Manfaat Gluten Untuk Kesehatan Jika Pencernaan Sehat

manfaat gluten untuk kesehatan

Mengkonsumsi sajian bebas gluten sedang menjadi trend, namun pernahkah sobat mengetahui manfaat gluten untuk kesehatan sendiri ? Jika dilihat, banyak orang di negara maju ada yang mulai meninggalkan kandungan pada tepung ini. Karena indikasi medis dan masalah lainnya menyebabkan orang-orang menghindarinya seperti alergi maupun penyakit celiac.

Jenis bahan yang berasal dari protein tumbuhan seperti gandum, biji-bijian, barley yang lengket dan elastis ini adalah gluten. Seringkali ditemukan pada makanan roti gandum, pasta dan berbagai makanan dengan tepung terigu sebagai bahan pengental juga mengandung bahan ini.

Manfaat Gluten Untuk Kesehatan

Meski banyak yang merekomendasikan untuk melakukan diet bebas gluten, hal tersebut biasanya karena ada indikasi medis seperti penyakit atau alergi. Bagi yang tidak memiliki masalah penyakit ini, tidak perlu banyak khawatir jika memang tidak dikonsumsi terlalu banyak. Berikut ini Gookalian sajikan beberapa manfaatnya buat sobat.

1. Mengurangi Resiko Terpapar Racun Logam Berat

Dibanding harus mengkonsumsi makanan dari laut yang mungkin mengandung banyak cemaran logam berat, protein tumbuhan dari gluten bisa menjadi solusinya. Menghindari resiko cemaran logam yang didapat dari sumber makanan lain sobat bisa mengkonsumsi gluten.

Penelitian yang dilakukan oleh Raehsler S.L., dan kawan-kawannya (2018) di Amerika dengan judul akumulasi logam berat pada orang dengan diet bebas gluten mengungkapkannya. Sejumlah orang yang melakukan diet tersebut terdeteksi memiliki level merkuri, arsenik, kadmium, dan timah pada darah dan air seni cukup tinggi terkhusus pada mereka dengan penyakit celiac.

Menurut ahli kesehatan masyarakat University of Illinois at Chicago mengatakan bahwa indikasi ini merupakan kondisi biologis dari cemaran kandungan logam dari makanan selain gluten. Meskipun begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk benar-benar bisa menyimpulkan apakah benar dengan diet tersebut menyebabkan terpapar racun logam.

2. Menghindari Kelebihan Kalori Merupakan Manfaat Gluten Untuk Kesehatan

Jika dikonsumsi sesuai dengan kecukupan gizi dan energi harian sobat, kalori dalam gluten adalah pemberi energi yang tepat. Karena menurut studi yang dilakukan di Eropa (the 50th Annual Congress of the European Society for Paediatric Gastroenterology Hepatology and Nutrition) menyebutkan bahwa makanan dengan bebas gluten memiliki komposisi kalori yang lebih tinggi dibanding yang biasanya.

Seperti contoh makanan untuk diet bebas gluten mengandung lemak dan asam lemak jenuh yang lebih banyak. Terlebih kandungan protein yang lebih sedikit dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki sel-sel rusak dalam tubuh.

3. Kandungan Zat Besi Yang Baik

Menurut healthline, salah satu sumber protein dari tumbuhan untuk mereka yang vegan atau mengurangi asupan hewani adalah tepung dengan gluten. Selain tinggi protein, gluten mengandung mineral zat besi dan selenium yang baik. Namun tidak menutup kemungkinan makanan dengan pemrosesan ini akan tinggi kandungan garam sodium yang perlu sobat buang keluar tubuh.

Zat besi baik untuk mencegah penyakit anemia atau kekurangan zat ini yang berdampak pada letih, lemah dan lesu. Sifat antioksidan kuat dari selenium mampu melawan radikal bebas dengan kerja melindungi sel imun dari kerusakan dalam melawan infeksi (Alodokter).

4. Menurunkan Resiko Diabetes Dan Penyakit Jantung

American Heart Association selama 30 tahun mengamati hampir 200 ribu orang untuk mencari tahu efek konsumsi gluten. Haslinya mereka yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan gluten yang lebih tinggi jumlahnya paling sedikit terkena penyakit diabetes tipe 2. Hal ini bergantung juga dengan jenis gluten yang dimakan dalam sehari-hari mereka.

Begitu pula pada 100 ribu subjek yang dianalisis oleh Harvard School of Public Health selama 25 tahun. Mereka dengan asupan gluten paling banyak memiliki resiko penyakit jantung yang lebih rendah. Sekitar 15 persen lebih rendah pada penyakit jantung koroner pada konsumen biji-biji olahan dan gluten. Sehingga orang yang tidak memiliki masalah penyakit celiac tidak direkomendasikan diet bebas gluten.

Meskipun hasilnya cukup nyata, kita tidak bisa begitu saja percaya. Perlu dilakukan riset yang lebih jauh dan mendalam serta lokasi geografis yang lebih tepat (di Asia) dengan kondisi di Indonesia. Bermanfaat atau tidak gluten tersebut, jika dikonsumsi terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan.

Informasi diatas bisa sobat jadikan referensi untuk mulai melakukan diet bebas gluten. Atau memang akan tetap mengkonsumsinya dalam batas wajar. Karena kita mungkin tidak bisa meninggalkan kandungan gizi dalam sebuah makanan penyehat tubuh. Apapun itu, kita sendiri yang harus menakar sesuai kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *