Sunday , August 1 2021

Cara Mengatasi Update Windows Error Di Windows 10

Sobat pengguna Windows 10? Cara mengatasi Update Windows Error di Windows 10 mungkin menjadi hal penting. Karena beberapa diantaranya memunculkan Error 0x80070422 saat ingin melakukan pembaruan di Windows 10. Selain kode error tersebut ada kode yang lain yang membuat gagal update Windows terjadi.

Ada berbagai hal yang menyebabkan update Windows Error di Windows 10. Penyebabnya bisa sangat beragam juga, seperti diatas ditunjukkan dengan kode Error. sobat perlu cek satu persatu dahulu, berbagai komponen dibawah ini dalam Windows apakah ada yang perlu diperbaiki.

Cara mengatasi Update Windows Error Di Windows 10

Cek Setelan Berhubungan Windows Update

1. Group Policy

Bukalah Group Policy Editor atau Edit Group Policy yang bisa dibuka lewat pencarian melalui tombol Windows. Atau bisa dengan membuka Run (Tombol Windows + R) lalu mengetikan “gpedit.msc” tanpa petik.

  • Klik pada Computer Configuration
  • Administrative Templates
  • Windows Components
  • Klik pada Windows Update

Periksalah berbagai item dari keseluruhan Policy yang ada pada folder tersebut. Berbagai tulisan ini berhubungan dengan Windows Update. Pastikan keseluruhan Group Policy berada pada state Not Configured. Adapun kalau setelan terkait pembaruan perangkat lunak sudah dimodifikasi, bisa diubah kembali menjadi Not Configured.

Karena setelan pada Group Policy ini merupakan salah satu cara mematikan Windows Update. Apabila ada sebuah aplikasi yang menggagalkan pembaruan software, yang dirancang untuk mengubah setelan ini, pasti akan terlihat. Sehingga sobat bisa mengeceknya dan berhubungan dengan Update Windows.

2. Pengaturan Windows Update

Melalui pencarian di tombol Windows, sobat bisa mengecek setelan yang berhubungan dengan pembaruan ini. Melalui Windows Update Settings, sobat harus cek apakah ada yang membuat proses Update terhenti. Berikut ini setelan yang berhubungan:

Automatic Update Over Metered Data Connection

Cara mengatasi Update Windows Error di Windows 10, pilihan ini ada di Advanced Option. Pastikan sobat melakukan centang pada opsi ini. Sehingga sebuah Wifi atau koneksi yang digunakan tetap dapat mengunduh pembaruan. Meskipun koneksi tersebut disetel sebagai Metered Connection (Koneksi dengan kuota terbatas). Pengaturan ini tidak tercentang secara default, sehingga Windows tidak akan melakukan pengunduhan pembaruan.

Namun umumnya, Wifi atau modem yang pertama kali terkoneksi pada komputer dengan Windows 10. Tidak dilabeli sebagai Metered Connection. Sehingga Update masih bisa berjalan.

Pause Update

Pada menu yang sama untuk cara mengatasi Update Windows Error di Windows 10 adanya menu Pause Update. Matikan opsi ini untuk dapat melanjutkan pembaruan perangkat lunak. Opsi jeda Update dapat terjadi jika salah satu Policy di atas dihidupkan. Sehingga mencegah pembaruan untuk diteruskan dan memberikan pesan error maupun sedang ada penjedaan unduhan Update.

Limit Bandwidth

Bisa diakses melalui Advanced Option – Delivery Optimization – Advanced Options. Hilangkan centang pada semua yang berhubungan dengan limit. Sehingga sistem tidak membaca adanya batasan besaran data yang digunakan oleh pengguna.

3. Cek Aktivitas WUAUSERV Service

Salah satu jenis aplikasi yang berjalan dilatar belakang berhubungan dengan Update Windows 10 adalah WUAUSERV. Bisa sobat buka melalui:

  • Buka Task Manager (melalui menu atau tekan CTRL+SHIFT+ESC)
  • Klik bagian atas pada menu Service
  • Cari WUAUSERV cek apakah Stopped
  • Jika terhenti, klik kanan lalu Start

Ini akan menghidupkan service untuk Windows Update. Layanan yang berhubungan dengan pembaruan akan dapat berjalan apabila service ini Running. Jika telah terhenti bisa sobat mulai lagi dan kembali untuk melakukan cek pembaruan Windows Update.

Solusi Mengatasi Update Windows Error Di Windows 10

Reset Komputer

Jika memang aplikasi WUAUSERV tidak dapat dijalankan, berarti terdapat sebuah Error atau kesalahan yang menyebabkan termodifikasinya sistem. Sehingga aplikasi ini tidak dapat berjalan. Jika posisinya Stopped dan tidak bisa di Start, muncul pesan Error. Sudah bisa dipastikan komputer/laptop sobat butuh untuk di Reset.

Bisa dengan mengakses Menu Reset This PC pada pencarian tombol Windows. Komputer sobat akan dikembalikan ke posisi setelah instal ulang pertama kali. Keseluruhan aplikasi akan dihapus dan data dalam local disk C atau partisi sistem akan dihapus.

Hampir mirip dengan metode Instal Ulang, bedanya ini akan mereset ke pengaturan dimana komputer fresh kembali ke awal sebelum ada aplikasi dan data didalamnya. Cara mengatasi Update Windows Error di Windows 10 ini merupakan cara pamungkas yang terakhir agar sobat dapat mengembalikan fungsi update.

Check Also

alasan kenapa jangan beli hp 5g

Simak Alasan Kenapa Jangan Beli Hp 5G Dahulu

Gookalian kasih beberapa tips alasan kenapa jangan beli Hp 5G dahulu. Meskipun beberapa ponsel dari …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *