Sunday , August 1 2021

Cara Mudah Mengurangi Konsumsi Gula

Gookalian ada tips nih untuk cara mudah mengurangi konsumsi gula. Karena perlu sobat ketahui, bahwa tidak melulu gula pasir yang sering kita tambahkan pada teh atau kopi. Kita juga perlu menghitung semua jenis makanan mengandung gula dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa cara biar sobat bisa menghemat gula untuk kesehatan yang lebih baik.

Cara Mudah Mengurangi Konsumsi Gula

Menurut Alodokter, jumlah gula untuk satu hari bagi dewasa adalah tidak lebih dari 30 gram (7 sendok teh) dan anak-anak 6 sendok teh. Tentunya untuk menghindari penyakit kronis akibat kelebihan gula dalam tubuh seperti obesitas atau diabetes. Perlu diingat ya hal tersebut, dan beberapa tips dibawah ini.

1. Hindari Membeli Makanan Dan Minuman Berpemanis Buatan

Selain menghemat pengeluaran, seringkali makananan dan minuman manis ini hanya melegakan hasrat terhadap rasa saja. Sobat perlu tahu bahwa makanan dengan pemanis buatan punya kadar gula yang tinggi. Apalagi dengan gula yang diproses dapat menyebabkan penyakit jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama.

2. Mulai Mengurangi Sendok Demi Sendok Gula

Konsumsi teh atau kopi tanpa gula sebenarnya bisa kok. Ini hanya perlu latihan saja. Sobat bisa mulai mengurangi takaran gula yang masuk dalam cangkir. Gak perlu buru-buru, bisa dimulai dengan mengurangi seperempatnya dalam jangka waktu beberapa hari. Biar gak kaget juga.
Karena kalau terlalu sering minum yang manis akan merubah persepsi terhadap makanan dan minuman. Kalau tidak yang manis kurang segar dan kurang lepas dahaganya. Untuk terapinya perlu pelan-pelan sehingga nantinya akan terbiasa minum atau makan yang bahkan tawar atau tidak manis sama sekali.

3. Cara Mudah Mengurangi Konsumsi Gula Dengan Hindari Saus

Saus tomat, barbeque dan pedas manis memang bahan makanan penyedap yang sering ada di dapur kita. Padahal kandungan gula pada saus dan kecap cukup tinggi tidak diketahui banyak orang. Sebut saja satu sendok kecap (15 gram) mengandung bahan gula sampai 1 sendok teh. Ini kalau dikonsumsi berlebih bisa menambah jumlah gula asupan dalam satu hari.

4. Baca Label Makanan

Seharusnya kita lebih jeli dengan informasi nilai gizi yang ada di label makanan. Hal ini menghindari jenis makanan kemasan yang punya kelebihan kandungan tertentu. Seperti pada kecap dan saus, perlu diperhatikan sajian berapa banyak yang cukup untuk kita.

Kandungan gula dalam sebuah produk bisa dengan mudah dilihat dengan nama karbohidrat. Karena zat ini akan langsung diproses menjadi gula yang mudah diserap oleh tubuh. Namun tidak jarang juga, kandungan gula dicantumkan pada kemasan.

Tiap sajian perlu diperhatikan, apakah memenuhi berapa persen dari kebutuhan harian kita. Jangan lupa dibandingkan dengan jumlah makanan yang telah kita konsumsi dalam sehari. Dengan mengurangi produk dalam kemasan yang mengandung gula tinggi, maka secara langsung juga mengurangi asupan gula dalam tubuh tiap harinya.

5. Mengganti Nasi Atau Mengurangi Porsi

Menurut Hellosehat, nasi putih memiliki indeks glikemik yang tinggi sehingga berhubungan dengan gula dalam darah cepat naik. Jika sehari 3 kali makan nasi satu piring, sobat bisa mengurangi menjadi 2 – 1,5 piring setiap harinya. Dan mengganti rasa kurang kenyang akibat tidak makan nasi dengan sayuran dan buah yang sehat.

Bisa juga dengan beralih ke beras merah yang kaya akan sumber antioksidan. Jangan takut untuk merasa lebih cepat lapar karena mengganti sumber makanan selain nasi. Ini hanya butuh kebiasaan. Karena terlalu banyak tidak akan baik untuk kesehatan tubuh.

Dan berbagai tips lainnya yang bisa langsung kamu terapkan dengan mudah dalam mengurangi jumlah gula dalam kehidupan sehari-hari:

Hindari makanan penutup yang sangat manis
Memasak sendiri makanan dirumah tanpa gula buatan
Hindari makanan yang dikemas dengan sirup atau gula dalam komposisinya
Berhati-hati dengan snack sehat dengan tetap baca informasi nilai gizi
Sarapan rendah gula (teh atau kopi tawar)
Makan lebih banyak protein dan lemak (sehat) ketimbang gula
Gunakan gula alami (bukan pemanis buatan)
Makan sesuai jadwal yang tepat jika lapar, jangan jajan
Tidur dengan cukup

Check Also

Gangguan pencernaan picu berat badan berlebih

Gangguan Pencernaan Picu Berat Badan Berlebih

Gangguan pencernaan picu berat badan berlebih adalah hal yang dapat terjadi. Kita pasti sudah tahu …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *