Keuntungan Bercocok Tanam Secara Hidroponik

Keuntungan bercocok tanam secara hidroponik yaitu merupakan sebuah metode untuk menumbuhkan tanaman lebih cepat. Dan lebih banyak hasil yang didapatkan. Meskipun sobat mungkin belum mengenal hidroponik, awalan kata sudah menunjukkan maksud dari cara bercocok tanam tersebut. Selain yang telah disebutkan, apa saja keuntungan dari menggunakan cara tersebut? Gookalian sajikan buat sobat.

Keuntungan Bercocok Tanam Secara Hidroponik

Salah satu cara untuk berkebun ini menjadi alternatif mengembangkan tanaman tanpa tanah. Menggunakan pupuk dan air sebagai paduan untuk menumbuhkan tanaman. Dalam hidroponik, terdapat berbagai sistem yang bisa dipilih. Keseluruhannya memberikan keuntungan diantaranya:

Nutrisi Tanaman Yang Diserap Lebih Banyak

Apabila formulasi pupuk sudah sesuai, tanaman akan lebih mudah tumbuh pada media air. Tanaman lebih mudah dikendalikan melalui sistem akar terbukanya. Nutrisi dan oksigen sebagai kebutuhan akan langsung diterima akar dengan media air. Pencarian nutrisi oleh tanaman tidak lagi terhalang media yang lebih jauh seperti tanah. Nutrisi diserap dengan lebih banyak dan cepat.

Tanpa Pestisida Atau Hama Tanah

Media air cukup mudah dibersihkan dari serangan hama layaknya tanah. Tanpa tanah, pertumbuhan lebih mudah hama dari media sebelumnya bisa diantisipasi.

Keuntungan Bercocok Tanam Secara Hidroponik Lebih Hemat Ruang

Dengan sistem ini, sobat bisa lebih banyak menanam jenis sayuran yang dikehendaki. Tidak membutuhkan banyak petak lahan, disusun berjajar ke atas membuatnya hemat tempat. Minimal tempat yang digunakan, semakin banyak yang dihasilkan jika dibandingkan dengan metode biasa.

Tidak membutuhkan pot dan tanaman tumbuh berjejer jaraknya dekat. Bahkan di kota-kota besar, atap gedung dimanfaatkan untuk menanam secara vertikal.

Dapat Dilakukan Sepanjang Tahun

Berhubungan dengan musim, hidroponik menggunakan media air bernutrisi tanpa tanah. Tanaman dapat ditumbuhkan kapan saja tanpa menunggu air hujan karena memang media yang digunakan berbeda.

Segar Dan Kualitas Tinggi

Penelitian menunjukkan, sayur dan buah dari proses bertanam hidroponik memberikan efek yang positif terkait kandungan nutrisi. Lebih lagi tanpa pestisida atau berbagai bahan kimia layaknya media tanah. Untuk kesehatan orang banyak, tanaman jenis ini sangat bagus jika didistribusikan ke khalayak luas.

Mengurangi Penggunaan Air

Pada sistem tertutup, model bercocok tanam ini akan memanfaatkan sebaik-baiknya air dalam jumlah sedikit. Air langsung diserap oleh tanaman, setidaknya menghemat 70% dibanding penggunaan tanah (Gardening Know How). Dapat mengatasi berbagai masalah air dimanapun diseluruh dunia.

Sebagai tambahan, jika hidroponik ditanam secara lokal untuk memenuhi kebutuhan pangan lokal. Ini akan mengurangi jejak karbon (Carbon Footprint) yaitu polusi udara yang harus keluar untuk pengiriman pangan. Semakin dekat, semakin bagus untuk kebersihan udara dan keberlanjutan dunia melawan pemanasan global. Itulah beberapa manfaat bercocok tanam dengan hidroponik dari beberapa sudut pandang.

Check Also

Meningkatkan Literasi Keuangan Anak

Dasar Dasar Meningkatkan Literasi Keuangan Anak

Gookalian – Meningkatkan literasi keuangan anak merupakan salah satu hal penting yang bersifat fundamentalis. Karena …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *