Buah Berserat Tinggi Untuk Pencernaan, Apa Saja itu!

| |

Buah berserat tinggi untuk pencernaan – salah satu kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah serat. Fungsi serat cukup penting untuk menjaga kesehatan system pencernaan dalam tubuh manusia.

Serat juga dibagi menjadi 2 jenis yakni serat larut dengan serat tidak larut. Seperti sebutannya, serat larut gampang dicerna tubuh. Sementara serat tidak larut tetap utuh hingga dikeluarkan oleh tubuh. Serat yang baik dapat diperoleh dari bahan alami seperti produk organik mulai dari buah, sayur hingga biji – bijaian.

Buah Berserat Tinggi Untuk Pencernaan

Buah Berserat Tinggi Untuk Pencernaan

Nah, dengan kedua macam serat itu bisa mengurangi sekaligus mencegah munculnya penyakit berbahaya seperti stroke, penyakit jantung dan hipertensi. Untuk mencukupi kebutuhan serat dalam tubuh, kita bisa mengkonsumsi Buah berserat tinggi untuk pencernaan berikut ini.

Apel

Salah satu buah yang memiliki serat tinggi adalah apel. Buah ini juga diklaim memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Mengonsumsi satu buah apel juga bisa menghindarkan tubuh dari penyakit. Apalagi sumber serat dari buah ini bukan hanya dari dagingnya saja melainkan juga dari kulitnya. Sehingga, bisa mengkonsumsi buah apel tanpa dikupas. Akan tetapi, cuci dulu sebelum dikonsumsi sampai bersih.

Beri-berian

Sumber serat yang tinggi juga bisa kita peroleh dari buah beri khususnya raspberry dengan blueberry. Cara mengkonsumsi buah beri ini bisa juga kita campur dengan es krim dan yogurt. Buah beri juga mengandung rendah kalori sehingga bisa dikonsumsi oleh siapa saja yang melakukan diet kalori.

Pisang

Buah yang sudah dikenal sebagai tinggi serat selanjutnya adalah pisang. Buah ini juga bisa menjaga kesehatan system pencernaan dalam tubuh kita. Untuk itu, konsumsi buah pisang secukupnya supaya system pencernaan lebih lancar. Tak hanya itu saja, buah pisang sangat baik dalam meningkatkan energi. Karena itulah bisa dikonsumsi oleh siapa saja yang suka melakukan olahraga secara rutin.

Pir

Buah yang mengandung serat lainnya adalah buah pir. Mengkonsumsi buah pir secara rutin juga bisa menjaga kesehatan system pencernaan dalam tubuh. dengan mengkonsumsinya kita juga bisa kenyang lebih lama. Kadar serat buah pir ini sebesar 3,1 gram setiap 100 gramnya. Kandungan alami yang ada pada buah pir lainnya ialah vitamin C & A, kalsium dan folat.

Sementara itu, kandungan serat larut pata buah pir juga disebut dengan pektin. Pada buah pir berukuran besar mengandung 5,5 gram serat. Dengan serat tersebut, usus kita juga akan lebih sehat. Kandungan air yang tinggi bisa menjaga feses tetap lembut serta membersihkan saluran pencernaan terhadap racun.

Alpukat

Buah alpukat juga mengandung serat yang tinggi yakni sebesar 6.7 gram. Dalam buah alpukat ini juga mengandung vitamin C yang tinggi, kandungan vitamin E, potasium, magnesium, hingga vitamin B lengkap. Kandungan lemak jenuh pada alpukat juga turut berkhasiat bagi kesehatan jantung. Kandungan kalium buah alpukat lebih tinggi dari buah pisang yang bisa menjaga tekanan darah tetap sehat.

Pepaya

Buah kaya serat berikutnya adalah pepaya. Buah pepaya ini sudah dikenal mampu melancarkan system pencernaan tubuh. Hal itu karena didalamnya mengandung serat sebesar 1,3 gr setiap 100 gr nya. Konsumsilah buah pepaya secara rutin untuk menjaga kesehatan system pencernaan tubuh.

Selain itu, buah pepaya juga mengandung enzim papain sehingga menjadikan protein dalam tubuh lebih gampang dicerna. Ada sebuah studi yang menyebutkan jika mengkonsumsi buah pepaya hingga 40 hari mampu membantu penyembuhan konstipasi serta perut kembung.

Jeruk

Selama ini jeruk memang dikenal banyak kandungan vitamin C nya. Namun ternyata ada kandungan serat yang tinggi pula pada jeruk. Kandungan seratnya juga mampu mencegah sembelit.
Nah, itu saja Buah berserat tinggi untuk pencernaan yang bisa kita konsumsi untuk menjaga system pencernaan tubuh tetap sehat. Semoga bermanfaat.

Sebelumnya

Tempat Wisata Di Banyuwangi Selain Kawah Ijen & Taman Nasional Baluran

Cara Memasukan Voucher Axis AIGO Melalui AXISNET

Berikut

Tinggalkan komentar