Rabu , September 28 2022

Cara Instal Net Framework 4.7 Di Windows 7

Sobat perlu mengetahui cara instal Net Framework 4.7 di Windows 7. Karena komponen perangkat lunak ini sangat dibutuhkan agar komputer dengan sistem operasi yang terkenal dengan aero glass atau warna transparan tersebut. Bisa menggunakan aplikasi-aplikasi jaman sekarang.

Net Framework merupakan sebuah komponen perangkat lunak pada Windows yang dapat memperlancar penggunaan aplikasi maupun program lain seperti game pada sistem. Sebuah perangkat lunak yang memberikan fasilitas pada aplikasi agar dapat berjalan dengan baik melalui 2 komponen utama yaitu Common Language Runtime (CLR) dan Framework Class Library (FCL).

FCL berisi daftar kode terkelola untuk pemrograman dalam aplikasi. Sedangkan CLR bertugas menangani aplikasi yang sedang berjalan. Keduanya merupakan komponen fungsi utama yang disajikan oleh Net Framework. Memang jika melihat definisi Net Framework ini sobat kebanyakan akan bingung,

Secara umum, perlu diketahui cara instal Net Framework 4.7 di Windows 7 adalah sobat membutuhkan ini sebagai persyaratan instalasi aplikasi tertentu. Misalkan dalam instalasi Corel Draw 2019, sobat membutuhkan komponen aplikasi ini terpasang sebelum bisa melanjutkan pada instalasi tahap selanjutnya. Karena Net Framework ini adalah berisi kode-kode program yang berfungsi memperlancar, memberikan efisiensi pekerjaan pada sistem terkait sebuah aplikasi. Lalu bagaimanakah caranya? Berikut ini tutorialnya dari Gookalian untuk sobat.

Cara Instal Net Framework 4.7 Di Windows 7

Net Framework ini merupakan generasi yang lahir pada 30 April 2018 silam. Artinya, aplikasi baru yang membutuhkan kinerja tinggi dari sistem pada tahun diatas itu baru berjalan dengan lancar. Jadi hanya karena dibutuhkan saja, seseorang bisa menginstalnya. Sobat yang mungkin tidak berhubungan dengan aplikasi yang membutuhkannya pun juga bisa menginstalnya atau tidak.

Baca Juga!  Alasan Membeli Kendaraan Listrik

Perlu diketahui, bahwa dukungan Windows 7 atau Windows Update secara umum pada versi sistem operasi ini telah dihentikan. Jadi ada tata cara instalasi Net Framework 4.7, simak tutorialnya dibawah ini:

Persyaratan Instalasi

Agar mudah dalam proses instal, komputer sobat harus menggunakan Windows 7 Service Pack 1 (SP 1). Versi Windows ini keluar pada bulan Oktober 2009. Sebuah versi terakhir dari Windows 7 yang setidaknya mendapatkan dukungan paling lama sebelum dihentikan. Jadi gunakan instalasi Windows 7 Service Pack 1 yang diunduh dan dipasang di komputer atau laptop milik sobat. Untuk mempermudah dan memperlancar proses instalasi

Proses Instalasi Net Framework 4.7

  1. Unduh dan instal pembaruan d3dcompiler secara online. File ini akan melengkapi komponen sebelum bisa instal Net Framework versi 4.7. Sobat bisa mengunduh pada situs resmi sesuai versi bit Windows 7 yang terinstal di laptop/komputer:
    32 bit: http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=848159
    64 Bit: http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=848158
  2. Jalankan aplikasi secara online, prosesnya tidak akan lama
  3. Setelah selesai, lanjutkan dengan instal Net Framework 4.7 dengan mencari di Google.
    Atau link: https://dotnet.microsoft.com/en-us/download/dotnet-framework/net47
  4. Pilih versi Dot Net Framework yang sesuai. Disarankan memilih versi Offline Run Apps – Runtime. Ini untuk instalasi pada sistem jika dibutuhkan oleh sebuah aplikasi.
mengatasi net framework 4.7 blocking issue win 7 gookalian

Akhir Kata

Banyak sekali dari pengguna yang kesulitan melakukan instalasi komponen Net Framework pada komputer dengan Windows 7. Namun cara dari Gookalian diatas dijamin manjur untuk dilakukan. Karena memang yang bisa berhasil pada tahap instalasi adalah Windows 7 Service Pack 1. Itupun masih harus ditambahkan update secara manual pada komponen tertentu.

Jadi pastikan sebelum melakukan instalasi aplikasi yang membutuhkan Net Framework 4.7, disarankan untuk menginstal komponen ini terlebih dahulu. Diutamakan diinstal pertama kali setelah instalasi komputer dengan Windows 7 SP 1. Apabila ada instalasi Net Framework sebelumnya, bisa jadi Crash atau tidak bisa melakukan instalasi.

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.