jam untuk pembayaran gaji karyawan. Hal ini juga harus sobat ketahui, beberapa tanda harus menggunakan pihak ketiga. Jika ada pekerjaan yang sangat menyita waktu atau membutuhkan waktu banyak seperti mengurus administrasi. Sobat butuh tenaga outsourcing dalam kasus-kasus tersebut.

Perusahaan Sedang Berkembang

Ketika perusahaan telah naik daik, pasti ada transisi ke level selanjutnya. Pertumbuhan secara berlipat dan cepat akan dirasakan. Hal ini bisa jadi menyenangkan maupun sebaliknya, menjengkelkan. Saat perusahaan tumbuh dengan cepat, sobat bisa saja merasa stres dan ditekan dari berbagai arah. Ini merupakan tanda merah sobat harus segera memanfaatkan outsourcing.

Semakin besar perusahaan, problematika juga sebanding. Akan dibutuhkan lebih banyak daya untuk manajerialnya. Contohnya strategi marketing akar rumput berfungsi dengan baik saat masih 1 kantor. Namun hal ini akan menjadi sulit saat punya banyak lokasi kantor. Sobat akan butuh bantuan IT, karena harus menghandle banyak orang. Untuk itu dibutuhkan tenaga dari luar untuk membantu perusahaan.

Baca Juga!  Kesalahan Dalam Bayar Pajak Uang Kripto Harus Dihindari

Tidak Fokus Dalam Satu Aktivitas

Salah satu fungsi pekerjaan adalah spesialisasi atau fokus. Sobat mungkin tidak bisa fokus dalam berbagai hal dalam perusahaan. Karena membutuhkan berbagai daya maupun skil. Jika ada bagian dalam bisnis dimana sobat sangat newbie atau tidak berpengalaman, maka outsourcing diperlukan. Terlalu banyak aktivitas dalam hal ini kesibukan dalam bidang sendiri juga membuat pihak ketiga dibutuhkan.

Menurut Small Business Administration, setidaknya perusahaan membutuhkan kandidat outsourcing utama. Seperti akuntan, marketing, manajemen IT merupakan hal yang penting dalam bisnis jaman sekarang. Jika sobat terlalu sibuk dengan berbagai hal yang tidak bersifat industrial. Berarti sudah saatnya membutuhkan tanggung jawab pihak lain.

Ini akan berfungsi baik untuk bisnis sobat. Dengan melihat secara mendalam bagian dalam bisnis mana yang membutuhkan pihak lain. Sehingga bisa memanfaatkan outsourcing demi kemajuan perusahaan.

Check Also

Kelemahan Usaha Toko Bangunan

Kelemahan Usaha Toko Bangunan Tips Mengatasi

Gookalian akan membahas kelemahan usaha toko bangunan serta beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.