Rabu , September 28 2022

Kelemahan Format Musik FLAC

Apakah sobat sudah tahu kelemahan format musik FLAC? Free Lossless Audio Codec merupakan singkatan dari format musik FLAC. Jenis file lagu ini sering kita temui pada CD, DVD atau kepingan (vinyl) album artis tertentu. FLAC juga sama seperti halnya file audio biasa yang bisa diputar layaknya MP3 di hp maupun perangkat pemutar lagu lainnya.

Tapi bedanya, format FLAC punya kualitas lagu yang lebih bagus dibandingkan dengan format MP3 biasa. Suara lebih halus, jelas, dan sangat enak ditelinga tanpa ada suara kresek-kresek. FLAC didapatkan dari kepingan CD dari rekaman yang dikompres hingga ukuran 50%-70% dari aslinya. Namun tetap menjaga kualitasnya tetap bagus bahkan hampir sama seperti aslinya. Dibalik kelebihannya tersebut, apa saja kelemahan format musik FLAC? Gookalian akan membahasnya untuk sobat.

Kelemahan Format Musik FLAC

Ukuran sebuah file musik asli dari dapur rekaman yang ditanam pada Vinyl/CD sangat besar bisa sampai ratusan MB. FLAC merupakan salah satu jenis file musik yang mengurangi ukuran asli, dinamakan kompresi. File yang lebih kecil akan menghemat penyimpanan, sehingga ada lebih banyak lagu bisa disimpan dalam penyimpanan ponsel misalnya. Meskipun suara dari FLAC itu bagus dan menyenangkan, berikut ini kelemahan yang sobat akan temukan:

Ukuran File Masih Tetap Besar

Meskipun secara umum FLAC mengkompres 50%-70% ukuran asli, nyatanya file ini masih cukup besar. Ukuran file FLAC bisa mencapai 3x lipat bahkan hingga puluhan kali lipat dibandingkan file MP3 biasa. File yang biasa kita gunakan untuk mendengarkan lagu tersebut seharusnya ramah penyimpanan sehingga bisa mengoleksi lebih banyak. FLAC yang beredar masih sangat besar membuat kita tidak bisa mengoleksi lebih banyak lagu. Sebut saja ukuran FLAC bisa mencapai 40 MB untuk satu lagu. Padahal MP3 biasa hanya sampai 10 MB saja, ini dikarenakan kualitas suara.

Baca Juga!  Instal Ulang Laptop Lenovo G40

Tidak Semua Pemutar Musik Bisa Memainkan

File FLAC umumnya bisa diputar dengan aplikasi musik tambahan, jadi untuk sobat pengguna ponsel tidak bisa langsung memainkannya. Hal ini membuat banyak orang mungkin kurang familiar dengan jenis file musik ini meskipun kualitasnya sangat bagus.

Tanpa Alat Tertentu Suara Sama Seperti MP3

File musik FLAC biasanya harus didengarkan menggunakan peralatan tambahan. Misalnya pada ponsel harus ada tambahan DAC (Digital Analog Converter) agar bisa didengarkan dengan sangat baik. Itupun jika menggunakan Headset, harus yang mahal agar terasa perbedaannya. Inilah kelemahan format musik FLAC, minimal spesifikasi ponsel atau peralatan untuk memutarnya juga tinggi seperti dukungan High Res Audio dan sejenisnya. Padahal peralatan tersebut harus dibeli dengan harga yang tidak murah.

Perlu Pemutar Musik Khusus

Meskipun file FLAC bisa sobat dengarkan pada pemutar musik bawaan ponsel, namun hasilnya juga tidak akan maksimal. Membutuhkan pemutar musik yang khusus dimana bisa mengatur ekualiser agar dapat menikmati suara seperti kualitas yang banyak orang inginkan. Aplikasi tersebut umumnya berbayar dan jika tidak dipadukan dengan peralatan dan spesifikasi ponsel yang mumpuni, kualitas suaranya tidak akan berbeda seperti layaknya MP3 biasa.

Tidak jarang ketika mendengarkan musik yang termasuk berat ini, pemutar musik bawaan ponsel berhenti sendiri. Karena kualitas yang dikeluarkannya benar menguras sumber daya/kemampuan ponsel hal tersebut bisa terjadi. Membuat hidup jadi sedikit lebih ribet karena hanya untuk mendengarkan sebuah lagu, sobat harus instal sana sini hingga menambah peralatan lain.

Banyak Orang Yang Tidak Bisa Membedakan

Kualitas lagu FLAC bisa mencapai 24-bit, dimana bahkan suara yang sangat kecil dalam instrumen lagu bisa tetap terdengar oleh telinga. Kualitas tersebut secara teori sangat berbeda jauh dengan kualitas MP3 320 kbps. Namun, banyak orang yang tidak bisa membedakan kualitas antara keduanya jika sama-sama didengarkan.

Baca Juga!  Cara Membuka File CSV di Excel 2016 Terbukti

Misalkan suara cring simbal yang kalah dengan suara bass seharusnya tetap bisa terdengar di antara hingar bingar sebuah lagu pada file FLAC sedangkan pada MP3 biasa tidak akan terdengar. Namun banyak orang yang masih kurang bisa mendengarkan perbedaan antara kualitas lagu biasa dengan FLAC.

Tentunya ini jadi sebuah masalah, karena sudah membeli beberapa peralatan dengan harga yang tidak murah untuk bisa menikmati kualitas sebuah lagu. Tapi ternyata memang telinga kurang biasa dalam menerima gelombang suara yang lebih baik daripada biasa digunakan sehari-hari.

Tidak Mudah Didapat

Lagu atau musik jenis FLAC paling sering hanya beredar pada komunitas audio yang punya hobi yang sama terkait ekstensi file tersebut saja. Adapun kalau sobat mencari di Google, akan cukup sulit ditemukan judul lagu yang sobat sukai. Kebanyakan jika ada, tidak lama sumber lagu tersebut di-take down atau menghilang. Karena jenis file musik ini bisa dibilang original dan kalau disebarkan maka terbaca bajakan.

Itulah beberapa kelemahan format musik FLAC yang mungkin sobat penasaran untuk bisa mendengarkannya. Meskipun banyak yang bilang tentang kelebihan jenis musik ini. Beberapa kekurangan diatas bisa jadi tambahan informasi untuk sobat untuk referensi mencari lagu.

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.