Wednesday , September 22 2021

Alasan Tidak Boleh Bertukar Pakaian Dan Handuk

Selain milik sendiri, alasan tidak boleh bertukar pakaian dapat begitu bervariasi. Bahkan mungkin kita tidak direkomendasikan untuk bertukar dengan saudara sendiri. Apa saja yang mendasari hal ini? Infonya dari Gookalian buat sobat.

Sepertinya tampak wajar jika adik dan kakak saling bertukar pakaian jika memang ukuran tubuhnya sama. Bahkan sampai ke celana dalam dan kaos dalam. Begitu Pula ayah dan ibu yang menggunakan satu handuk yang sama setelah mandi. Hal ini sebenarnya patut untuk dihindari karena dapat menyebabkan masalah.

Alasan Tidak Boleh Bertukar Pakaian Dan Handuk Dengan Orang Lain

Jika sobat sering juga bertukar pakaian dengan anggota keluarga bahkan orang lain. Sebaiknya harus segera dihentikan karena dapat menyebabkan penyakit kulit yang paling sering terjadi. Selain itu apa saja alasannya?

1. Masalah Kesehatan Adalah Alasan Utama Tidak Boleh Bertukar Pakaian Dan Handuk

Setiap aktivitas manusia, menimbulkan bakteri di kulit mereka. Itulah mengapa bertukar pakaian tidak direkomendasikan karena dapat ikut menyebarkan bakteri. Jika seseorang tahan terhadap jenis bakteri tertentu dan tidak dengan yang lainnya, jika baju digunakan bersama-sama dapat menyebabkan masalah pada kulit seperti gatal, kemerahan, dan bahkan penyakit Moluskum Kontagiosum yang menular lewat baju.

Paradigma tentang bakteri baik salah satunya adalah tentang Mikrobioma (Nature.com). Mikrobioma adalah kumpulan bakteri yang membentuk sebuah komunitas dalam tubuh manusia dan juga di kulit. Setiap orang punya susunan Mikrobioma sendiri di kulit mereka. Otomatis akan terbentuk di pakaian juga karena secara langsung bersentuhan. Setiap orang punya jenis Mikrobioma yang berbeda, jika bercampur lewat penggunaan pakaian bersama-sama maka dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gatal dan ruam.

Termasuk juga handuk yang lembab cukup berbahaya jika dipakai bergantian dengan orang lain. Bakteri dan jamur di handuk yang lembab dapat berkembang dengan baik dan cepat. Penyakit seperti panu dan jamur kulit lainnya akan bisa mudah menular.

Jika salah satu anggota keluarga atau orang yang menggunakan handuk dan pakaian bersama-sama besar kemungkinan akan tertular. Seperti batuk TBC (lewat droplet), infeksi bakteri staphylococcus yang bisa dengan mudah menular yang menempel di baju.

2. Menyebabkan Pakaian Dan Handuk Tidak Nyaman Digunakan

Karena berbeda bentuk tubuh dan ukuran tiap orang, pakaian yang sering dipakai orang lain dan kemudian dipakai kita akan memberikan rasa yang tidak nyaman. Terlepas dari kuman bakteri yang menyebabkan tubuh menolaknya sehingga terasa gatal dan panas, biasanya cukup aneh memakai pakaian orang lain.

Begitu pula dengan handuk yang seharusnya dipakai ketika sudah kering dan langsung dijemur lagi setelah digunakan. Handuk yang lembab tidak dapat dengan sempurna membersihkan badan dari sisa air. Malah cenderung kurang nyaman untuk dipakai dan kurang membersihkan.

Itulah beberapa alasan yang perlu sobat ketahui mengapa tidak diperkenankan berbagi pakaian dan handuk ke orang lain bahkan ke keluarga sendiri. Dengan menghindarinya, artinya mencegah penyebaran kuman dan penyakit. Menghambat perkembangan kuman itu sendiri dan mengurangi infeksi antar personil keluarga.

Check Also

telinga berdenging mempengaruhi pekerjaan

Telinga Berdenging Mempengaruhi Pekerjaan

Sobat Gookalian perlu kalian tahu bahwa telinga berdenging mempengaruhi pekerjaan seseorang. Telinga berdenging merupakan salah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *