Cara Mengatasi Archive Damaged

Apakah sobat pernah mengunduh file arsip ? Cara mengatasi Archive Damaged mungkin sobat butuhkan untuk berjaga-jaga apabila masalah ini terjadi.

Salah satu derita sobat gamer adalah berhubungan dengan Archive Damaged. Arsip rusak istilahnya biasanya menimpa mereka yang sering berhubungan dengan aplikasi atau file yang di dalamnya isinya game. File arsip berformat ZIP, RAR, TAR, 7Z dan lainnya menggabungkan beberapa file menjadi satu.

File ini biasanya dijadikan tujuan untuk meringkas berbagai file atau folder agar lebih simpel menjadi satu. Sehingga mudah untuk di upload atau dikirimkan. Seringkali kita menemukan file ini didalamnya berisi game atau aplikasi atau berkas tertentu yang ukurannya besar. Arsip digunakan juga untuk mengkompres file besar menjadi termampatkan sehingga ukurannya kecil.

Sobat yang sering mengunduh file Archive akan menemukan kasus arsip rusak atau Damaged. Jika file tersebut adalah game biasanya ukurannya tidak kecil. Sudah capek-capek mengunduh file besar, setelah selesai malah file rusak. Hal ini kadang membuat jengkel sobat bukan. Untuk mengatasi hal ini, Gookalian punya beberapa tips untuk mengatasi file Archive Damaged.

Cara Mengatasi Archive Damaged

Tips untuk mengatasinya dibawah ini keseluruhannya menggunakan komputer/PC. Beberapa diantaranya memang berhubungan dengan perangkat lain seperti android.

1. Cara Mengatsi Archive Damaged Dengan Melakukan Unduh Ulang File Arsip

Cara mengatasi Archive Damaged pertama adalah melakukan download ulang. Beberapa file yang diunduh menggunakan aplikasi manager download bisa membuat file arsip korup. Atau proses unduhan terganggu karena koneksi internet yang tidak stabil menyebabkan file korup. Sehingga kamu bisa mencoba mengunduh lagi.

Unduh ulang juga bisa dilakukan di perangkat komputer atau lainnya. Apabila di komputer lain file arsip dapat dibuka/tidak rusak, bisa jadi komputer kamu ada virusnya. Karena ada virus yang memang dirancang membuat aplikasi pembuka file arsip menjadi rusak.

2. Memperbarui Versi Aplikasi Pembuka File Arsip Atau Menyesuaikannya

Membuka file arsip yang dikemas atau dibungkus menggunakan versi aplikasi Winrar/Winzip/7z yang lebih baru beresiko tidak dapat dibuka pada versi yang lebih lawas. Semakin baru algoritma aplikasi pengarsipan, semakin berbeda juga pembacaan yang dilakukan. Berbagai aplikasi pembuka arsip akan memberikan informasi Archive Damaged padahal sebenarnya tidak. Karena algoritma file lebih baru, maka aplikasi versi lama tidak dapat membacanya.

Sobat bisa juga menggunakan versi aplikasi pembuka arsip yang sesuai atau sama dengan versi pembuat file tersebut. Jika sama, otomatis dapat dibuka dengan lancar karena kesamaan informasi. Selain versi yang sama, pastikan gunakan aplikasi yang sesuai. Misalnya, file arsip dengan format 7z dibuka dengan aplikasi 7zip. File RAR juga harus dibuka dengan aplikasi winrar. Meskipun winrar dapat membaca file 7z, tetapi apabila algoritma tidak cocok akan hanya memberikan informasi bahwa Archive Damaged.

3. Tidak Membuka File Arsip Di Perangkat Lain

File manager yang dimiliki android beberapa diantaranya bisa mengintip isi file arsip. Misal pada file manager bawaan Asus, dapat melihat isi dalam file arsip tanpa harus mengekstraknya. Jika hal ini dilakukan, dan file arsip dikirim ke komputer bisa jadi menyebabkan file korup.

4. Bukan File Arsip

Sobat harus mengerti bahwa sebuah file itu bukan file arsip itu sendiri. Artinya hanya diberi nama dengan ekstensi layaknya file rar atau zip. File dengan format ISO memang dapat dibuka dengan aplikasi arsip. Namun akan memberikan notifikasi arsip rusak jika memang tidak cocok.

File dalam sistem aplikasi atau game memang dibuat dalam bentuk arsip. Namun itu bukanlah file yang sebenarnya, sehingga yang bisa membuka hanya aplikasi maupun game tersebut saja. Bisa juga merupakan file yang hanya dapat dibaca sebuah sistem aplikasi yang memang hanya terbaca oleh komputer kamu.

Terakhir, jika memang file memang rusak akibat berbagai hal seperti modifikasi, atau kerusakan pada hardware penyimpanan. Sudahlah sobat, sabar saja. Semoga informasi diatas membantu.

Check Also

Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik Angka

Mengatasi Keyboard Komputer Tidak Bisa Mengetik Angka

Keyboard komputer tidak bisa mengetik angka disebabkan oleh berbagai masalah. Dengan beberapa tips dari Gookalian …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *