Rabu , September 28 2022

Cara Download Google Drive Kuota Terlampaui

Gookalian – Bagaimana cara download Google Drive kuota terlampaui ? Seringkali ketika kita mau mengunduh sebuah file yang sumbernya dari Google Drive. Kita tidak bisa melakukannya karena ada muncul tulisan kuota terlampaui. Selain itu, ada pesan lain bahwa saat ini file tidak dapat diunduh saat ini. Kedua pesan tersebut sama-sama menunjukkan bahwa limit unduhan Drive telah terlampaui. File tidak akan bisa diunduh pada waktu tersebut hingga setidaknya 24 jam atau hari selanjutnya. Kira-kira apa penyebabnya ya?

Penyebab Google Drive Kuota Terlampaui

Informasi yang paling penting adalah sobat diberikan limit upload 750 GB dalam satu hari. Jadi dalam 24 jam sobat dibatasi upload file sebesar itu. Sedangkan setiap kali upload sobat hanya diizinkan sebesar 10 GB saja. Tidak ada informasi resmi dari Google seberapa besar limit unduhan sebuah file yang dibagikan. Tidak ada informasi berapa kali sebuah file bisa didownload sebelum mengalami limit.

Hal ini berhubungan dengan Abuse atau penyalahgunaan. Tidak ada limit unduhan namun jika terlalu banyak unduhan yang dilakukan oleh pengguna dalam periode waktu yang singkat. Google akan menghentikan sehingga muncul 2 pesan yang telah Gookalian sebutkan diatas. Menurut berbagai sumber, limit file tersebut tidak dapat diprediksi. Akan tetapi, Google melihat dari traffic atau lalu lintas data yang terjadi pada sebuah file di server.

Ketika terdeteksi bandwith yang tinggi terjadi pada sebuah akun yang mengupload sebuah file lalu diunduh oleh banyak follower media sosial maupun hasil di share di platform lain. Google akan mendeteksi abuse dan memunculkan Error yang menyebabkan file tidak dapat diunduh lagi hingga 24 jam kemudian. Apalagi kalau file yang disimpan berhubungan dengan pembajakan dan file yang dilarang oleh Google lainnya.

Baca Juga!  Masuk Touch Facebook Dan Informasinya

Tapi masih belum diketahui berapa jumlah unduhan yang dilimit setelah diakses dan diunduh oleh berbagai perangkat dalam bentuk angka. Dari ketidakjelasaan ini apakah masih bisa kita mengunduh file di Google Drive yang terlah terlampaui?

Cara Download Google Drive Kuota Terlampaui

Saat sebuah file tidak lagi bisa diunduh karena limit, sebenarnya yang dibatasi hanyalah file itu saja dan tidak lebih. Artinya file lain tidak terpengaruh dan akun sang pemilik juga tidak terpengaruh jika file yang dibagikan bukan hal ilegal atau pembajakan. Jadi secara umum jika file yang didownload telah dilimit kemudian sobat mengubah kedalam bentuk lain. Maka file tersebut bisa diunduh lagi tanpa ada batasan seperti sebelum dilimit Google. Namun hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh pemilik file. Bagaimana dengan kita yang cuma punya link dan ingin mengunduhnya? Berikut ini beberapa cara download Google Drive kuota terlampaui bisa sobat lakukan:

Menambahkan Shortcut Ke Drive

  • Pastikan sobat sudah login atau masuk akun Google pada browser (Google Chrome, Firefox, dan sejenisnya)
  • Masukkan alamat/salin link Google Drive yang akan diunduh
  • Klik tombol Segitiga Dengan Tanda + dibagian atas (Add Shortcut To Drive/ Tambahkan Pintasan Ke Drive)
  • Sesuaikan folder (My Drive artinya ada di beranda Drive)
  • Klik Add Shortcut (Tambahkan Pintasan)
  • Selanjutnya buka beranda Drive sobat (kunjungi: https://drive.google.com/)
  • Klik kanan pada file terbaru yang telah sobat Tambahkan Pintasan diatas (akan ada tanda Pintasan disana)
  • Klik Download
  • Pilih Download Anyway (Unduh Bagaimanapun Juga) jika terdapat pop up saat proses unduhan akan berjalan
  • Proses unduhan akan berjalan
cara mengatasi google drive limit download

Cara ini paling mudah untuk mengatasi limit download/unduhan sebuah file. Jika kita sebagai orang yang tidak memiliki file tersebut dan hendak mengunduhnya. Soalnya banyak di Google memberikan tutorial cara download Google Drive kuota terlampaui padahal file itu milik sendiri. Ya sama saja beda jalan langkah-langkahnya lah. Beda pemilik file juga.

Ubah URL Unduhan Lalu Buat Salinan

  • Masuk ke Browser
  • Masukkan alamat file
  • Ubah “uc” menjadi “buka” dan jika tidak bisa, ubah jadi “open”
  • Pilih Tambahkan Ke Drive Saya atau Tambahkan Pintasan
  • Setelah itu, buka Drive milik sendiri
  • Klik kanan pada file yang telah ditambahkan
  • Pilih Buat Salinan
  • Klik kanan – Unduh/Download
cara mengatasi google drive limit download

File akan segera diunduh. Jika tidak ada kendala, file akan bisa diproses untuk sobat miliki.

Mengunduh Pada Saat Sepi Atau Di Lain Waktu

Tidak ada cara lain yang bisa dilakukan jika sobat tidak memiliki file yang akan diunduh mengalami limit atau tidak bisa diunduh saat ini. Mau tidak mau menunggu waktu yang tepat supaya file bisa diunduh. Tunggu waktu 24 jam setelahnya atau hari selanjutnya jika file mengalami kuota terlampaui. Tips lain jika file tersebut dibutuhkan oleh banyak orang, sobat bisa mengunduhnya di luar waktu kerja.

Cara Download Google Drive Kuota Terlampaui Jika Sobat Pemilik File-nya

Banyak tips yang memang worth it untuk cara download Google Drive kuota terlampaui jika sobat punya file tersebut di akun Google Drive milik sendiri. Ya karena bisa diakses sendiri, Google tidak memberikan limit khusus untuk diunduh dari berbagai perangkat yang login akun sobat miliki. Masalahnya jika file tersebut diunduh oleh orang lain dan mengalami limit atau kuota terlampaui. Jadi kita baru bisa menggunakan cara-cara dibawah ini untuk mengatasi hal tersebut:

Buat Salinan

  • Buka situs Google Drive dan login jika sobat belum melakukannya
  • Klik kanan pada file yang dibagikan namun Limit (Kuota Terlampaui)
  • Pilih menu Buat Salinan (Make A Copy)
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul file sama dengan nama yang sedikit berbeda
  • Klik kanan file hasil salinan
  • Bagikan
  • Ubah menjadi publik dimana setiap orang yang memiliki link dapat mengakses/ mengunduh\

Cara ini membutuhkan koneksi internet yang cukup bagus. Jika file cukup besar, proses mungkin akan lebih lama dari biasanya. Sesuai dengan teori diatas, hanya file tersebut saja yang dilimit. Ketika kita salin dan dibagikan, maka link akan berbeda dan urusannya berbeda. File bisa diunduh kembali.

Itulah beberapa solusi dalam cara download Google Drive kuota terlampaui. Dengan sesuai kondisi apakah sobat yang menjadi pemiliknya maupun ketika hanya sebagai orang yang akan mengunduh dan tidak memilikinya. Semoga bermanfaat.

Check Also

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Cara Menghilangkan Glance Atau Wallpaper Carousel di Xiaomi

Sebagai salah satunya merk yang sudah memiliki nama di Indonesia, smartphone Xiaomi sudah dipakai oleh …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.