Mengembalikan Foto Whatsapp Terhapus

Apakah bisa mengembalikan foto Whatsapp terhapus di ponsel pintar ? Jawabannya tentu bisa kok sobat lakukan, akan tetapi semua ada syaratnya. Pengguna aplikasi chatting berwarna hijau ini pasti banyak yang pernah mengalami foto terhapus secara tidak sengaja, lalu untuk mengembalikannya Gookalian punya tipsnya.

Cara Mengembalikan Foto Whatsapp Terhapus

Langkah-langkah berikut ini bisa kok sobat terapkan di Hp. Gookalian juga bakal ngasih syaratnya, atau setidaknya lakukan dahulu cara-cara yang ditunjukkan di bawah ini.

1. Cek Berkas Penyimpanan Untuk Mengembalikan Foto Whatsapp Terhapus

Sebagian atau mungkin sobat sendiri suka menghapus foto atau file bahkan video langsung dari aplikasi Whatsappnya. Sebelum menghapus sebuah foto, akan ada pemberitahuan “hapus media chat ini” yang memberitahukan apakah file dalam penyimpanan ikut dihapus.

Jika pemberitahuan tersebut tercentang, maka foto akan terhapus secara permanen baik di Whatsappnya maupun file di galeri/penyimpanan internal ponsel. Apabila tidak tercentang sobat masih bisa melihat file tersebut di penyimpanan internal dengan membuka:

  • Aplikasi file manager/file saya/pengelola file/
  • Pilih penyimpanan internal
  • Buka folder Whatsapp
  • Media
  • Whatsapp Image

Sistem penamaan file Whatsapp cukup mudah dikenali. Diawali dengan IMG kemudian diikuti angka yang menunjukkan tahun, bulan, dan tanggal. Nama selanjutnya setelah kata WA adalah urutan nomor file pada hari itu.

Sobat hanya perlu mengingat-ingat kapan foto tersebut diterima. Pada folder Sent, adalah hasil jepretan kamera atau gambar yang dikirim ke orang lain.

Baca Juga!  Mengatasi Photoshop ahclient dll error

Menggunakan Back Up/Pencadangan Whatsapp

Apabila cadangan pada Whatsapp sobat sudah dilakukan pada suatu waktu, dan termasuk gambar telah tercadangkan. Maka dengan mengembalikan pencadangan dapat mengembalikan foto.

Syaratnya adalah foto tersebut masuk dalam pencadangan. Artinya, kamu menghapus gambar lawas dimana sudah masuk dalam terakhir sobat mensinkronkan Whatsapp dengan Google Drive. Ini tidak termasuk file gambar yang sobat kirim lho.

Langkah untuk mendapatkan kembali gambar tersebut adalah dengan:

  • Pastikan pencadangan pesan Whatsapp sudah ada di Google Drive
  • Langsung hapus/uninstal aplikasi Whatsapp sobat lewat Playstore atau layar menu ponsel langsung
  • Lakukan instalasi aplikasi Whatsapp lagi dari Playstore
  • Masukkan nomor telepon dan verifikasi
  • Klik Pulihkan ketika ditanya dan cadangan terdeteksi dari Google Drive
  • File gambar akan kembali ada di Chat maupun folder Media Whatsapp di penyimpanan internal

Sobat mungkin gak bisa mengembalikan gambar yang telah terhapus secara permanen dari Whatsapp. Sebenarnya ada banyak aplikasi untuk mengembalikan file yang udah terhapus seperti Recuva, Undeleter, DiskDigger, EaseUS MobiSaver akan tetapi ini membutuhkan akses Root. Teknologi aplikasi tersebut dapat merecover data yang terhapus.

Soalnya aplikasi Whatsapp menempatkan berbagai file aplikasi di penyimpanan internal. Ketika sobat menghapusnya, maka aplikasi tersebut butuh akses ke penyimpanan ponsel sehingga butuh akses Root. Dan sampai saat ini, Whatsapp resmi belum bisa memindahkan file sistemnya ke penyimpanan eksternal.

Baca Juga!  Aplikasi Edit Video PC Ringan Terbaik 2020

Check Also

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri 2

Panduan Perpanjang SIM C Wonogiri

Sim C Wonogiri adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk mengemudi secara legal di Wonogiri. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *