Tips Manajemen Data Perusahaan Anda

Bagaimana cara dan tips manajemen data perusahaan anda dengan benar? Sebelum menuju ke arah teknis, kita perlu tahu terlebih dahulu manajemen data adalah sebuah proses mendapatkan, menganalisis, menyaring, mengamankan dan memanfaatkan data untuk tujuan efektivitas (Key Performance Indicator). Seringkali perusahaan menyewa jasa lain (outsourcing) yaitu konsultan manajerial data. Karena tanpa itu, tujuan perusahaan bisa saja berantakan.

Langkah Manajerial Data Perusahaan Dengan Mahir

8 hal penting yang harus sobat ketahui dalam manajemen data yang berhubungan dengan perencanaan dari Gookalian yaitu:

  • Arsitektur Data: seberapa baik data perusahaan diatur, ditata. Sebuah papan pemberitahuan dalam bentuk singkat untuk menjelaskan dimana penempatan data dilakukan.
  • Integrasi Data: mengumpulkan data dari konsumen dan dikombinasikan sehingga terlihat dalam satu baris. Memudahkan untuk analisis dan diakses oleh pengguna
  • Data Quality: mencapai data yang relevan, presisi dan dikelompokkan sesuai dengan tujuan maupun relevansi
  • Data Governance: menyesuaikan hirarki akses data dalam tim. Menyesuaikan siapa, kapan, dan sejauh mana data dapat diakses
  • Master Data: menyimpan semua informasi relevan pada satu tempat sama. Menghindari duplikasi data agar tidak terjadi kebingungan
  • Penyimpanan Data: pengamanan (Data Warehouse) data pada platform awan/daring maupun luring. Melakukan pencadangan data untuk menghindari kehilangan data
  • Berbagi Data: pembagian data secara sah untuk pengembangan Key Performance Indicator dengan tepat
Baca Juga!  5 Kesalahan Dalam Investasi Kripto Yang Perlu Dihindari

Tips Manajemen Data Perusahaan Anda Dan Proses Manajerial Data

Beberapa tips manajemen data perusahaan anda, teknik dibawah ini bisa diterapkan dalam mengatur data perusahaan anda:

Menentukan Strategi Data

Goal dari bisnis perlu diketahui dengan jelas. Sehingga data yang harus didapatkan juga bisa diketahui. Tentukan alat, proses, dan orang berdedikasi untuk mengelola database. Jangan kehilangan visi untuk 2-3 tahun kedepan.

Misalkan sobat mau membuka toko baju dan tidak punya banyak dana untuk orang yang ahli dalam manajerial data. Tentunya semuanya dilakukan dengan limit tertentu. Jadi harus disesuaikan kemana data para pelanggan akan disimpan.

Fokus Pada Informasi Penting

Menentukan metrik yang tepat adalah penting, karena akan membantu menyoroti data yang dapat diakses saat beriklan. Tidak hanya iklan,tapi harus bisa dengan mudah menemukan informasi pesanan sebelumnya atau konsumen yang kembali. Jangan menghitung semua hal. Jangan terlalu over thinking terhadap segala yang belum jelas pada awal waktu. Semuanya akan berjalan beriringan dengan waktu.

Contohnya tetap mencatat kopi yang paling laris, tidak perlu melihat layar belakang atau kendaraan customer sobat. Meskipun nantinya akan penting, namun tetap fokus pada hal penting saat ini sebagai tips manajemen data perusahaan anda .

Tips Manajemen Data Perusahaan Anda Dengan Membangun Komunikasi Efektif

Jangan hanya duduk menunggu customer dan tidak melakukan apa-apa. Data konsumen adalah penting, cobalah berkomunikasi dengan mereka. Namun tidak dengan email atau pesan yang terlalu banyak. Buat perencanaan konten yang sesuai dengan bisnis sobat. Ini merupakan sebuah jenis evolusi jejaring media sosial. Misalnya membuat blog dimana konsumen bisa memesan sesuatu sekaligus boleh hanya sekedar bertanya tentang apa yang sobat jual.

Baca Juga!  Kelebihan Kekurangan Affiliate Marketing

Akuntabilitas Yang Nomor Satu

Data konsumen merupakan konsen yang harus sobat utamakan. Gunakan data konsumen seperti halnya merawat data pribadi milik keluarga. Memberi batasan data untuk siapa saja yang bisa mengakses adalah kuncinya. Ketika memesan sesuatu, tampilkan nomor pesanan dan alamat saja. Sembunyikan email dari pihak yang tidak penting meskipun dalam perusahaan.

Pendekatan Analitis

Ini bukan tentang menentukan sesuatu lalu melupakannya. Analisis data yang sobat miliki di perusahaan dari waktu ke waktu. Tambahkan data atau kurangi yang tidak penting. Buat diagram untuk melihat progres dalam tiap waktu. Contohnya menjual kancing tambahan untuk baju, jika lama kelamaan tidak laku. Perlu menghentikan penjualan tersebut.

Integrasi Data

Pastikan data ditunjukkan dengan baik sehingga bisa dijadikan dasar untuk pengambilan keputusan. Setiap bagian dalam perusahaan saling terhubung untuk membuat keputusan terkonfirmasi dari seluruh data yang digabungkan.

Menggunakan CRM

Customer Relationship Management adalah sebuah perangkat lunak untuk membantu berbagai hal dalam penjualan maupun pemasaran. Gunakan aplikasi auto post misalnya dalam blog maupun media sosial. Berbagai perangkat lunak ini bisa dicoba dan jangan ragu untuk menambah konsumen.

Tujuan Jangka Panjang

Selalu melangkah untuk mencari keuntungan jangka panjang. Namun jangan terlalu menekankan hal ini terlalu dalam. Lakukan sedikit demi sedikit sesuai dengan kemana arah bisnis sobat. Data seperti usia, pendapatan, profesi mungkin berguna untuk masa depan. Bisa ditambahkan sebagai opsional untuk pengunjung yang datang untuk mengisi data.

Baca Juga!  Kelemahan Usaha Laundry Dan Mengatasinya

Check Also

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri 2

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri

Sim C Wonogiri adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengemudi secara legal di Wonogiri. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *