Cara Agar Hp Awet Untuk Bermain Game

Bagaimana cara agar hp awet untuk bermain game? Pertanyaan ini tidak bisa jauh dari fakta bahwa ponsel yang sangat sering digunakan untuk bermain game cepat rusak. Memang faktanya seperti itu, karena kegiatan tersebut benar-benar menguras performa ponsel.

Apalagi untuk game yang berat. Ponsel harus bekerja keras memberikan pengalaman bermain game yang bagus. Penangkapan sinyal agar game tidak lag, sensitivitas layar dimaksimalkan, hingga penyimpanan pada ponsel juga ikut membantu pengalaman bermain game jadi lebih baik. Keseluruhan penggunaan sumber daya ponsel yang maksimal tersebut dapat memperpendek umur ponsel dan sparepart yang ada disana. Lalu adakah tips untuk menjaga ponsel tetap awet meskipun digunakan untuk bermain game terus? Gookalian ada tipsnya untuk sobat.

Cara Agar Hp Awet Untuk Bermain Game

Bermain game memang menyenangkan, tapi semakin sering malah tidak baik untuk kesehatan sendiri dan juga kesehatan ponsel. Jadi ada beberapa hal yang perlu sobat perhatikan supaya ponsel tetap awet meskipun tetap rutin bermain game:

1. Batasi Waktu Bermain Game

Nge-push bermain game terus tidaklah baik untuk keawetan ponsel. Harus ada waktu istirahat dan kegiatan lain yang positif. Seharian bermain game di hp itu menyebabkan ponsel cepat rusak. Seharusnya sobat memiliki pengaturan waktu bermain game, karena ini berdampak sekali dengan keawetan ponsel secara keseluruhan tidak hanya baterai saja. Berikan batas bermain game misalnya 3 jam perhari. Ini akan mencegah ponsel berada pada kondisi yang panas terus-menerus.

Baca Juga!  Cara Disable Windows Defender Windows 11

2. Mengurangi Suhu Panas Ponsel Saat Bermain Game

Ini berhubungan dengan baterai dan komponen yang ada pada ponsel. Suhu tinggi tidak disukai oleh baterai karena dapat memperpendek umur. Semakin tinggi panas ponsel, ini bisa memengaruhi komponen layar, penerima sinyal, hingga sistem akan menjadi Throttling. Sebuah kondisi dimana performa ponsel diturunkan secara otomatis agar tidak lebih banyak panas yang dihasilkan.

Jadi sobat perlu melakukan beberapa pengaturan dan kondisi-kondisi tertentu dibawah ini sebagai cara agar hp awet untuk bermain game. Sehingga memperpanjang umur ponsel sendiri dengan menurunkan suhu akibat bermain game:

  • Tidak bermain game dibawah sinar matahari langsung
  • Bermain game pada suhu ruangan ber-AC akan sangat baik menjaga panas ponsel tidak berlebih
  • Mengurangi grafis agar tidak terlalu bagus, karena ponsel tidak akan dipaksa menyajikan detail gambar dalam game yang membuat hp jadi panas
  • Melakukan jeda permainan tiap beberapa menit hingga jam sekali agar suhu ponsel menurun
  • Menggunakan Wifi saat bermain game terbukti membuat suhu lebih rendah dan baterai jadi lebih awet
  • Membeli Cooler atau kipas pendingin untuk ponsel android, cara agar hp awet untuk bermain game ini adalah menjaga suhu ponsel stabil
  • Letakkan ponsel pada lantai keramik dan marmer agar suhu jadi lebih dingin

3. Tidak Mengecas Hp Saat Digunakan Bermain Game

Sudah banyak beredar informasi bahwa tidak disarankan untuk bermain game ketika ponsel diisi dayanya. Karena proses ini akan meningkatkan suhu baterai. Jika digunakan untuk bermain juga, suhu bisa makin tinggi dan cepat merusak komponen pada hp termasuk baterai.

Baca Juga!  Cara Mengganti Wallpaper Laptop

Diamkan ponsel beberapa saat dahulu di lantai (misalnya) untuk menurunkan suhu ponsel setelah dipakai. Jika sudah stabil, barulah lakukan pengisian daya. Karena mengecas akan meningkatkan suhu ponsel juga, maka sistem tidak akan mendeteksi panas berlebih. Panas berlebih akan dideteksi oleh sistem menjadikan pengisian daya lebih lambat sebagai antisipasi peningkatan suhu lagi. Jadi disarankan tidak langsung ngecas hp setelah digunakan untuk bermain game saat masih panas.

4. Pelajari Kemampuan Ponsel (Jangan Dipaksakan)

Atur grafik permainan menjadi lebih rendah agar ponsel tidak bekerja terlalu maksimal. Kalau sudah menurunkan kualitas gambar tapi masih ngelag (ponsel tidak kuat). Disarankan tidak memainkan game tersebut pada ponsel. Sobat harus tahu kemampuan ponsel sendiri, karena bermain game lancar menjadi indikator. Cara agar hp awet untuk bermain game yaitu mainkan saja game yang tidak berat. Karena fungsi ponsel sebagian besar adalah untuk alat komunikasi, bukan bermain game. Apalagi game berat yang dipaksakan pada ponsel dengan spesifikasi rendah.

5. Jaga Penyimpanan Ponsel Tetap Lega

Bermain game dengan ukuran yang besar akan sangat berpengaruh pada penyimpanan EMMC maupun UFS. Saat bermain game, tidak hanya Processor dan GPU yang bekerja. Penyimpanan ikut andil disini. Banyak orang tidak mengerti bahwa penyimpanan penuh tidak berpengaruh terhadap keawetan ponsel. Jangan sampai penyimpanan penuh terjadi karena menghambat proses game dan berakibat pada error. Sebaiknya uninstal game lain jika ingin fokus pada sebuah game. Terlalu banyak game terinstal akan mempersempit penyimpanan dan berpengaruh pada performa game yang dimainkan.

Baca Juga!  Kelemahan UFS Di Hp Android

Check Also

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement 1

Cara Blogger Menghasilkan Uang Melalui Content Placement

Pernahkah Anda memikirkan bagaimana cara menghasilkan uang melalui blog Anda selain dari iklan biasa? Salah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *