Saturday , July 31 2021

Cara Meningkatkan Performa Chrome Android

Gookalian berikan informasi cara meningkatkan performa Chrome Android yang bisa sobat lakukan di ponsel pintar. Karena aplikasi ini terkenal dengan beratnya penggunaan dibuktikan dengan tingginya penggunaan RAM. Tapi berselancar menggunakan browser ini cukup menyenangkan karena dari segi keamanan yang selalu update. Untuk dapat menggunakannya secara prima sobat perlu mengatur aplikasi tersebut. Apa saja? Simak dibawah ini.

Cara Meningkatkan Performa Chrome Android

Aplikasi browser Google Chrome setidaknya sudah dipakai oleh 3 miliar pengguna di seluruh dunia. Karena secara umum aplikasi ini otomatis tersedia pada setiap ponsel android. Seringkali penggunaannya semakin lama akan semakin lemot, sehingga ada beberapa hal yang perlu diatur melalui aplikasi ini agar bisa lancar scroll layar untuk cari informasi lagi.

1. Menutup TAB Tidak Penting

Seringkali kita menjelajah internet melalui Chrome dan lalu meninggalkan sebuah tab. Saat membuka lagi, tab sebelumnya tidak dibuka. Hal ini dapat menambah resource seperti RAM dan penyimpanan ponsel sehingga membuatnya kurang lancar digunakan.

Saran setidaknya gunakan beberapa TAB saja (3-5)saat melakukan penjelajahan internet. Disesuaikan dengan besar RAM ponsel sobat jangan terlalu banyak TAB. Setelah selesai menjelajah, bisa sobat tutup semua TAB agar melegakan RAM dan tidak meload banyak setelah dibuka kembali.

2. Menggunakan Mode Eksperimental

Melalui chrome://flags pada kolom pencarian, ada beberapa fitur yang bisa sobat nonaktifkan sehingga mempercepat proses Chrome bekerja. Pada kolom pencarian Flags, sobat bisa menonaktifkan fitur dibawah ini:

  • Tab Grid Layout
  • Explore Website

Dua fitur tersebut dapat membuat Chrome ponsel sobat menjadi lemot. Gookalian merekomendasikan untuk di-disable saja. Tab Grid Layout membuat tampilan Chrome memiliki TAB yang dijadikan satu dalam grup. Ini akan membuat performa semakin berat jika semakin banyak TAB yang dikumpulkan atau terbuka. Dibalik penggunaannya yang membuat lebih mudah mencari berbagai TAB yang telah dibuka.

3. Gunakan Mode Ringan Sebagai Cara Meningkatkan Performa Chrome Android

Untuk mengaktifkannya, buka aplikasi Chrome sobat lalu klik 3 titik pojok kanan atas. Pilih Setelan lalu scroll kebawah pilih Mode Ringan. Pastikan mode lite ini aktif.

Ini berfungsi untuk mengatasi koneksi internet yang tidak lancar. Salah satu faktor kelancaran dalam browsing adalah kecepatan koneksi. Jika fitur ini diaktifkan, hampir keseluruhan situs akan dibuka pada mode ringan untuk penghematan data dan akses yang lebih cepat.

4. Menghapus Data Penjelajahan

Cache yang semakin banyak menumpuk diakibatkan dari semakin lama dan bervariasi situs yang dibuka. Semakin besar ukurannya dapat menghambat penggunaan setiap aplikasi. Untuk itu perlu menghapus beberapa hal:

  • Gambar dan file dalam cache
  • History penjelajahan
  • Cookie dan data situs

Yang dapat diakses melalui 3 titik pojok kanan atas Chrome – Privasi Dan Keamanan – Hapus data penjelajahan. Cookie dan data situs kalau ikut dihapus maka akan menghilangkan password dan informasi login pada situs. Pikir ulang lagi kalau ingin menghapus data ini.

5. Aktifkan Pramuat Halaman

Melalui menu yang sama bisa diakses seperti nomor 4. Aktifkan pramuat halaman agar browsing dan menelusuri lebih cepat. Ini memang akan mempercepat proses membuka halaman web. Namun apabila digunakan untuk waktu yang lama dapat membuat data aplikasi menjadi lebih besar. Jadi perlu untuk menghapus data penjelajahan secara rutin.

6. Hapus Data Aplikasi Chrome

Alternatif lain jika memang ingin membersihkan Chrome dan mengembalikannya seperti awal. Biasanya data aplikasi ini cukup besar memakan ruang penyimpanan. Buka pengaturan aplikasi ponsel sobat, temukan Chrome dan hapus semua data nya. Bookmark, cache dan info login akan hilang. Namun performa aplikasi ini dijamin kembali seperti semula.

Itulah 6 cara yang bisa sobat terapkan untuk menjelajah dengan Chrome android lebih cepat. Mengatasi beberapa tumpukan data sehingga ketika digunakan, aplikasi selalu prima. Semoga ulasan tersebut dapat berguna untuk sobat. Terima kasih.

Check Also

alasan kenapa jangan beli hp 5g

Simak Alasan Kenapa Jangan Beli Hp 5G Dahulu

Gookalian kasih beberapa tips alasan kenapa jangan beli Hp 5G dahulu. Meskipun beberapa ponsel dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *