Mengatasi Product Installation Error 38 Corel X4

Setelah melakukan instalasi, bagaimanakah cara mengatasi Product Installation Error 38 pada Corel Draw X4? Hal ini sering terjadi pada komputer dengan Windows 7 (dan terjadi juga pada OS Windows lebih baru). Setelah aplikasi Corel Draw X4 berhasil diinstal, otomatis aplikasi dibuka untuk dicoba atau digunakan.. Tiba-tiba muncul pesan lengkap ” Product Installation Unsuccessful, Please Reinstall (Error 38). Ada juga yang mengalami tiba-tiba aplikasi tidak bisa dibuka, padahal sebelumnya lancar-lancar saja.

Secara umum jika kita melihat masalah tersebut, tentunya membutuhkan instal aplikasi Corel X4 kembali (jika melihat perintah Error). Melakukan uninstal kemudian instalasi kembali membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Karena aplikasi berbasis vektor ini cukup berat di zamannya atau untuk spesifikasi laptop yang agak rendah akan memakan waktu proses instal.

Bahkan ketika sobat mencoba Reinstall aplikasi Corel Draw X4 tersebut, masalah tidak akan selesai. Sangat tidak efisien kalau kita melihat Error yang terjadi dan kita melakukan solusi yang ditawarkan oleh aplikasi. Lalu bagaimana solusi terbaik agar bisa mengatasi masalah Product Installation Unsuccessful dengan kode Error 38 ? Gookalian akan memberikan jawabannya pertama tentang penyebab masalahnya kemudian cara-cara untuk mengatasinya.

Penyebab Masalah Product Installation Error 38 Corel Draw X4

Satu penyebab yang utama alias penting untuk diperhatikan adalah layanan Protexis Licensing pada Service sistem. Komponen Service tersebut tidak berjalan dengan normal, tidak aktif, atau memang tidak muncul ketika instalasi aplikasi Corel Draw X4. Layanan tersebut berhubungan dengan instalasi produk juga, namun sebelum produk benar-benar dipasangi License/ diaktivasi juga masuk ada dalam sistem.

Baca Juga!  Kelemahan Kamera Android Megapixel Besar

Kedua, penyebab yang menjadikan masalah ini yaitu sebelumnya melakukan instalasi Corel versi lebih baru dari Corel Draw X4. Proses instalasi gagal atau proses uninstal tidak berjalan dengan baik. Hal ini menyebabkan file instalasi aplikasi Corel mengalami “Nyantol” atau masih ada sisa-sisa dalam sistem. Hal ini juga menjadi deteksi dari program yang belum dipasang License/aktivasi. Jika ini tidak dibersihkan, maka akan terdeteksi oleh aplikasi Corel Draw X4 menyebabkan proses instalasi tidak sempurna.

Terakhir adalah Corel Draw X4 yang sedang digunakan terbaca bajakan. Bisa dikarenakan License dipakai lebih dari satu komputer, terkoneksi ke internet setelah License habis, dan gagal melakukan Crack karena Corel berhasil terkoneksi ke internet juga. Lalu bagaimanakah cara mengatasi Product Installation Error 38 di Corel Draw X4?

Cara Mengatasi Product Installation Error 38 Corel Draw X4

Setelah diketahui beberapa masalah diatas, sobat bisa menyesuaikan dengan solusi yang terbaik di bawah ini:

1. Menjalankan Fungsi Protexis Licensing

Cara ini dilakukan jika Protexis Licensing sudah ada pada komputer namun tidak berjalan dengan benar. Layanan/ aplikasi ini ada setelah sobat melakukan instalasi aplikasi Corel Draw X4. Langkah untuk memastikan aplikasi ini berjalan dengan baik adalah:

  • Buka Service dengan Run
  • Dengan tekan tombol Windows dan R, lalu ketikkan: services.msc
  • Klik Enter
  • Cari disebelah kanan ada daftar program Service bernama Protexis Licensing
  • Klik Kanan, pilih Start (ini untuk memulai kembali Services tersebut)
  • Cobalah untuk membuka aplikasi Corel Draw X4 kembali
mengatasi corel x4 error 38

Untuk memastikan Protexis Licensing berjalan dengan normal setelah komputer dimatikan. Klik kanan pada daftar Service diatas. Kemudian pilih Start Up Type, ubah menjadi Automatic. Dengan begitu apabila Service dinonaktifkan oleh sistem, akan otomatis berjalan lagi.

Baca Juga!  Cara Memunculkan Garis Grid Pada Tampilan CorelDraw Mudah

2. Instal Protexis Licensing Services

Cara ini dilakukan jika Protexis Licensing tidak muncul pada daftar program Services. Jadi ketika sobat membuka services.msc dari perintah Run, Service tersebut tidak muncul. Kita bisa memunculkannya dengan mengunduh komponen aplikasi Corel ini. Langkahnya:

  • Unduh Fix Protexis Licensing
  • Pada link: https://www.mediafire.com/file/aqg67w02uv1kl6l/Protexis_Licensing_Service_Gookalian.zip/file
  • Ekstrak berkas (700 kb an saja)
  • Salin file PSIKey_2.dll dan PsiService_2.exe
  • Ke folder C:\Program Files\Common Files\Protexis\License Service
  • Selanjutnya, jalankan (klik 2x) file REG_Protexis_licensing_service_V2_fix[2010]
  • Lakukan Restart pada komputer
  • Setelah hidup, tekan tombol Windows dan R
  • Isikan: services.msc
  • Enter
  • Klik kanan – Properties pada Protexis Licensing
  • Ubah Startup Type menjadi Automatic
  • Klik Start juga (jika tulisan tersebut aktif)
  • Coba kembali membuka Corel Draw X4 di komputer sobat

Tambahan Informasi

Setelah program bisa berjalan, jangan lupa untuk menjaga agar program Protexis Licensing tidak macet. Sobat juga bisa menggunakan cara-cara agar Corel tidak terbaca bajakan (misalkan dengan menggunakan Firewall pada aplikasi tersebut) sehingga Error 38 tidak akan muncul kembali.

Jika sobat tidak bisa mengatasi Product Installation Error 38 pada Corel Draw X4 lewat cara diatas. Maka perlu uninstal aplikasi Corel Draw X4 atau yang ada pada komputer menggunakan aplikasi Revo Uninstaller. Dengan membersihkan Registry dan file sistem yang terdampak agar komputer bersih dari file Corel. Setelah dibersihkan, coba untuk instalasi aplikasi lagi dan menerapkan solusi diatas.

Terakhir jika memang tidak bisa, cara pamungkasnya adalah instal ulang komputer/laptop sobat tersebut. Langkah ini benar-benar akan membersihkan file dari Corel dan sudah tentu akan berhasil instalasi program Corel Draw X4 kembali setelah itu. Meskipun agak sulit dan ribet, namun ini dapat mengatasi Product Installation Error 38 pada Corel Draw X4 dengan baik.

Check Also

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri 2

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri

Sim C Wonogiri adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengemudi secara legal di Wonogiri. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *