Sobat Perlu Tahu Untuk Melakukan Diet Pegan

Gookalian katakan bahwa melakukan diet pegan itu cukup mudah sih. Secara umum diet pegan adalah gabungan dari asupan makan paleo dan vegan. Paleo memakan lemak hewani sedangkan vegan hanya mengkonsumsi dari tumbuhan. Tujuan dari diet ini adalah menyeimbangkan kandungan gula dalam darah, dan mengurangi inflamasi pada tubuh untuk kesehatan yang optimal.

Diet pegan adalah mengkonsumsi sayur dan buah dengan digabungkan sebagian kecil hingga separuh asupan daging, ikan, dan lemak hewani lainnya yang diperbolehkan. Menurut beberapa sumber, setidaknya asupan sayur dan daging persentasenya 75:25 atau 70:30 sesuai dengan keinginan.

Ditambah lagi untuk pemanis buatan, minyak dan gandum boleh dikonsumsi dengan jumlah yang kecil. Jenis diet pegan ini dirancang untuk dilakukan dalam jangka waktu yang lama dan sobat bisa melakukannya tanpa batasan waktu. Berikut ini informasi mengapa diet pegan cukup mudah dilakukan.

Hal-Hal Terkait Melakukan Diet Pegan

Prinsipnya gabungan antara diet sayur buah dan asupan daging yang bisa diikuti selama mungkin. Menurut Healthline, skor kesehatan untuk jenis diet ini mencapai angka 3,5 (dari total 5). Sehingga sobat bisa mendapatkan potensi keuntungan untuk kesehatan tubuh.

Jenis Makanan Untuk Dikonsumsi

Memakan Banyak Dari Tumbuhan

Secara umum pegan akan makan dari semua jenis makanan khususnya tanpa pemrosesan yang panjang sebelum dihidangkan di piring. Memakan sebagian besar asupan dari tumbuhan berupa sayur dan buah hingga 75% dari keseluruhan yang dimakan. Untuk jenis buah dan sayur ini adalah kandungan gulanya rendah sehingga meminimalkan gula dalam darah. Jika sudah mencapai kondisi yang bagus, tetap diperbolekan memakan buah yang manis.

Protein Dari Sumber Yang Baik

Meskipun sebagian besar pegan adalah memakan dari tumbuhan, kan masih ada persentase memakan dari hewani. Dalam hal ini makanan berprotein dari hewan yang masih cenderung alami. Seperti telur atau daging ayam dari peternakan konvensional yang tidak menggunakan banyak obat dan rekayasa genetika.

Ambil saja 25% mengkonsumsi ayam jawa (bukan potong/pedaging) atau daging sapi dengan pengembang biakan alami tanpa suntikan. Untuk protein dari ikan, mengambil dari sumber ikan liar atau yang memiliki kandungan merkuri 0 (atau sangat rendah).

Lemak Tanpa Pemrosesan

Diambil dari kacang-kacangan seperti kacang tanah, hazelnut, walnut dan sejenisnya. Biji-bijian bisa juga dikonsumsi kecuali yang dijadikan minyak. Dari sumber alpukat, kelapa, minyak kelapa yang bukan dari pemrosesan. Omega 3 dapat dikonsumsi dari ikan segar rendah kandungan metal.

Beras Dan Gandum Boleh Dikonsumsi

Beras yang dikonsumsi untuk diet pegan adalah organik yang tidak ditumbuhkan dengan pestisida. Akan lebih baik jika mengkonsumsi beras merah/hitam atau oats. Boleh konsumsi buncis, kacang hitam dan sejenisnya. Kuncinya ada pada jumlah gula dalam darah. Apabila sedang tinggi tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat itu.

Jenis Makanan Untuk Dihindari Dalam Melakukan Diet Pegan

Untuk sobat yang menginginkan pegan, sebenarnya lebih mudah ketimbang murni vegan atau paleo. Karena untuk diet ini boleh mengkonsumsi semua jenis makanan. Ada beberapa jenis bahan yang perlu dihindari pada diet pegan. Namun perlu disesuaikan dengan kondisi tubuh untuk dihindari atau boleh menjadi lebih fleksibel.

  • Produk Susu dari sapi, yogurt, dan keju disarankan untuk dihindari. Namun susu kambing malah lebih direkomendasikan dalam jumlah yang tidak banyak. Penggunaan mentega diperbolehkan dari jenis bahan organik tanpa garam.
  • Gluten untuk mereka yang tidak memiliki masalah pencernaan. Namun bahan ini perlu dihindari jika ingin melakukan diet
  • Kacang Polong-Polongan jika memang tidak memiliki masalah gula darah, masih tetap boleh dalam jumlah yang sedikit
  • Gula biasanya dihindari
  • Dilarang untuk mengkonsumsi makanan ber aditif seperti pewarna, perasa tambahan

Keseluruhan yang dilarang biasanya untuk menjaga gula dalam darah agar tetap seimbang.

Keuntungan Dalam Diet Ini

Berikut beberapa poin-poin positif untuk mereka penyuka model pegan:

  • Manfaat buah yang kaya vitamin dan antioksidan bisa didapat untuk mencegah penyakit
  • Lebih sehat karena tidak mengkonsumsi lemak jenuh dari ikan
  • Lebih sedikit makanan yang diproses untuk kesehatan jangka panjang

Kelemahan Dalam Diet Ini

  • Bahan yang dihindari mungkin juga memiliki pengaruh yang baik untuk tubuh tidak dikonsumsi sehingga menyebabkan defisiensi/kekurangan nutrisi
  • Melakukan diet pegan adalah tidak mudah, karena butuh waktu untuk mempersiapkan makanan, perencanaan menu
  • Makan diluar bersama teman bisa jadi masalah karena mereka menghindari makanan tertentu yang dapat menyebabkan kesenjangan sosial bahkan stres

Check Also

Mengapa Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati

Mengapa Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati ?

Sobat Gookalian mungkin sebagian udah ngerti mengapa mencegah lebih baik dari mengobati. Ini adalah istilah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *