Rabu , September 28 2022

Trend Perkembangan Java 2021 Wajib Dikuasai Dev

Gookalian – Trend perkembangan Java 2021 telah sampai. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, tidak ada perubahan signifikan. Meskipun perluasan perusahaan teknologi terus berlanjut, trend perkembangan Java 2021 masih kurang signifikan.

Konsep-konsep baru dan teknologi baru memberi tanda perkembangan Java sebagai salah satu bahasa pemrograman. Seperti penggunaan AI (Artificial Intelligence) terus menjadi perhatian teman-teman developer.

Sehingga pengembang harus terus mengupgrade skil mereka sehingga menyesuaikan kebutuhan industri. Jika sobat adalah salah satu dev Java, ada beberapa hal yang harus dipelajari untuk terus dapat bersaing.

Yang Harus Dipelajari Developer Dalam Trend Perkembangan Java 2021

1. DevOps

Trend menonjol di tahun tersebut adalah DevOps diantara pebisnis yang menggunakan Java. Mereka ingin mempekerjakan teknologi untuk tujuan efisiensi dan pengembangan aplikasi. Jadi developer Java harus menguasai DevOps. Sebuah konsep yang hanya mengaplikasikan DevOps pada pengembangan aplikasi Java. Kombinasi keduanya akan membuat perusahaan tidak perlu membagi tim saat pembuatan aplikasi.

Sebelum sobat dapat menguasai DevOps, setidaknya harus berpengalaman dalam Java Web Development. Karena membutuhkan pengaturan lingkungan, automation, dan menemukan kembali pengembangan dari awal. Diperlukan keahlian dalam Master Jenkins CI dan DevOps tools lainnya (Ansible, Docker, Puppet, Git, Chef, Nagions dan lain sebagainya)

2. Machine Learning

Pengalaman paling menarik di dunia adalah digunakannya AI dan algoritma Machine Learning (ML). Mobil menyetir sendiri, gerbang membuka otomatis, dan sejenisnya akan menjadi nyata dengan AI atau ML. Pemrograman Java punya andil juga dalam menciptakan algoritma ML. Apalagi perusahaan jaman sekarang akan sangat tertarik dengan hal ini. Sehingga developer Java harus bisa menguasai algoritma ML untuk Regresi, Scoring dan lain sebagainya. Beberapa toolsnya yaitu: Java ML, JSAT, ELKI, Apache Spark’s MLlib dan lain-lain.

Baca Juga!  Cara Hemat Baterai Hp Saat Hotspot Aktif

3. Forum GitHub (Git)

Sobat pasti tidak asing dengan GitHub sebagai hal menarik bagi puluhan juta developer di seluruh dunia. Jumlah yang tergabung dalam komunitas ini juga terus bertambah. Disana terdapat lebih dari 190 juta repository yang bisa digunakan sebagai source code program. Lewat GitHub, sobat bisa banyak belajar untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasar. Tutorialnya sangat murah bahkan gratis untuk dipelajari untuk menjadi master. Karena perusahaan mulai berpindah dari SVN, CVS ke Git sehingga sobat harus belajar untuk terus memenangkan kompetisi.

4. Java 9 Sampai 15

Bekerja sebagai developer web atau aplikasi mobile, jangan lengah untuk terus memperbarui ilmu. Trend perkembangan Java 2021, tipe maupun versi dari Java dengan fitur terbaru mereka harus terus diikuti. Karena seringkali pengembang hanya belajar sampai Java 8 saja. Java 9 memiliki Jigsaw, Reactive Streams, Process API, HTTP 2 client dan lain sebagainnya. Sedangkan Java 15 punya fitur Hidden Classes, Garbage collector, Foreign Memory API, Sealed Classes dan banyak lainnya. Ada banyak hal yang harus dipelajari dengan berbagai konsep jenis Java yang ada.

5. Teknologi Mobile

Pengembangan aplikasi ponsel sekarang terus menjamur dalam bisnis. Developer berarti harus memiliki skil ini khususnya tahun 2021. Aplikasi android dapat dibuat dari Java dan terus mengalami kemajuan seperti konektivitas ponsel dengan perangkat lain (wearable seperti jam tangan).

Kuasai ReactJS dan Kotlin dan lain sebagainnya sebagai bahasa pemrograman baru. Dengan begitu sobat bisa membuat aplikasi berdaya guna dengan Java untuk pengoperasian perangkat pintar dan wearable.

6. Spring Framework 5

Evolusi framework terus terjadi, dimana Spring digunakan untuk menciptakan solusi dalam Java. Trend perkembangan Java 2021 adalah menguasai fitur baru seperti GraalVM, Spring Data R2DBC, Kotlin multi-platform serialization, WebClient connector for Apache HTTPComponents 5 wajib dikuasai.

Baca Juga!  Cara Merawat Layar Super Amoled yang Benar

7. Spring Security

Ekosistem major dari Spring yang didesain untuk memperkuat keamanan aplikasi perusahaan. Autentikasi, autorisasi, dan fitur keamanan lainnya ada disini. Dengan mempelajari ini, sobat bisa mendapatkan kesempatan lebih banyak sebagai Java Coder. Mereka akan memprioritaskan sobat karena skil keamanan data yang dimiliki.

8. RestFul Web Service

Sebagai API terpopuler dengan singkatan Representational State Transfer, merupakan sebuah rancangan moda komunikasi dengan protokol HTTP untuk pertukaran data. Metode ini sering diterapkan dalam pengembangan aplikasi. Tujuannya menjadikan sistem memiliki performa sangat baik, cepat dan mudah untuk di kembangkan (scale) terutama dalam pertukaran dan komunikasi data.

9. Cloud Computing

Teknologi dengan penawaran tinggi dimana integrasi awan dapat dilakukan. Pengembang Java harus mempelajarinya sehingga mampu menciptakan dan menjadi solusi integrasi awan atas dasar kebutuhan industri jaman sekarang (tahun 2021). Ketersediaan sumber daya sistem komputer sesuai permintaan seperti daya komputasi penyimpanan data dan manajemen aktif pengguna telah menjadikan Cloud sangat penting dalam pengaturan organisasi saat ini. Dengan demikian, organisasi yang menggunakan sistem Java ingin pengembang mereka berpengalaman dalam cloud.

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.