Cara Membuat Hand Sanitizer Alkohol 70

Cara Membuat Hand Sanitizer Alkohol 70

Sobat perlu tahu beberapa cara membuat Hand Sanitizer Alkohol 70. Akan cukup berguna untuk keluarga maupun diri kita sendiri untuk menjaga kebersihan.

Apalagi di waktu merebaknya virus yang mendunia dewasa ini. Berbagai hal dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulanginya. Kita sebagai warga yang baik perlu membantu semua pihak untuk menyelesaikannya.

Dengan menerapkan berbagai aturan berhubungan dengan kesehatan jika dilakukan serentak pada banyak orang, maka sudah pasti akan berdampak. Salah satunya dengan menjaga keluarga dan sobat sendiri dengan membuat cairan Hand Sanitizer berbasis Alkohol 70 persen.

Alkohol sebagai salah satu sumber yang dapat membunuh berbagai kuman dalam kesehatan digunakan secara luas. Karena efektif melawan bakteri infeksius sering ada di tempat pelayanan kesehatan.

Dilansir dari healthline, selain fungsi alkohol yang dapat membunuh kuman dapat juga menghancurkan bentuk virus jika digunakan secara tepat. Meskipun lebih efektif menggunakan sabun, namun pilihan menggunakan Alkohol dapat juga sobat gunakan.

Cara Membuat Hand Sanitizer Alkohol 70

Mendapatkan Alkohol 70 Persen

Secara umum, sobat bisa membeli cairan pembersih (tangan) ini di toko kesehatan atau apotek seperti Kimia Farma maupun toko bahan kimia. Bisa langsung membeli dengan konsentrasi 70 persen. Alkohol dengan kepekatan ini sebenarnya langsung bisa sobat gunakan menjadi pembersih.

Karena di beberapa tempat instansi kesehatan, penggunaan Alkohol 70 persen sebagai pembersih tangan sering digunakan. Dengan menggunakan secara langsung, dapat menghemat waktu sobat tanpa perlu melakukan pengenceran atau membeli tambahan bahan.

Mendapat Alkohol Dari Proses Pengenceran

Cairan dengan konsentrasi 70 persen bisa sobat dapatkan juga dengan proses pengenceran atau penambahan bahan tertentu. Sobat perlu dahulu membeli Alkohol dengan konsentrasi yang lebih tinggi, misalnya 90-95 persen dari toko yang sama di atas.

Proses pengencerannya adalah kita perlu mengetahui terlebih dahulu volume konsentrasi misalnya Alkohol 95 persen. Untuk kemudian dijadikan 70 persen. Sobat bisa menggunakan air bersih (air rebusan) atau kalau bisa air Aquades (air hasil sulingan yang dapat dibeli di toko yang sama).

Misal kita ingin membuat 1 liter Alkohol 70 dari 95 persen. Berarti didapat 70% x 1000 ml = 700 ml alkohol yang ingin didapatkan.

  • Sobat butuh 700 ml Alkohol 95 persen. 700 ml : 95% = +- 737 ml volume larutan.
  • Sehingga membutuhkan volume air = 1000 ml – volume alkohol 95%. 1000 ml – 737 ml. Sehingga membutuhkan volume air sebanyak 263 ml.
  • Dapat disimpulkan secara mudah, untuk membuat cairan Alkohol 70 persen dari 95 persen. Yaitu dengan mengencerkan 3/4 liter Alkohol 95 persen dengan 1/4 liter air.

Bisa juga cara membuat Hand Sanitizer Alkohol 70 dari 1 liter alkohol 95 persen. Dengan menambah 391 ml air (+- 400 ml air) sehingga dengan 1 liter 95 persen, bisa menjadi 1.391 ml Alkohol 70 persen (+- 1,4 liter).

Melakukan pengenceran dengan air, sobat bisa mendapatkan hasil Hand Sanitizer yang lebih banyak. Hasilnya bisa ditempatkan pada wadah seperti semprotan atau botol yang akan mengeluarkan cairan jika ditekan.

Persediaan Alkohol yang cukup memberikan kebersihan tangan keluarga. Setiap anggota keluarga bisa dibekali dengan wadah semprotan kecil untuk membersihkan tangan setiap waktu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *