Rabu , September 28 2022

Apa Itu Bisnis Afiliasi Dan Serba Serbinya

Gookalian membahas apa itu bisnis afiliasi yang merupakan salah satu metode bisnis dengan sifat penggabungan. Salah satu kelebihan yang dimilikinya adalah resiko yang rendah dalam metode pemasarannya. Peluang bisnis ini dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Selain itu, melalui jenis bisnis ini sobat bisa mendapatkan keuntungan pasif bahkan tanpa modal besar. Penasaran apa maksud dari bisnis afiliasi ini?

Apa Itu Bisnis Afiliasi

Pengertian Bisnis Afiliasi

Afiliasi merupakan sebuah sistem bisnis yang akan memberikan sobat uang atau gaji ketika berhasil menawarkan dan mempromosikan produk perusahaan tertentu. Berbagai metode bisa dilakukan ketika seseorang ingin menawarkan sebuah produk maupun layanan. Seperti contoh memberikan link atau URL menuju ke tempat pembelian produk/layanan di beranda Instagram, Twitter, atau Facebook sobat.

Ketika ada orang melihat lalu klik URL tersebut dan akhirnya membeli produk atau jasa yang sobat promosikan. Maka komisi atau uang sebagai gaji akan sobat dapatkan. Berhasilnya pelanggan membeli bisa disebut dengan konversi. Adapun setiap konversi bisa memiliki komisi yang berbeda-beda. Bisa berbentuk persenan dari hasil penjualan, kupon atau diskon belanja dan lain sebagainnya.

Jadi intinya adalah sebuah sistem yang dilakukan untuk mempromosikan produk/layanan. Komisi didapat dari beberapa persen orang yang membeli produk/layanan dari orang yang mempromosikan. Hasil akan diberikan sesuai dengan kesepakatan dari sobat yang melakukan promosi dan perusahaan penjual/pemilik layanan.

Istilah Dalam Bisnis Afiliasi

Beberapa istilah dibawah ini perlu sobat ketahui agar lebih terbiasa dengan bisnis afiliasi:

Baca Juga!  Cara Meningkatkan Retensi Karyawan

Affiliate

Merupakan lembaga atau perorangan yang melakukan kerja sama dengan penyedia program afiliasi sehingga mereka ikut mempromosikan produk, brand atau layanan tertentu. Biasanya affiliate dilakukan oleh blogger, content creator, pembuat situs, dan sejenisnya termasuk industri merchant. Affiliate berarti telah menulis berbagai review dan kelebihan produk maupun layanan seperti memasang dalam bentuk iklan/banner.

Jaringan Afiliasi

Jaringan afiliasi merupakan penyedia database terpusat berisi kumpulan program afiliasi. Sehingga akan sangat mudah menemukan berbagai perusahaan yang menawarkan produk/layanan untuk dipromosikan kembali oleh mereka yang ikut afiliasi.

Jaringan afiliasi juga menyediakan alat untuk mempermudah bisnis afiliasi berupa pelacakan, pelaporan, pembayaran, refund, dan manajerial program. Selain itu, dalam jaringan ini ada yang menyediakan produk/jasa (merchant) sekali bagi mereka yang ingin memanfaatkan jasa affiliate (publisher). Contoh jaringan ini diantaranya; Clickbank, Amazon, CJ, Shoppe dan lain sebagainya.

Pembayaran

Kelebihan yang dimiliki pada jenis bisnis afiliasi adalah keuntungan yang lebih tinggi kepada para merchant atau pihak yang menjual. Semakin baik kinerja sejalan dengan semakin banyak produk/jasa terjual, maka semakin banyak laba (ROI) yang akan didapatkan. Artinya mereka yang paling banyak mendapatkan pelanggan yang mendapatkan keuntungan paling banyak. Cara pembayaran dalam bisnis afiliasi umumnya dilakukan dengan metode:

  • Cost Per Sale (CPS): Komisi didapat dari persentase keuntungan hasil penjualan
  • Cost Per Lead (CPL): Pemberian komisi berdasarkan penetapan harga dari pengiklan sebelumnya. Lead/prospek yang dihasilkan bisa dilihat melalui metode ini
  • Cost Per Click (CPC): Dibayarkan dari jumlah klik yang dilakukan pelanggan melalui iklan yang sobat pasang di blog
  • Cost Per Action (CPA): Bayaran akan didapatkan setelah sobat selesai mengiklankan produk/jasa tertentu sesuai kesepakatan besaran dan waktunya.
Baca Juga!  6 Peluang Usaha Bagi Mahasiswa yang Terbukti Menghasilkan

Jenis-Jenis Program Pemasaran Affiliate

Berafiliasi berarti ikut memasarkan atau mempromosikan produk/jasa. Berdasarkan keterikatan maupun keterlibatan antara perusahaan dengan orang yang ikut mempromosikan produk/jasa. Berikut ini beberapa jenis program afiliasi:

Afiliasi Terikat

Disebut juga dengan Related Affiliate Marketing dimana sobat bisa menjual sebuah barang/jasa tanpa harus memiliki produknya. Jadi ada keterkaitan dengan produk yang ditawarkan sehingga penjual kembali mendapatkan kepercayaan (berotoritas). Sobat tidak perlu mencoba produk, hanya memasarkan saja tapi sudah terpercaya

Pemasaran Terlibat

Involved Affiliate lebih dalam dari jenis pemasaran sebelumnya. Yaitu ketika seorang yang mempromosikan produk telah melakukan uji coba secara langsung. Mereka yang mendapatkan manfaat positif dari produk akan membagikan pengalamannya secara langsung. Jadi lebih ke pembuktian dan tidak hanya promosi belaka.

Pemasaran Tidak Terikat

Biasanya hal ini dilakukan oleh blog atau Youtube. Mekanismenya, blog atau konten tersebut sama sekali tidak berhubungan atau mencoba produk. Umumnya hanya berbentuk iklan yang muncul pada blog karena Adsense (misalnya). Selain itu, memang sebuah blog diberikan bayaran oleh perusahaan atas review produk yang mereka lakukan. Karena blog memiliki kunjungan harian, maka produk tersebut akan ditayangkan ke pengunjung blog. Hitungan bayarannya berdasarkan jumlah tayangan iklan tersebut.

Kelebihan Dan Kekurangan Dari Apa Itu Bisnis Afiliasi

Kelebihan

  • Pemasaran mudah
  • Tidak perlu memiliki produk
  • Memiliki jejaring
  • Pasif income
  • Keuntungan secara otomatis
  • Tidak ada resiko
  • Tidak perlu persyaratan khusus
  • Biaya sedikit

Kekurangan

  • Waktu yang panjang sebelum bisa menghasilkan (18-36 bulan)
  • Membutuhkan usaha yang panjang
  • Membutuhkan pengalaman yang banyak (jam kerja tinggi untuk mendapatkannya)
  • Membutuhkan penelitian terus menerus
  • Terdapat batasan
  • Persaingan tinggi
  • Penawaran harga tidak masuk akal (terlalu murah)
Baca Juga!  Kekurangan Sambung Pucuk Tanaman

Itulah penjelasan dari apa itu bisnis afiliasi yang dijelaskan oleh Gookalian. Semoga sobat semakin mengerti salah satu jenis marketing yang dipakai di seluruh dunia ini.

Check Also

Kelemahan Usaha Toko Bangunan

Kelemahan Usaha Toko Bangunan Tips Mengatasi

Gookalian akan membahas kelemahan usaha toko bangunan serta beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.