Cara Menghilangkan Shortcut Di Komputer Karena Virus

Gookalian – Cara menghilangkan Shortcut di komputer adalah tutorial yang dibutuhkan oleh mereka yang komputernya terserang virus. Atau mungkin sobat mengalami masalah adanya begitu banyak pintasan (Shortcut) pada komputer, flashdisk, maupun sejauh mata memandang pada penyimpanan komputer. Umumnya hal ini disebabkan oleh virus komputer yang bisa menjangkit laptop juga.

Cara kerja virus Shortcut adalah membuat semua file yang sobat miliki baik itu di dalam penyimpanan komputer atau flashdisk sebagai penyimpanan portabel menjadi pintasan/Shortcut. Nama pintasan akan sama persis dengan nama file yang sobat miliki. Jika sebuah komputer terserang virus ini, setiap flashdisk atau penyimpanan eksternal yang dicolokkan pada usb akan mengubah semua file jadi Shortcut.

Tidak hanya itu, file dan folder yang sobat miliki akan disembunyikan oleh virus. Sehingga file yang menjadi Shortcut terlihat asli. Semakin banyak file yang telah jadi pintasan tersebut kemudian dibuka, sistem akan terinfeksi lebih jauh lagi. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah Shortcut yang disebabkan oleh virus tersebut? Dan tentunya mengembalikan file yang telah hilang?

Cara Menghilangkan Shortcut Di Komputer Karena Virus

Sebelum sebuah komputer terinfeksi virus Shortcut, biasanya ada satu file pintasan yang ketika dibuka secara langsung menginvasi komputer. Bentuknya Trojan maupun Worm yang menyebar lewat flashdisk. Menggunakan fungsi Autorun pada komputer Windows, secara otomatis akan mengaktifkan virus dari flashdisk yang telah terinfeksi.

Seringkali banyak antivirus komputer tidak mendeteksi virus Shortcut ini. Sehingga diperlukan beberapa upaya untuk menghapus semua Shortcut yang dibuat oleh virus dan kemudian mengembalikan file yang tersembunyi. Langkah-langkahnya:

1. Menggunakan Antivirus

  • Unduh dan instal aplikasi SMADAV
  • Harus langsung diunduh dan diinstal di komputer yang terinfeksi
  • Setelah selesai, jalankan Pemindaian total atau menyeluruh
  • Jika terdeteksi, hapus semua virus yang ada

Biasanya aplikasi SMADAV bisa dengan mudah membersihkan virus Shortcut dimana banyak antivirus lain tidak dapat mendeteksinya. Pastikan versi aplikasi paling baru, dan jangan membuka kegiatan lain di komputer pada saat proses pemindaian. Cek kembali apakah ada file terinfeksi merupakan kategori penting, jika tidak penting bisa langsung dihapus/dibersihkan dari aplikasi SMADAV.

2. Menghentikan Virus Shortcut Di Komputer

  • Buka Task Manager atau tekan Ctrl+Shift+Esc
  • Cari program EXE/VBS mencurigakan, klik kanan End Task
  • Termasuk pada Tab Startup (klik kanan Disable) untuk Windows 10
  • Windows 7 keatas melalui Folder Startup lalu hapus file disana berupa aplikasi mencurigakan

3. Cara Menghilangkan Shortcut Di Komputer Dari Flashdisk Terkena Virus

Jika sudah terdeteksi Shortcut yang mencurigakan pada sebuah flashdisk/USB dan yang bisa membuat komputer terinfeksi langkah menggunakan aplikasi bawaan Windows adalah cek dulu flashdisk direktorinya apa (E, F, G atau lainnya. Misalkan E merupakan flashdisk).

  • Tekan tombol Windows
  • Ketikkan CMD
  • Pada menu Command Prompt, klik kanan
  • Run As Administrator
  • Ketikkan E: lalu tekan Enter
  • del *.ink lalu tekan Enter

Seluruh Shortcut akan menghilang dalam flashdisk. Perlu kamu ingat, semua komponen pintasan yang bukan virus juga akan ikut hilang. Karena Command Prompt mendeteksi semua ekstensi .ink yang merupakan Shortcut. Jika memang ada aplikasi yang membutuhkan file ini, kemungkinan terjadi masalah ketika dibuka kembali.

Jika tidak ada file penting dalam flashdisk, sebenarnya bisa langsung di Format saja. Ini akan menghilangkan semua file beserta virus-virusnya sekalian.

Mengembalikan File Yang Hilang Karena Virus Shortcut

Jika file ternyata masih penting dan tidak bisa diikhlaskan, bisa dikembalikan melalui perintah Command Prompt juga. Caranya:

  • Buka Command Prompt sebagai Administrator seperti cara diatas
  • Ketikkan E: (direktori flashdisknya)
  • attrib -s -r -h /s /d *.* lalu klik Enter
  • Semua file akan dimunculkan yang disembunyikan oleh virus

Itulah beberapa solusi untuk sobat yang komputernya bermasalah dengan virus Shortcut. Untuk antisipasi, jangan sembarangan colok flashdisk dimana saja. Pastikan sebuah komputer memiliki antivirus setidaknya satu seperti diatas. Atau dengan Windows Defender atau antivirus bawaan yang diperbarui definisi virusnya.

Check Also

kekurangan android 11

Kekurangan Android 11 Yang Harus Sobat Tahu

Dengan mengetahui kekurangan Android 11, sobat bisa menentukan apakah ponsel yang sekarang ini bakalan di …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *